Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi dengan Mudah dan Efektif

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Siapa yang pernah mengalami masalah ghost touch pada perangkat Xiaomi? Masalah ini sangat menjengkelkan, terutama ketika sedang menggunakan handphone untuk mengerjakan sesuatu. Namun, jangan khawatir karena kali ini saya akan berbagi tips dan trik Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi yang terbukti efektif dan simple. Mari kita simak selengkapnya!

Langkah-Langkah

1. Bersihkan Layar dan Casing

Mengatasi ghost touch yang sering terjadi pada layar Xiaomi, langkah awal yang bisa diambil adalah membersihkan layar dan casing smartphone dengan tisu atau kain yang lembut. Bisa jadi, masalah tersebut muncul karena adanya kotoran atau minyak yang menempel di layar, sehingga membuat layar menjadi tidak responsif. Dalam membersihkan layar, pastikan tidak ada cairan yang bocor ke dalam perangkat Xiaomi.

2. Matikan Layar dan Restart Perangkat

Cara mengatasi ghost touch Xiaomi yang kedua adalah dengan mematikan layar dan merestart perangkat. Karena, kadangkala ghost touch bisa terjadi karena adanya permasalahan software pada sistem operasi smartphone. Dengan merestart perangkat, maka sistem operasi akan ter-reset ke kondisi normal dan bisa menghapus cache yang menumpuk, sehingga bisa memperbaiki masalah ghost touch.

3. Perbaikan Secara Manual pada Sistem Operasi Xiaomi

Cara ketiga mengatasi ghost touch pada Xiaomi adalah melakukan perbaikan secara manual pada sistem operasi Xiaomi. Hal ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi ‘Settings’, kemudian pilih ‘Additional settings’ dan ‘Developer options’. Kemudian, cari opsi ‘Pointer Location’ pada menu tersebut, lalu pilih ‘Disable’ untuk mematikannya. Dengan cara tersebut, maka perangkat Xiaomi akan mematikan fitur otomatis untuk menentukan koordinat layar saat menyentuh.

4. Lakukan Kalibrasi Layar

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil mengatasi ghost touch pada Xiaomi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan kalibrasi layar. Untuk melakukan kalibrasi layar, kamu perlu melakukan pengaturan ulang pada touch panel sehingga lebih sensitif. Caranya dengan mengetik kode *#*#64663#*#* atau *#*#2167331#*#* pada dialpad Xiaomi, kemudian kamu akan langsung menuju layar pengaturan touch panel.

Penjelasan

Mengatasi ghost touch pada Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung pada penyebabnya. Bisa jadi karena layar yang kotor, software yang bermasalah, atau touch layar yang kurang sensitif. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatasi masalah ghost touch pada Xiaomi adalah dengan membersihkan layar dan casing dari kotoran dan minyak. Jika tetap tidak efektif, langkah selanjutnya adalah melakukan restart perangkat atau memperbaiki sistem operasi secara manual.

BACA JUGA  Cara Mudah Menghilangkan Gelembung di Tempered Glass

Jika cara-cara diatas juga tidak efektif, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kalibrasi layar. Kalibrasi layar dapat membuat kinerja touchscreen menjadi lebih optimal dan lebih sensitif. Namun, perlu diingat bahwa melakukan kalibrasi layar pada perangkat Xiaomi bisa mempercepat kerusakan pada layar, sehingga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

Tips dan Trik

1. Gunakan Tisu atau Kain yang Lembut

Dalam membersihkan layar dan casing Xiaomi, pastikan menggunakan tisu atau kain yang lembut agar tidak merusak layar. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung alkohol atau cairan keras lainnya yang dapat merusak layar.

2. Restart secara Berkala

Untuk mencegah masalah ghost touch pada Xiaomi, sebaiknya kamu melakukan restart perangkat secara berkala. Hal ini bisa membantu menghapus cache yang menumpuk dan memperbaiki masalah software yang terjadi pada sistem operasi.

3. Update Sistem Operasi

Cek dan penuhi pembaruan sistem operasi secara teratur untuk mengatasi masalah ghost touch pada Xiaomi. Pembaruan sistem operasi biasanya menghadirkan fitur-fitur baru serta memperbaiki bug pada sistem operasi yang dapat mempengaruhi kinerja touch layar.

4. Gunakan Pelindung Layar

Menggunakan pelindung layar pada Xiaomi dapat melindungi layar dari goresan dan kotoran. Pelindung layar dapat mempertahankan sensitivitas layar dan mencegah masalah ghost touch pada Xiaomi.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah ghost touch pada Xiaomi, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ‘Touchscreen Repair’ atau ‘Touchscreen Calibration’. Aplikasi tersebut bisa membantu kalibrasi layar dan memperbaiki ghost touch pada Xiaomi.

Demikianlah Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi yang terbukti efektif dan simple. Semoga bisa membantu sobat TeknoPil dalam mengatasi masalah ghost touch pada perangkat Xiaomi. Ingat, jangan terlalu sering melakukan kalibrasi layar agar tidak mempercepat kerusakan layar pada Smartphone Xiaomi. Terima kasih sudah membaca!

