Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Pengantar

Sobat Teknopil, jika Anda adalah penggemar berat game dari FromSoftware, Anda pasti tahu bahwa konsistensi itu penting. Sama halnya dengan konsistensi dalam tampilan data di Excel. Jika Anda ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas empat metode yang berbeda untuk merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Mari kita mulai!

Metode 1: Menggunakan Fungsi UPPER

Fungsi UPPER adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel atau seluruh rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah.
  2. Di dalam sel kosong, ketikkan fungsi UPPER dengan merujuk pada sel atau rentang sel yang ingin Anda ubah. Misalnya, jika teks yang ingin Anda ubah terletak di sel A1, Anda harus mengetikkan “=UPPER(A1)” di dalam sel kosong.
  3. Tekan dengan tombol Enter pada keyboard Anda, dan teks akan berubah menjadi huruf besar.

Dengan menggunakan fungsi UPPER, Anda bisa mengubah huruf kecil menjadi huruf besar secara otomatis di seluruh rentang sel. Sangat mudah, bukan?

Metode 2: Menggunakan Fungsi PROPER

Jika Anda ingin hanya kapitalisasi huruf pertama dari setiap kata di seluruh rentang sel, Anda dapat menggunakan fungsi PROPER. Cara penggunaannya sangat mirip dengan fungsi UPPER:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah.
  2. Di dalam sel yang kosong, ketikkan fungsi PROPER dengan merujuk pada sel atau rentang sel yang ingin Anda ubah. Misalnya, jika teks yang ingin Anda ubah terletak di sel A1, Anda harus mengetikkan “=PROPER(A1)” di dalam sel kosong.
  3. Tekan Enter pada keyboard, dan huruf pertama dari setiap kata akan berubah menjadi huruf kapital.
BACA JUGA  Cara Mengetik di Excel Seperti di Word: Tips dan Trik yang Berguna

Dengan menggunakan fungsi PROPER, Anda dapat dengan mudah mengubah huruf kecil menjadi huruf besar hanya pada huruf pertama setiap kata dalam seluruh rentang sel.

Metode 3: Menggunakan Pengaturan Format Sel

Pilihan lain untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar adalah dengan menggunakan pengaturan format sel “HURUF BESAR”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin Anda ubah.
  2. Klik kanan pada sel tersebut dan pilih “Format Sel” dari menu konteks.
  3. Pada tab “Font”, centang kotak “HURUF BESAR” di bawah bagian Efek berikut.
  4. Klik OK untuk menerapkan perubahan dan mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di seluruh rentang sel yang dipilih.

Dengan menggunakan pengaturan format sel “HURUF BESAR”, Anda dapat mengubah tampilan huruf kecil menjadi huruf besar secara langsung.

Metode 4: Menggunakan Flash Fill

Jika Anda ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar secara otomatis berdasarkan pola, Anda dapat menggunakan fitur Flash Fill di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tulis teks dalam format yang Anda inginkan di beberapa sel terpisah untuk menggambarkan pola perubahan.
  2. Di sel yang kosong, mulai mengetikkan perubahan yang ingin Anda terapkan pada teks. Misalnya, jika Anda ingin mengubah “nama depan” menjadi “Nama Depan”, Anda dapat mengetikkan “Nama” dan “Depan” di dua sel terpisah.
  3. Setelah mengetikkan perubahan tersebut, tekan tombol Enter pada keyboard Anda.
  4. Excel akan menyorot pola perubahan Anda dengan warna biru.
  5. Tekan tombol Enter lagi untuk menerapkan perubahan ini ke seluruh rentang sel yang sesuai dengan pola Anda.

Dengan menggunakan Flash Fill, Excel akan mengenali pola yang ingin Anda terapkan dan secara otomatis mengubah huruf kecil menjadi huruf besar berdasarkan pola yang Anda tentukan.

BACA JUGA  Cara Mengubah Huruf Besar ke Kecil di Excel

Kesimpulan

Seiring dengan eksplorasi dalam game-game FromSoftware, Anda juga dapat memperluas pengetahuan Anda dalam mengelola data di Excel. Dalam artikel ini, kami telah membahas empat metode yang berbeda untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel.

Anda dapat menggunakan fungsi UPPER untuk mengubah teks secara otomatis menjadi huruf besar, fungsi PROPER untuk hanya kapitalisasi huruf pertama dari setiap kata, pengaturan format sel “HURUF BESAR” untuk mengubah huruf kecil secara langsung, dan Flash Fill untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar berdasarkan pola tertentu.

Gunakan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mempertahankan konsistensi dalam tampilan data Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola data di Excel.

Artikel Terkait:

Pertanyaan Umum Mengenai Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel:

1. Bagaimana cara mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel dengan cepat?

Salah satu cara yang cepat adalah dengan menggunakan fungsi UPPER di Excel. Anda dapat merujuk pada sel atau rentang sel yang berisi teks yang ingin diubah, dan Excel akan mengubahnya secara otomatis. Misalnya, jika teks berada di sel A1, Anda dapat mengetikkan “=UPPER(A1)” di sel kosong dan menekan Enter untuk menghasilkan huruf besar.

2. Apakah ada cara lain untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel?

Ya, ada beberapa cara lain untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Anda juga dapat menggunakan fungsi PROPER untuk merubah huruf kecil menjadi huruf besar hanya pada huruf pertama setiap kata, atau menggunakan pengaturan format sel “HURUF BESAR” untuk mengubah huruf kecil secara langsung. Fitur Flash Fill juga dapat digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar berdasarkan pola tertentu yang Anda tentukan.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Koma di Excel: Solusi untuk Memformat Angka dengan Tepat

3. Apakah mungkin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar hanya pada sebagian teks di sebuah sel di Excel?

Ya, Excel memungkinkan Anda mengubah huruf kecil menjadi huruf besar hanya pada sebagian teks di sebuah sel. Anda dapat menggunakan rumus LEFT, MID, dan RIGHT bersama dengan fungsi UPPER untuk mencapai ini. Misalnya, jika Anda ingin mengubah hanya huruf pertama dari teks menjadi huruf kapital, Anda dapat menggunakan rumus “=UPPER(LEFT(A1,1))&MID(A1,2,LEN(A1)-1)” di sel kosong.

Ayo baca artikel lainnya:

Saran Video Seputar : Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Leave a Comment