Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil, apakah kamu pernah mengalami masalah di smartphone Xiaomi kamu dan terjebak di fastboot mode? Salah satu cara keluar dari fastboot mode di Xiaomi adalah dengan menekan tombol power, namun bagaimana jika tombol power kamu rusak atau mati? Tenang saja, dalam artikel kali ini kami akan membagikan cara keluar dari fastboot Xiaomi tanpa tombol power. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Langkah-langkah

1. Menggunakan Tombol Volume Down dan USB Debugging

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan tombol volume down secara bersamaan dengan tombol power dan tahan selama 10 detik. Namun, jika tombol power kamu mati atau rusak, kamu bisa mengaktifkan USB debugging terlebih dahulu di menu pengaturan. Setelah itu, hubungkan smartphone Xiaomi kamu dengan komputer melalui kabel USB dan jalankan aplikasi MiFlash di komputer. Pilih opsi “refresh” untuk mendeteksi perangkat Xiaomi kamu, kemudian pilih opsi “disable” di kolom fastboot.

2. Menggunakan Aplikasi Fastboot

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Fastboot di komputer. Pertama-tama, download dan instal aplikasi Mi PC Suite di komputer kamu. Hubungkan smartphone Xiaomi kamu ke komputer melalui kabel USB dan jalankan aplikasi Mi PC Suite. Setelah itu, pilih opsi “Masuk ke mode pemulihan” dan pilih opsi “fastboot mode”. Kemudian, download aplikasi Fastboot di komputer kamu, ekstrak file zip tersebut, dan jalankan aplikasi Fastboot. Pilih opsi “flash all” dan tunggu sampai proses selesai.

3. Menggunakan Aplikasi TWRP

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi TWRP di smartphone Xiaomi kamu. Pertama-tama, kamu harus mem-flash TWRP ke dalam smartphone Xiaomi kamu. Setelah itu, masuk ke TWRP dengan menekan tombol volume up dan power secara bersamaan saat smartphone Xiaomi kamu menyala. Pilih opsi “reboot” dan pilih opsi “system”. Setelah itu, smartphone Xiaomi kamu akan reboot dan keluar dari fastboot mode.

4. Membuka Casing dan Menghubungkan Kembali Baterai

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa membuka casing smartphone Xiaomi kamu dan mencoba untuk menghubungkan kembali baterai yang sudah terlepas. Namun, cara ini sangat beresiko dan tidak disarankan jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam membuka casing smartphone. Oleh karena itu, gunakan cara ini dengan sangat hati-hati dan jika masih tidak berhasil, sebaiknya kamu membawa smartphone Xiaomi kamu ke tempat reparasi.

BACA JUGA  Cara Melakukan Paket Kartu XL

Penjelasan

Cara keluar dari fastboot Xiaomi tanpa tombol power ini diambil karena tombol power seringkali menjadi salah satu masalah pada smartphone Xiaomi, terutama jika smartphone tersebut sudah berusia lama atau sering digunakan secara intensif. Selain itu, cara ini juga bermanfaat bagi kamu yang tidak ingin membawa smartphone Xiaomi kamu ke tempat reparasi yang cukup memakan waktu dan biaya.

Tips dan Trik

1. Gunakan kabel USB yang berkualitas

Kabel USB yang berkualitas akan meminimalisir terjadinya masalah saat menghubungkan smartphone Xiaomi kamu ke komputer. Pastikan kabel USB yang kamu gunakan tidak rusak atau pecah.

2. Jangan asal eksekusi saat menggunakan TWRP

Saat menggunakan TWRP, pastikan kamu sudah memahami cara penggunaannya dengan baik dan tidak asal-asalan dalam mengeksekusi proses.

3. Simpan data penting sebelum mencoba cara-cara ini

Sebaiknya kamu mem-backup data penting di smartphone Xiaomi kamu sebelum mencoba cara-cara ini. Hal ini untuk menghindari terjadinya kehilangan data karena kesalahan atau masalah teknis.

4. Gunakan cara-cara ini dengan hati-hati

Jangan memaksakan untuk menggunakan salah satu cara-cara di atas jika kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam bidang ini. Sebaiknya kamu membawa smartphone Xiaomi kamu ke tempat reparasi terdekat jika masih mengalami masalah.

5. Periksa baterai smartphone Xiaomi kamu secara rutin

Baterai yang lemah atau rusak dapat menjadi salah satu penyebab smartphone Xiaomi kamu masuk ke fastboot mode. Oleh karena itu, periksa baterai smartphone Xiaomi kamu secara rutin dan ganti jika diperlukan.

Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Metode alternatif untuk keluar dari mode Fastboot Xiaomi tanpa tombol power dapat membantu pengguna dalam situasi tertentu, seperti tombol power rusak atau tidak berfungi. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode alternatif ini:

  • Tidak perlu membongkar perangkat untuk membuka baterai atau mereset ke pengaturan pabrik.
  • Tidak memerlukan perbaikan hardware pada tombol power yang rusak atau tidak berfungsi.
  • Cukup cepat dan mudah dilakukan.

