Cara Menghitung Akar di Excel: Rumus dan Langkah Mudah



Selamat datang, pembaca Teknopil! Saya sangat senang dapat berbagi dengan Anda cara menghitung akar di Excel. Sebagai penggemar berat dan pemain dari semua gim FromSoftware, saya mendapatkan kepuasan dalam pemrosesan data menggunakan perangkat lunak ini. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan kepada Anda empat cara mudah untuk menghitung akar di Excel dan memberikan rumus serta langkah-langkah yang diperlukan.

1. Menggunakan Simbol Akar di Excel

Jika Anda ingin memasukkan simbol akar ke dalam rumus Excel, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih equation pada Excel

Langkah pertama adalah memilih sel di mana Anda ingin menampilkan hasil akar. Kemudian, buka rumus pada tab “Equation” di bagian atas lembar kerja Excel Anda.

2. Tulis simbol akar pada Excel

Untuk menulis simbol akar pada Excel, gunakan simbol caret (^). Misalnya, jika Anda ingin menghitung akar kuadrat dari angka 25, tulis “=25^(1/2)” pada rumus Excel. Setelah itu, tekan tombol Enter untuk mendapatkan hasilnya.

3. Atur besar ukuran simbol akarnya

Jika Anda ingin mengubah ukuran atau jenis huruf dari simbol akar, Anda dapat menggunakan fitur pengaturan format di tab “Font” di bagian atas lembar kerja Excel Anda.

4. Gunakan pengaturan font untuk membentuk pangkat 3, 4, 5 dst

Untuk menghitung akar pangkat lain seperti akar tiga, empat, dan lima di Excel, Anda dapat menggunakan fitur pengaturan font yang sama dengan membuat simbol pangkat tiga (³), pangkat empat (⁴), atau pangkat lima (⁵) di atas nomor atau simbol akar yang ditulis di rumus Excel Anda.

2. Menggunakan Fungsi SQRT

Fungsi SQRT adalah cara lain untuk menghitung akar di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

BACA JUGA  Cara Menulis Pangkat di Excel Atas Bawah Mudah & Cepat

1. Menggunakan fungsi SQRT

Langkah pertama adalah memilih sel di mana Anda ingin menampilkan hasil akar. Kemudian, tulis fungsi “=SQRT()” di dalam sel yang dipilih dan masukkan angka atau sel yang berisi angka di dalam tanda kurung. Misalnya, jika Anda ingin menghitung akar kuadrat dari angka 16, tulis “=SQRT(16)” pada rumus Excel. Tekan tombol Enter untuk mendapatkan hasilnya.

2. Menghitung akar kuadrat dengan pangkat pecahan

Jika Anda ingin menghitung akar dengan pangkat pecahan, Anda dapat menggunakan fungsi POWER. Misalnya, jika Anda ingin menghitung akar kubik dari angka 27, gunakan rumus “=POWER(27, 1/3)”.

3. Rumus akar 3 di excel

Jika Anda ingin menghitung akar tiga di Excel, gunakan rumus “=POWER(Cell, 1/3)” dengan mengganti Cell dengan sel yang berisi angka yang ingin Anda hitung akar tiga-nya.

4. Formula akar 4 di excel

Rumus akar empat di Excel adalah “=POWER(Cell, 1/4)”, dimana Cell adalah sel yang berisi angka yang ingin Anda hitung akar pangkat empat-nya.

5. Rumus akar pangkat 5 di excel

Terakhir, rumus akar lima di Excel adalah “=POWER(Cell, 1/5)”, dengan mengganti Cell dengan sel yang berisi angka yang ingin Anda hitung akar pangkat lima-nya.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghitung akar di Excel?

Jawaban: Ada beberapa cara untuk menghitung akar di Excel, termasuk menggunakan simbol akar, menggunakan fungsi SQRT, atau menggunakan fungsi POWER untuk membuat rumus akar dengan pangkat pecahan.

Pertanyaan 2: Apa fungsi SQRT di Excel?

Jawaban: Fungsi SQRT adalah fungsi bawaan di Excel yang digunakan untuk menghitung akar kuadrat suatu angka.

Pertanyaan 3: Apa yang dimaksud dengan pangkat pecahan dalam rumus akar di Excel?

Jawaban: Pangkat pecahan dalam rumus akar di Excel mengacu pada penggunaan angka yang bukan bilangan bulat sebagai pangkat dalam rumus, seperti 1/2 untuk akar kuadrat, 1/3 untuk akar kubik, dan seterusnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Grafik Garis di Excel: Panduan Lengkap untuk Pemula

Pertanyaan 4: Apakah ada batasan dalam menghitung akar di Excel?

Jawaban: Dalam Excel, batas angka yang dapat Anda gunakan untuk menghitung akar tergantung pada kapasitas angka Excel tersebut. Sebagai contoh, Excel 2019 dapat menggunakan angka dengan hingga 15 digit presisi. Lebih dari itu, akan ada pembulatan atau kesalahan dalam perhitungan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mencari akar pangkat selain 2, 3, 4, dan 5 di Excel?

Jawaban: Untuk mencari akar pangkat selain 2, 3, 4, dan 5 di Excel, Anda dapat menggunakan rumus POWER dengan menggunakan pangkat pecahan. Misalnya, rumus “=POWER(Cell, 1/6)” dapat digunakan untuk menghitung akar pangkat 6 dalam Excel.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas empat cara mudah untuk menghitung akar di Excel. Anda dapat menggunakan simbol akar atau fungsi SQRT dan POWER untuk menghitung akar dengan pangkat pecahan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat membuat rumus akar dengan mudah di Excel. Selamat menghitung!

Artikel Lainnya

Jika Anda tertarik dengan topik Excel, berikut adalah beberapa artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:


Saran Video Seputar : Cara Menghitung Akar di Excel: Rumus dan Langkah Mudah

Leave a Comment