Cara Minum Pil KB Microgynon untuk Pemula

Salam Sobat TeknoPil, Ini Dia Cara Minum Pil KB Microgynon yang Tepat Bagi Kamu yang Baru Memulai

Bagi sebagian besar wanita, menggunakan alat kontrasepsi menjadi pilihan utama dalam mengontrol kehamilan. Salah satu jenis alat kontrasepsi yang sering digunakan adalah pil KB. Dan jika kamu baru saja memulai menggunakan pil KB, Microgynon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untukmu. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang cara minum pil KB Microgynon untuk pemula.

Pertama-tama, sebelum membahas cara minum pil KB Microgynon untuk pemula, mari kita bahas apa itu Microgynon. Microgynon adalah pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progesteron. Pil ini bekerja sebagai alat kontrasepsi dengan cara menghentikan ovulasi dan mencegah sperma mencapai sel telur. Microgynon dikemas dalam strip plastik yang berisi 21 pil dengan dosis yang sama.

Tapi sebelum kamu mulai mengonsumsi pil KB Microgynon, ada baiknya kamu memahami kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pil KB jenis ini:

Kelebihan Penggunaan Pil KB jenis Microgynon untuk Pemula

1. Mencegah kehamilan 👍

Penggunaan pil KB membantu mencegah kehamilan dengan cara mencegah ovulasi. Dalam kondisi normal, tubuh mengekskresikan hormon lutein untuk merangsang ovulasi. Dengan konsumsi pil KB, kadar hormon lutein menurun dan ovulasi pun terhenti.

2. Mudah digunakan 👍

Kamu cukup meminum pil setiap hari secara teratur dan kamu akan terhindar dari risiko kehamilan.

3. Meningkatkan kesehatan menstruasi 👍

Mengonsumsi pil KB memperbaiki siklus menstruasi dan membantu mengatasi nyeri atau gejala PMS (sindrom pra-menstruasi).

4. Menurunkan risiko kanker ovarium dan endometrium 👍

Kebanyakan pil KB mengandung hormon progesteron, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker ovarium dan endometrium.

5. Tidak berefek pada kepuasan seks 👍

Meskipun beberapa wanita mengalami penurunan libido setelah mulai menggunakan pil KB, kebanyakan wanita yang menggunakan pil KB tidak melaporkan pengaruh negatif pada kepuasan seksual.

6. Mencegah penyebaran penyakit menular seksual 👍

Penggunaan pil KB dapat membantu mencegah penyebaran penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV, klamidia, dan kutil kelamin.

BACA JUGA  Suku Kata Pertama pada Tata Cara Pemberian Nama Ganda Menunjukkan

7. Tidak memerlukan waktu pemulihan setelah berhenti minum 👍

Setelah berhenti minum pil KB, tubuh akan kembali ke keadaan normal pada siklus menstruasi selanjutnya.

Kekurangan Penggunaan Pil KB jenis Microgynon untuk Pemula

1. Tidak melindungi dari PMS jika kamu tidak meminumnya secara tepat 👎

Penggunaan pil KB tidak akan berfungsi atau melindungi dari kehamilan jika kamu lupa meminumnya secara tepat atau tidak konsisten. Penelitian menunjukkan sekitar satu dari empat wanita yang mengonsumsi pil KB lupa meminumnya dalam sebulan.

2. Efek samping 👎

Banyak wanita yang menggunakan pil KB mengeluhkan efek samping seperti sakit kepala, mual, kembung, tekanan darah tinggi, perubahan mood, dan kecemasan.

3. Dapat menurunkan kadar hormon seks 👎

Meskipun ada yang menyebutkan penggunaan pil KB dapat meningkatkan libido, beberapa orang justru mengalami penurunan libido atau rusaknya keseimbangan hormon seksual.

4. Dapat menurunkan kualitas susu produksi susu ibu 👎

Jika kamu sedang menyusui, penggunaan pil KB dapat mengurangi kualitas produksi ASI (Air Susu Ibu).

5. Tidak melindungi dari PMS yang berkaitan dengan penyakit menular seksual👎

Pil KB tidak melindungi dari PMS yang berkaitan dengan PMS seperti herpes genital, veruka kelamin, atau klamidia. Kamu harus menggunakan kondom untuk melindungi diri dari PMS jenis ini.

6. Dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kedokteran dan penyakit jantung👎

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti kedokteran dan penyakit jantung. Namun, risiko ini masih dalam kisaran yang kecil.

7. Tidak terlindungi dari risiko kehamilan ektopik👎

Setiap jenis alat kontrasepsi tidak dapat sepenuhnya melindungi dari risiko kehamilan ektopik. Meskipun jarang, risiko kehamilan ektopik tetap perlu dipertimbangkan saat menggunakan pil KB.