Kekurangan

Walau ada kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan teknik alternatif ini, tentu saja ada beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan:

  • Berpotensi merusak sistem perangkat atau menyebabkan kerusakan permanen pada software.
  • Tidak efektif jika terjadi masalah pada komponen lain dalam perangkat, seperti kerusakan Baterai atau PCB.
  • Berisiko membawa perangkat ke layanan service karena masalah yang tidak dapat diatasi oleh menggunakan metode alternatif ini.
BACA JUGA  Cara Nelpon di Michat dengan Mudah dan Praktis

Jadi, sebelum menggunakan metode alternatif ini, pastikan bahwa perangkat Anda dalam kondisi yang baik dan metode ini hanya digunakan sebagai solusi sementara untuk masalah tombol power rusak atau tidak berfungsi. Jika Anda tidak yakin dengan metode alternatif ini, lebih baik membawa perangkat ke pusat service resmi untuk mendapatkan bantuan yang lebih baik dan terpercaya.

FAQ

1. Apa itu Fastboot mode pada Xiaomi?

Fastboot mode adalah mode di mana perangkat Xiaomi Anda hanya dapat beroperasi dengan menginstal file firmware melalui komputer. Pada mode ini, Anda tidak dapat mengakses fungsi standar seperti mode pemulihan atau pengaturan.

2. Kenapa Xiaomi saya terjebak di Fastboot mode?

Perangkat Xiaomi Anda dapat terjebak di Fastboot mode karena terganggu selama proses update firmware atau perangkat Xiaomi Anda mengalami kerusakan sistem.

3. Bagaimana cara keluar dari Fastboot mode tanpa menggunakan tombol Power pada Xiaomi?

Pertama-tama, pastikan perangkat Xiaomi Anda terhubung ke sumber daya. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol “Volume Bawah” dan “Tombol Power” bersamaan selama beberapa detik hingga perangkat Anda restart.

4. Apa langkah-langkah yang harus diikuti untuk keluar dari Fastboot mode?

Lakukan reboot pada perangkat Xiaomi Anda dengan menekan tombol “Volume Bawah” dan “Tombol Power” sampai perangkat Anda reboot.

5. Apa yang harus dilakukan jika cara di atas tidak berhasil?

Jika cara di atas tidak berhasil, coba gunakan kabel USB yang berbeda atau coba hubungkan ke komputer dan lakukan instalasi firmware.

6. Bagaimana cara menyambungkan perangkat Xiaomi ke komputer?

Pastikan Anda telah menginstal driver yang sesuai, hubungkan perangkat Xiaomi ke komputer dengan kabel USB dan pastikan mode debugging USB sudah aktif pada perangkat

7. Apakah ada risiko mengikuti petunjuk ini?

Tidak ada risiko yang terkait dengan cara ini karena itu hanya memicu restart perangkat Xiaomi Anda.

8. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat masuk ke mode Fastboot pada perangkat Xiaomi?

Pada mode ini pastikan Anda berhati-hati saat menginstal firmware karena kesalahan dapat merusak perangkat Xiaomi Anda secara permanen

9. Bagaimana cara mengaktifkan debugging USB pada perangkat Xiaomi?

Untuk mengaktifkan debugging USB di perangkat Xiaomi, pergi ke pengaturan -> tentang telepon -> tekan “build number” tujuh kali -> kembali ke pengaturan -> opsi pengembang -> debugging USB.

BACA JUGA  Cara Melihat Album Tersembunyi di Xiaomi dengan Mudah

10. Apakah cara ini bekerja pada semua perangkat Xiaomi?

Iya, seharusnya bisa bekerja pada semua perangkat Xiaomi, namun ada kemungkinan beberapa perangkat membutuhkan cara yang berbeda untuk keluar dari mode fastboot.

Kesimpulan

Fastboot mode merupakan sebuah mode yang berguna untuk melakukan flashing ROM atau melakukan reset ulang perangkat Xiaomi. Namun, terkadang perangkat dapat terkunci di mode Fastboot dan tidak dapat keluar dari mode tersebut dengan tombol power. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol power yang pertama adalah dengan menggunakan perintah ADB. ADB adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk mengakses perangkat Android melalui komputer. Untuk menggunakan ADB, terlebih dahulu download dan install driver Xiaomi pada komputer. Kemudian, sambungkan perangkat Xiaomi pada komputer dan jalankan ADB. Selanjutnya, ketik perintah “adb reboot” pada command prompt. Perangkat akan melakukan restart dan keluar dari mode Fastboot.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi “Mi Flash Tool”. Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna Xiaomi dan dapat digunakan untuk melakukan flashing firmware atau ROM pada perangkat Xiaomi. Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk keluar dari mode Fastboot pada perangkat Xiaomi yang terkunci. Langkah pertama adalah download dan install aplikasi “Mi Flash Tool” pada komputer. Kemudian, jalankan aplikasi dan sambungkan perangkat Xiaomi pada komputer. Selanjutnya, tekan kombinasi tombol power dan vol up pada perangkat Xiaomi hingga layar bergetar. Sekarang, Anda dapat keluar dari mode Fastboot dengan memilih opsi “Reboot” pada aplikasi Mi Flash Tool.

Penutup

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk keluar dari mode Fastboot Xiaomi tanpa tombol power. Dengan menggunakan cara di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat keluar dari mode Fastboot pada perangkat Xiaomi yang terkunci. Namun, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan hati-hati untuk menghindari kesalahan atau kerusakan pada perangkat. Demikianlah panduan cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol power ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sampai jumpa di artikel informatif berikutnya!

Saran Video Seputar : Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Leave a Comment