Cara Menghitung Persentase di Excel dengan Formula

Selamat datang, pembaca Teknopil! Saya sangat senang bisa berbagi dengan Anda tentang semua hal menarik seputar perhitungan persentase di Excel. Sebagai penggemar berat dan pemain setia semua game dari FromSoftware, saya selalu tertarik dengan angka-angka dan persentase di dalam game tersebut. Maka tidak heran jika saya juga sangat tertarik dengan penggunaan persentase di Excel.

Kenapa Persentase Penting dalam Excel?

Sebelum kita mulai dengan tutorial cara menghitung persentase di Excel, ada baiknya untuk memahami konsep dasar persentase terlebih dahulu. Persentase adalah cara menyatakan perbandingan antara sebagian dan keseluruhan dalam bentuk per seratus.

#1 Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian Persentase

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk menghitung persentase di Excel.

Langkah 1: Menentukan Angka Persentase

Langkah pertama adalah menentukan angka persentase yang ingin Anda hitung. Misalnya, Anda ingin menghitung 20% dari angka 100.

Langkah 2: Menerapkan Rumus

Setelah menentukan angka persentase, kita dapat menerapkan rumus untuk menghitung persentase di Excel. Untuk menghitung persentase, kita menggunakan rumus berikut:

Persentase = (Angka Persentase/100) * Angka

Jadi, dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung bahwa 20% dari angka 100 adalah 20.

#2 Menghitung Nilai Diskon

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana menghitung nilai diskon menggunakan persentase di Excel. Diskon adalah pengurangan harga menggunakan persentase tertentu.

Langkah 1: Menentukan Harga Awal

Langkah pertama dalam menghitung diskon adalah menentukan harga awal barang atau layanan yang akan didiskon. Misalnya, harga awal adalah 100.

Langkah 2: Menentukan Persentase Diskon

Selanjutnya, kita perlu menentukan persentase diskon yang ingin diberikan. Misalnya, persentase diskon adalah 20%.

Langkah 3: Menghitung Diskon

Sekarang kita dapat menerapkan rumus diskon di Excel untuk menghitung harga setelah diskon. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Diskon = Harga Awal * Persentase Diskon/100

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung bahwa diskon 20% dari harga awal 100 adalah 20.

BACA JUGA  Cara Ngeblok di Excel: Panduan Lengkap untuk Mengunci Sel dan Seluruh Lembar

#3 Menghitung Pengurangan Nilai Dengan Persentase

Satu lagi kasus penggunaan persentase di Excel adalah menghitung pengurangan nilai menggunakan persentase tertentu. Ini sering digunakan dalam keuangan dan bisnis untuk menghitung potongan harga atau pengurangan biaya berdasarkan persentase.

Langkah 1: Menentukan Nilai Awal

Langkah pertama adalah menentukan nilai awal yang ingin kita hitung persentasenya. Misalnya, nilai awal adalah 100.

Langkah 2: Menentukan Persentase Pengurangan

Sekarang, kita perlu menentukan persentase pengurangan yang ingin kita gunakan. Misalnya, persentase pengurangan adalah 20%.

Langkah 3: Menghitung Pengurangan Nilai

Aplikasikan rumus pengurangan nilai di Excel untuk mendapatkan nilai setelah dikurangi dengan persentase yang ditentukan. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Pengurangan Nilai = Nilai Awal – (Nilai Awal * Persentase Pengurangan/100)

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung bahwa pengurangan 20% dari nilai awal 100 adalah 80.

#4 Menghitung Pertambahan Nilai dengan Persentase

Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana menghitung pertambahan nilai menggunakan persentase di Excel. Pertambahan nilai adalah peningkatan harga atau jumlah menggunakan persentase tertentu.

Langkah 1: Menentukan Nilai Awal

Langkah pertama adalah menentukan nilai awal yang ingin kita tambahkan persentasenya. Misalnya, kita ingin menambahkan persentase 20% pada nilai awal 100.

Langkah 2: Menentukan Persentase Pertambahan

Kemudian, kita perlu menentukan persentase pertambahan yang ingin kita gunakan. Misalnya, persentase pertambahan adalah 20%.

Langkah 3: Menghitung Pertambahan Nilai

Aplikasikan rumus pertambahan nilai di Excel untuk mendapatkan nilai setelah ditambahkan dengan persentase yang ditentukan. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Pertambahan Nilai = Nilai Awal + (Nilai Awal * Persentase Pertambahan/100)

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung bahwa penambahan 20% pada nilai awal 100 adalah 120.

#5 Menghitung Pertumbuhan dengan Persentase

Terakhir, kita akan melihat bagaimana menghitung pertumbuhan menggunakan persentase di Excel. Pertumbuhan adalah peningkatan atau pengurangan persentase terhadap suatu nilai dari satu periode ke periode lainnya.