Cara Minum Pil KB Microgynon untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pil KB jenis Microgynon, saatnya kamu mempelajari cara minum pil KB Microgynon untuk pemula. Berikut adalah cara yang tepat dalam mengonsumsi pil KB Microgynon:

BACA JUGA  Cara Menang Flash Sale Shopee
HARI PILEN (PUTIH) PILEN (COKLAT)
1 Mulai minum pil pada hari pertama menstruasi. Minum satu pil putih dibagian yang bertanda “M”.
2-7 Minum satu pil putih setiap hari pada waktu yang sama, sampai habis 7 pil. Minum satu pil coklat setiap hari pada waktu yang sama, sampai habis 14 pil.
8-21 Setelah habis 7 pil putih, lanjutkan minum satu pil putih setiap hari pada waktu yang sama, sampai habis 21 pil. Setelah habis 14 pil coklat, lanjutkan minum satu pil putih setiap hari pada waktu yang sama, sampai habis 21 pil.

Catatan: Setelah selesai minum pil ke-21, berhenti minum selama 7 hari sebagai masa istirahat sebelum memulai meminum pil yang baru di hari ke-28.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Minum Pil KB Microgynon untuk Pemula

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya melewatkan minum satu atau beberapa pil?

Jika kamu melewatkan minum satu atau beberapa pil, kamu sebaiknya segera mulai minum kembali begitu kamu ingat. Jika kamu melewatkan lebih dari satu pil, dicontohkan dua pil atau lebih, maka juga disarankan untuk menggunakan metode kontrasepsi tambahan seperti kondom selama seminggu kedepannya.

2. Apa yang harus saya lakukan jika saya memuntahkan pil?

Jika kamu memuntahkan pil segera setelah kamu meminum pil, cobalah untuk meminum pil yang baru. Jika kamu memuntahkan pil setelah satu atau dua jam, maka pil yang kamu konsumsi sebelumnya mungkin sudah sempat larut dalam darahmu.

3. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami diare?

Jika kamu mengalami diare atau muntah-muntah setelah minum pil, maka pil yang kamu konsumsi kemungkinan masih berada di lambung dan tidak dikeluarkan melalui sistem pencernaan. Sebaiknya kamu meminum pil yang baru untuk memastikan efektivitas alat kontrasepsi.

4. Berapa efektivitas penggunaan pil KB?

Jika kamu menggunakan pil KB secara tepat dan konsisten, efektivitas penggunaannya mencapai hingga 99%. Namun, jika kamu lupa meminum pil atau tidak konsisten dalam meminumnya, efektivitas penggunaan pil KB akan berkurang menjadi 91-94%.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12

5. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami efek samping yang tidak nyaman saat minum pil KB?

Jika kamu mengalami efek samping yang tidak nyaman seperti sakit kepala, mual, atau kembung ketika meminum pil KB, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan jenis pil KB yang lain atau metode kontrasepsi yang lebih cocok untuk kamu.

6. Apakah saya perlu menggunakan metode kontrasepsi tambahan selama masa istirahat selama tujuh hari?

Tidak, kamu tidak perlu menggunakan metode kontrasepsi tambahan selama masa istirahat tujuh hari, asal kamu sudah meminum pil KB secara teratur selama 21 hari.

7. Apakah Microgynon aman untuk wanita yang sedang menyusui?

Microgynon kurang disarankan untuk digunakan oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat menurunkan kualitas produksi ASI. Namun, jika ingin tetap menggunakan pil KB, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesimpulan

Setelah memahami cara minum pil KB Microgynon untuk pemula dan kelebihan serta kekurangan dari jenis pil KB ini, sekarang kamu bisa dengan mudah menggunakannya untuk mencegah kehamilan. Namun, pastikan kamu menggunakan pil KB sesuai dengan aturan dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami efek samping atau keluhan tertentu. Segera kunjungi dokter jika kamu khawatir atau ragu mengenai pil KB yang kamu minum saat hamil atau saat ingin hamil.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, jangan ragu untuk bertanya pada doktermu atau sumber yang terpercaya. Kamu juga bisa terus mengikuti update dari situs resmi Microgynon atau situs kesehatan lainnya agar kamu selalu mendapatkan informasi terkini seputar alat kontrasepsi dan kesehatan reproduksi.

Disclaimer

Artikel ini hanya ditujukan untuk tujuan informasi dan tidak dapat dijadikan pengganti saran medis atau konsultasi dokter. Sebelum menggunakan jenis alat kontrasepsi atau mengubah cara penggunaannya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Saran Video Seputar : Cara Minum Pil KB Microgynon untuk Pemula

Leave a Comment