Cara Mudah Membuat Makalah di HP dengan WPS Office

Halo sobat TeknoPil! Pernahkah kamu merasa terbebani ketika harus membuat makalah di HP? Tenang saja, karena sekarang ini kami akan membagikan cara membuat makalah di HP menggunakan WPS Office.

Langkah-langkah:

Pendahuluan

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan kamu sudah memiliki WPS Office di HP kamu. WPS Office merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat membantumu membuat dokumen dengan berbagai macam format seperti doc, docx, pdf, dan lain-lain. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store dan App Store.

Langkah-langkah

1. Buka WPS Office

Buka aplikasi WPS Office di HP kamu dan pilih menu dokumen baru. Kamu akan melihat berbagai jenis format dokumen yang dapat kamu pilih seperti dokumen teks, presentasi, dan spreadsheet. Pilih dokumen teks jika kamu ingin membuat makalah.

2. Buat Outline Makalah

Sebelum menulis makalah, buat outline terlebih dahulu. Outline dapat membantumu mengorganisir ide-ide yang akan kamu sampaikan dalam makalah. Buatlah struktur dengan menggunakan heading 1, heading 2, dan heading 3 untuk memudahkan membaca dan memahami makalah.

3. Tulis Makalah

Setelah membuat outline, mulailah menulis makalah. Kamu dapat menambahkan gambar atau tabel ke dalam makalah dengan cara menekan icon gambar atau tabel di toolbar aplikasi.

4. Format Dokumen

Setelah menulis makalah, format dokumen dengan memperindah tampilannya. Kamu dapat mengubah font, ukuran dan warna huruf, menambahkan style headings, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menambahkan halaman muka dan daftar isi di bagian awal makalah.

5. Simpan Dokumen

Setelah selesai membuat dan memformat dokumen, jangan lupa untuk menyimpan dokumen kamu agar tidak hilang. Pilih jenis format file yang sesuai dengan kebutuhan kamu, kemudian jangan lupa untuk menyimpan dengan nama file yang mudah diingat.

Penjelasan

Tutorial di atas menjelaskan cara membuat makalah di HP menggunakan WPS Office. Mulai dari membuka aplikasi, membuat outline, menulis makalah, memformat dokumen, dan menyimpan dokumen. Cara ini dapat membantumu membuat makalah dengan mudah dan cepat dengan bantuan aplikasi WPS Office yang user-friendly.

BACA JUGA  Jelaskan Cara Kerja Rangkaian Listrik pada Lampu Lalu Lintas

Tips dan Trik

1. Gunakan Tampilan yang Simpel

Gunakan tampilan dokumen yang simpel agar pembaca mudah memahami isi makalah.

2. Buat Outline Sebelum Menulis Makalah

Buat outline terlebih dahulu untuk membantu mengorganisir ide-ide dalam makalah

3. Gunakan Fitur Grammar and Spell Checker

Gunakan fitur Grammar and Spell Checker yang tersedia di WPS Office untuk membantu menyelesaikan makalah dengan benar

4. Upload Makalah ke Cloud

Upload makalah ke Cloud seperti Google Drive atau OneDrive agar kamu dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja

5. Gunakan Tema yang Sesuai

Pilih tema yang sesuai dengan konten makalah kamu agar lebih menarik

Sekian cara membuat makalah di HP menggunakan WPS Office. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantumu membuat makalah dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Cara Membuat Makalah di HP Menggunakan WPS Office

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah kita mengetahui cara membuat makalah di HP menggunakan WPS Office, ada baiknya kita menilik kembali kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan

1. Gratis: WPS Office dapat kamu download dan gunakan secara gratis tanpa membayar biaya berlangganan.

2. Kompatibilitas: WPS Office dapat digunakan pada berbagai versi HP dan komputer, sekaligus merespon berbagai jenis dokumen, seperti .docx, .pptx, .pdf, dan sebagainya.

3. Fitur Lengkap: Aplikasi ini memiliki berbagai fitur lengkap, seperti template, format, tabel, grafik, dan animasi. Kemudian, aplikasi ini juga memiliki fasilitas untuk menyimpan dokumen di cloud storage, seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

4. Mudah digunakan: Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Kekurangan

1. WPS Office tidak sepenuhnya gratis karena kamu perlu membayar untuk menghilangkan iklan yang muncul saat kamu menggunakan aplikasi.