BACA JUGA  Cara Mengoperasikan Excel dengan Mudah: Panduan Lengkap untuk Pemula

Langkah 1: Menentukan Nilai Awal dan Nilai Akhir

Langkah pertama adalah menentukan nilai awal dan nilai akhir yang ingin kita hitung pertumbuhannya. Misalnya, nilai awal adalah 100 dan nilai akhir adalah 120.

Langkah 2: Menghitung Pertumbuhan Persentase

Setelah itu, kita perlu menghitung pertumbuhan persentase antara nilai awal dan nilai akhir. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan Persentase = ((Nilai Akhir – Nilai Awal)/Nilai Awal) * 100

Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menghitung pertumbuhan persentase antara nilai awal 100 dan nilai akhir 120 adalah 20%.

Pintasan Panduan Rumus & Fungsi Excel

Sekarang setelah Anda tahu cara menghitung persentase menggunakan berbagai metode di Excel, Anda juga mungkin tertarik dengan panduan rumus dan fungsi lainnya yang terkait dengan Excel. Berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda jelajahi untuk memperluas pengetahuan Anda tentang Excel:

  • Cara Menambah Kolom di Excel
  • Cara Membuat Grafik di Excel
  • Salah Satu Cara Menyimpan Workbook pada Excel adalah dengan Menggunakan
  • FAQ – Pertanyaan yang Sering Diajukan

    Bagaimana cara menghitung persentase di Excel?

    Untuk menghitung persentase di Excel, Anda dapat mengalikan angka dengan persentase yang diinginkan dan membaginya dengan 100. Misalnya, jika Anda ingin menghitung 20% dari angka 100, Anda dapat menggunakan rumus =100*20/100. Hasilnya akan menjadi 20.

    Apa yang dimaksud dengan persentase?

    Persentase adalah perbandingan antara sebagian dengan keseluruhan, yang dinyatakan dalam bentuk per seratus. Biasanya digunakan untuk menggambarkan bagian dari keseluruhan atau perubahan dalam skala 100.

    Berapa cara menghitung persentase di Excel?

    Ada beberapa cara untuk menghitung persentase di Excel, termasuk menggunakan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rumus persentase yang khusus di Excel seperti PERCENTAGE, PERCENTRANK, dan PERCENTILE.

    Bagaimana cara menghitung persentase pertumbuhan di Excel?

    Untuk menghitung persentase pertumbuhan di Excel, Anda dapat menggunakan rumus ((Nilai Akhir – Nilai Awal)/Nilai Awal) * 100. Misalnya, jika nilai awal adalah 100 dan nilai akhir adalah 120, rumusnya akan menjadi ((120-100)/100) * 100. Hasilnya akan menjadi 20%, yang merupakan persentase pertumbuhan.

    BACA JUGA  Cara Mengetik di Excel Seperti di Word: Tips dan Trik yang Berguna

    Apakah ada fungsi khusus di Excel untuk menghitung persentase?

    Ya, Excel menyediakan beberapa fungsi khusus untuk menghitung persentase. Beberapa fungsi tersebut termasuk PERCENTAGE, yang digunakan untuk menghitung persentase dari suatu nilai; PERCENTRANK, yang digunakan untuk menghitung persentase peringkat untuk suatu nilai dalam kumpulan data; dan PERCENTILE, yang digunakan untuk menghitung persentil suatu nilai dalam kumpulan data.

    Apakah Excel memiliki fungsi untuk menghitung diskon?

    Ya, Excel memiliki fungsi khusus yang bisa digunakan untuk menghitung diskon. Salah satunya adalah fungsi DISC, yang digunakan untuk menghitung diskon pada nilai obligasi atau surat berharga dengan suku bunga tetap.

    Kesimpulan

    Demikianlah panduan lengkap tentang cara menghitung persentase di Excel. Mulai dari operasi matematika dasar hingga penggunaan fungsi khusus, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghitung persentase dalam berbagai konteks. Apakah Anda ingin menghitung diskon, pertumbuhan, atau hanya melakukan operasi matematika sederhana, Excel adalah alat yang kuat untuk membantu Anda melakukannya. Jangan takut untuk bereksperimen dengan rumus dan fungsi yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

    Untuk membantu meningkatkan kemampuan Excel Anda lebih jauh, saya juga mengundang Anda untuk membaca tiga artikel berikut ini:

  • Cara Menambah Kolom di Excel
  • Cara Membuat Grafik di Excel
  • Salah Satu Cara Menyimpan Workbook pada Excel adalah dengan Menggunakan
  • Dengan membaca artikel-artikel tersebut, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai fitur dan fungsi Excel yang dapat Anda manfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan Anda dengan lebih efisien dan efektif.

    Saran Video Seputar : Cara Menghitung Persentase di Excel dengan Formula

    Leave a Comment