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Saat seorang pengguna Xiaomi mengalami masalah ghost touch pada layar ponsel, salah satu cara yang dapat diambil adalah mengatasi masalah tersebut dengan membuka layar ponsel dan membersihkannya. Cara ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Biaya Murah – Buka layar ponsel dan membersihkannya dengan tangan bisa dilakukan dengan biaya yang sangat murah.
  • Cepat – Setelah membersihkan layar, pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa menunggu waktu yang lama.
  • Tidak perlu ke ahli – Pengguna dapat melakukan cara ini sendiri tanpa bantuan ahli perbaikan.
BACA JUGA  Cara Membersihkan Printer Epson L120

Kekurangan Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Selain kelebihan yang dimilikinya, cara mengatasi ghost touch Xiaomi dengan membuka layar ponsel dan membersihkannya juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Risiko merusak layar – Jika pengguna tidak hati-hati saat membuka layar ponsel, ada kemungkinan layar akan rusak dan memperparah masalah ghost touch.
  • Tidak mengatasi masalah yang mendasar – Membersihkan layar dapat meredakan masalah ghost touch sementara, namun jika masalah mendasar seperti kerusakan hardware masih ada, masalah akan muncul lagi setelah beberapa waktu.
  • Sifat sementara – Membersihkan layar dapat meredakan masalah hanya sementara, dan masalah ghost touch dapat muncul lagi dalam waktu singkat (hari, minggu, atau bulan).

Sekarang setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cara mengatasi ghost touch Xiaomi dengan membuka layar ponsel dan membersihkannya, pengguna Xiaomi harus mempertimbangkan manfaat dan risiko sebelum memutuskan untuk mengambil langkah ini. Jika masalah ghost touch terus muncul, pengguna disarankan untuk membawa ponsel ke ahli perbaikan atau pusat layanan untuk memberikan solusi yang lebih permanen dan terjamin.

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

FAQ

1. Apa itu ghost touch?

Ghost touch atau sering disebut phantom touch adalah masalah ketika layar smartphone secara otomatis mencet sendiri tanpa disentuh, yang membuat pengguna kesulitan mengoperasikan ponselnya.

2. Apa penyebab ghost touch pada Xiaomi?

Penyebab ghost touch pada Xiaomi bervariasi, bisa karena layar yang kotor, adanya masalah pada sistem operasi, atau kerusakan pada hardware seperti digitizer atau kabel flexibel.

3. Apa yang harus saya lakukan jika mengalami ghost touch?

Jangan panik, cobalah membersihkan layar ponsel dan pastikan tangan Anda bersih dan kering. Jika masih terjadi, coba restart atau reset ulang ponsel Anda, kemudian kalibrasi layar pada pengaturan.

4. Bagaimana cara mereset ulang ponsel Xiaomi?

Cara mereset ulang ponsel Xiaomi yaitu dengan masuk ke pengaturan > opsi tambahan > cadangkan dan reset > reset ke pengaturan pabrik.

BACA JUGA  Cara Main Domino: Panduan Lengkap untuk Pemula

5. Bagaimana cara membersihkan layar ponsel Xiaomi?

Anda bisa membersihkan layar ponsel Xiaomi dengan kain mikrofiber atau tisu kering, kemudian diseka dengan lembut.

6. Apa yang harus saya lakukan jika langkah-langkah di atas tidak berhasil?

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah pada hardware layar. Anda bisa membawa ponsel Anda ke toko servis terdekat atau hubungi support Xiaomi.

7. Apakah saya bisa memperbaiki sendiri jika ada masalah hardware?

Tidak disarankan untuk memperbaiki masalah hardware sendiri jika Anda tidak berpengalaman. Hal tersebut justru bisa membuat kerusakan menjadi lebih parah.

8. Apa yang harus saya lakukan agar ponsel Xiaomi saya bebas dari ghost touch?

Untuk mencegah ghost touch terjadi pada ponsel Xiaomi Anda, pastikan Anda hanya menggunakan produk Xiaomi asli dan saat membersihkan layar, jangan terlalu keras atau menggunakan cairan yang tidak cocok.

9. Apakah garansi Xiaomi cover masalah ghost touch?

Ya, garansi Xiaomi mencakup masalah ghost touch jika terbukti masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan hardware.

10. Apakah ghost touch terjadi hanya pada ponsel Xiaomi?

Tidak, masalah ghost touch dapat terjadi pada semua merek ponsel. Namun, Xiaomi lebih sering dilaporkan mengalami masalah ini, terutama pada model-model tertentu.

Kesimpulan

Ghost touch adalah masalah utama pada Xiaomi yang sering dihadapi oleh banyak pengguna, dan mungkin sulit untuk diatasi bagi beberapa orang. Namun, dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, Anda bisa menangani ghost touch dengan mudah. Ingatlah untuk menghapus case dan screen guard jika mungkin, menghindari kelembaban, mengaktifkan mode glove, dan mereset pabrik jika semua sudah dicoba tapi masih belum bisa memperbaiki masalah.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana cara mengatasi ghost touch pada Xiaomi dan dapat memperbaiki telepon Anda tanpa harus membawa ke service center yang mungkin akan dikenakan biaya yang tidak murah. Jangan lupa untuk mengikuti tips yang telah dijelaskan dan selalu ingat bahwa Anda dapat menghubungi pabrikan jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi dengan Mudah dan Efektif

Leave a Comment