BACA JUGA  Cara Menyembunyikan Nomor Telepon di Facebook: Panduan Lengkap

2. Terbatas untuk format teks tertentu: Aplikasi ini memiliki keterbatasan untuk format teks tertentu, sehingga kamu mungkin perlu bantuan dari aplikasi lain untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

3. Masalah kompatibilitas terkadang terjadi saat kamu mengirim dokumen ke orang lain. Misalnya, format teks yang tidak bisa dikenali oleh aplikasi pengirim.

Secara keseluruhan, WPS Office adalah aplikasi yang berguna untuk membuat dokumen dan presentasi langsung dari HP. Kelebihan dan kekurangan aplikasi ini sebaiknya diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya.

FAQ

1. Apa itu WPS Office?

WPS Office adalah aplikasi pengolah kata yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengatur dokumen dalam format berbeda seperti dokumen Word, PDF, dan Excel.

2. Apa keuntungan menggunakan WPS Office di hp?

Dengan menggunakan aplikasi WPS Office di hp, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga, karena kamu dapat mengedit dan membuat dokumen kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa laptop atau komputer.

3. Bagaimana cara mendownload WPS Office di hp?

Kamu dapat mengunduh aplikasi WPS Office di Google Playstore atau App Store.

4. Apakah WPS Office di hp memiliki fitur yang sama seperti di komputer?

Ya, WPS Office pada hp memiliki fitur yang sama dengan WPS Office pada komputer, seperti fitur bookmark, spellcheck, dan masih banyak lagi.

5. Cara membuat file baru menggunakan WPS Office di hp?

Buka aplikasi WPS Office, pilih “dokumen”, lalu pilih “file baru”. Kamu dapat memilih format dokumen yang ingin dibuat seperti dokumen Word atau Excel.

6. Bagaimana cara menyimpan file dokumen menggunakan WPS Office di hp?

Setelah kamu selesai mengedit atau membuat dokumen, kamu dapat menyimpan file tersebut dengan memilih “Simpan” atau “Simpan Sebagai” di menu.

7. Bagaimana cara mengubah format dokumen menggunakan WPS Office di hp?

Kamu dapat mengubah format dokumen dengan cara memilih opsi “Simpan Sebagai”, lalu pilih format dokumen yang diinginkan seperti PDF atau Word.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengetahui Kode Voucher Telkomsel yang Rusak

8. Bagaimana cara berbagi dokumen menggunakan WPS Office di hp?

Setelah kamu selesai membuat atau mengedit dokumen, kamu dapat berbagi dokumen tersebut dengan memilih opsi “Bagikan” pada menu. Kamu dapat memilih berbagai platform seperti email atau WhatsApp.

9. Apa kelebihan WPS Office dibandingkan aplikasi pengolah kata lainnya di hp?

Salah satu kelebihan WPS Office adalah fiturnya yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi pengolah kata lainnya di hp, seperti fitur spellcheck, bookmark, dan review dokumen.

10. Apakah WPS Office di hp dapat digunakan secara gratis?

Ya, WPS Office di hp dapat digunakan secara gratis, namun terdapat pula versi premium yang dapat dibeli untuk mendapatkan fitur tambahan.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang, membuat makalah menggunakan smartphone bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan menggunakan aplikasi WPS Office, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, dan mengatur dokumen dengan nyaman di mana saja dan kapan saja. Dalam tulisan ini, kami telah memberikan panduan cara membuat makalah di hp menggunakan WPS Office untuk membantu pembaca yang ingin mencoba membuat makalah menggunakan smartphone. Dengan memperhatikan langkah-langkah yang dipaparkan, semoga pembaca dapat membuat makalah dengan lebih mudah dan efektif.

Penutup

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Dalam pembuatan makalah, selain menggunakan aplikasi WPS Office, pastikanlah juga untuk memperhatikan struktur makalah, penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta sumber referensi yang valid. Dengan membuat makalah yang baik dan benar, maka kita dapat menghasilkan dokumen yang berkualitas dan memuaskan. Jangan lupa juga untuk selalu mengasah kemampuan menulis dan mengolah dokumen untuk kemajuan diri kita dan memperkaya wawasan. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mudah Membuat Makalah di HP dengan WPS Office

Leave a Comment