Cara Buat Persentase di Excel: 8 Metode yang Mudah dan Lengkap

Selamat datang, pembaca Teknopil! Saya sangat senang dapat berbagi dengan Anda panduan lengkap tentang cara membuat persentase di Excel. Sebagai penggemar berat dan pemain game dari FromSoftware, saya tahu betapa pentingnya memiliki pemahaman yang kuat tentang Excel untuk pekerjaan sehari-hari maupun proyek pribadi. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan delapan metode mudah dan lengkap untuk menghitung persentase di Excel. Mari kita mulai!

Cara Memformat Persentase di Excel

Sebelum kita masuk ke perhitungan persentase, pertama-tama kita perlu memahami cara memformat angka menjadi persentase di Excel. Berikut adalah tiga metode yang bisa Anda gunakan:

1. Mengetikkan Ikon “%”

Metode pertama adalah dengan mengetikkan ikon persen (“%”) langsung setelah angka yang ingin Anda ubah menjadi persentase. Misalnya, ketik “50%” untuk mewakili 50 persen.

2. Memakai Menu “Number Format”

Metode kedua adalah dengan menggunakan menu “Number Format” di Excel. Pilih sel atau rentang sel yang berisi angka yang ingin Anda format sebagai persentase. Klik kanan dan pilih “Format Cells”. Di jendela “Format Cells”, pilih opsi “Percentage” pada kotak “Category”. Klik “OK” untuk mengubah angka menjadi format persen.

3. Menggunakan Klik Kanan

Metode ketiga adalah menggunakan fitur klik kanan di Excel. Pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda format sebagai persentase. Klik kanan dan pilih “Format Cells”. Di jendela pop-up “Number”, pilih “Percentage” pada bagian sebelah kiri. Anda juga dapat menyesuaikan jumlah desimal dan simbol persentase di sini. Setelah selesai dengan pengaturan, klik “OK” untuk mengubah angka menjadi format persen.

Cara Menghitung Penjumlahan atau Pengurangan Persen di Excel

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menghitung penjumlahan atau pengurangan persen di Excel. Berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA  Cara Menggunakan Excel di Laptop: Panduan Lengkap untuk Pemula

Menjumlahkan Persentase

Jika Anda ingin menambahkan persentase ke angka, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketik angka yang ingin Anda tambahkan persentasenya di sebuah sel.
2. Ketik tanda tambah (+) diikuti dengan angka persentase dengan format persen. Misalnya, jika angka Anda adalah 100 dan Anda ingin menambahkan 10%, ketik “+10%”.
3. Tekan Enter pada keyboard. Hasilnya akan menjadi jumlah awal ditambah persentase tertentu.

Mengurangkan Persentase

Jika Anda ingin mengurangkan persentase dari angka, berikut caranya:

1. Ketik angka yang ingin Anda kurangi persentasenya di sebuah sel.
2. Ketik tanda kurang (-) diikuti dengan angka persentase dengan format persen. Misalnya, jika angka Anda adalah 100 dan Anda ingin mengurangkan 10%, ketik “-10%”.
3. Tekan Enter pada keyboard. Hasilnya akan menjadi jumlah awal dikurangi persentase tertentu.

Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas untuk menghitung penjumlahan atau pengurangan persen dengan angka dan persentase apa pun di Excel.

Saran Video Seputar : Cara Buat Persentase di Excel: 8 Metode yang Mudah dan Lengkap

Leave a Comment