Cara Pakai Jilbab Pashmina: Tutorial Lengkap dan Berbagai Gaya

Halo Sobat TeknoPil, kini tren berjilbab semakin digemari dan semakin banyak tipe-tipe jilbab yang hadir di pasaran. Salah satunya adalah jilbab pashmina. Pashmina adalah jilbab yang terbuat dari bahan lembut dan jatuh, sehingga mudah dipakai dan memberikan efek elegan saat digunakan. Namun, banyak yang masih bingung tentang cara memakainya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memakai jilbab pashmina dengan baik dan benar serta gaya yang berbagai macam. Yuk, kita simak artikel selengkapnya!

7 Paragraf Pendahuluan

Jilbab pashmina sudah tak asing lagi bagi para muslimah yang suka berjilbab. Jilbab pashmina lebih dikenal dengan kerudung atau jilbab instan. Hal itu dikarenakan pemakaiannya yang mudah dan praktis. Namun, bagi yang baru memakai jilbab, mungkin akan banyak bertanya-tanya. Termasuk dengan bagaimana cara memakai jilbab pashmina dengan benar, serta gaya-gaya apa yang bisa dilakukan dengan jilbab ini.

Jilbab pashmina memiliki kelebihan untuk melindungi rambut dengan sempurna dan tetap memberikan kesan elegan. Bahan pashmina yang lembut dan jatuh pada jilbab pashmina juga membuat pemakaiannya lebih nyaman dan tidak panas. Kemudahan memakai jilbab pashmina juga menjadikan pilihan terbaik bagi para muslimah yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memakai jilbab biasa.

Namun, seperti jenis jilbab lainnya, jilbab pashmina juga memiliki kekurangan. Bagi para muslimah yang bekerja di luar ruangan, mungkin pashmina kurang cocok untuk melindungi rambut dari panas matahari secara efektif. Selain itu, pemakaian jilbab pashmina yang kurang baik juga dapat membuat pemakainya kehilangan kesan elegan dan santun.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jilbab pashmina :

Kelebihan Jilbab Pashmina :

1. Mudah dipakai dan praktis : Pemakaian jilbab pashmina termasuk praktis dan cepat dibandingkan dengan jenis jilbab lainnya.

2. Nyaman dan tidak panas : Bahan pashmina pada jilbab pashmina lembut dan jatuh sehingga sangat nyaman dipakai dan tidak membuat pemakai merasa panas.

3. Melindungi rambut dengan sempurna : Jilbab pashmina mampu melindungi rambut dengan sempurna dari sinar matahari.

4. Tampil elegan dan berkelas : Pashmina terlihat elegan dan memberikan kesan bergaya dan berkelas dalam pemakaiannya.

5. Beragam model dan variasi warna : Jilbab pashmina hadir dengan beragam model dan variasi warna yang dapat disesuaikan dengan selera pemakai.

BACA JUGA  Cara Mudah Memasang Stiker Kompor dengan Benar

6. Bisa digunakan untuk berbagai acara : Jilbab pashmina cocok digunakan untuk kegiatan formal maupun informal.

7. Mudah ditemukan dan tersedia di pasaran : Jilbab pashmina mudah ditemukan dan tersedia di pasar tradisional maupun toko online.

Kekurangan Jilbab Pashmina :

1. Kurang cocok untuk melindungi rambut dari panas matahari : Pashmina mungkin kurang cocok digunakan bagi pemakai yang bekerja di luar ruangan dan banyak terpapar oleh sinar matahari.

2. Mudah bergeser dan tidak kokoh pada kepala : Pemakaian jilbab pashmina yang kurang benar dapat membuat jilbab mudah bergeser dan tidak kokoh pada kepala pemakai.

3. Memiliki harga yang lebih mahal dibanding jenis jilbab lainnya : Harga jilbab pashmina yang terbuat dari bahan pilihan sekitar Rp. 50 ribuan dan ada juga yang lebih mahal.

4. Rawan kusut dan sulit dirawat : Bahan pashmina pada jilbab pashmina cenderung mudah rusak dan sulit dirawat. Ia mudah kusut dan sulit dibersihkan.

5. Memerlukan bantuan siapapun untuk memakainya : Terdapat beberapa cara yang sulit untuk mengenakan jilbab pashmina, sehingga memerlukan bantuan orang lain untuk memakainya.

6. Merusak tatanan rambut : Bagi pemakai yang kebingungan dalam memakainya, biasanya mencopot dan memakai ulang jilbab pashmina hingga beberapa kali, sehingga membuat rambut menjadi rusak dalam waktu yang cepat.

7. Perawatan dan penggunaan termasuk yang lebih sulit : Pashmina cenderung sulit dalam hal perawatan serta penggunaannya yang terbatas pada penampilan yang serupa saja.

Cara Pakai Jilbab Pashmina Langkah-Langkah
Cara Pakai Jilbab Pashmina Segi Empat
  1. Siapkan jilbab pashmina kesayanganmu dan letakkan di atas kepala dengan salah satu ujung menutupi dibawah leher.
  2. Tarik ujung yang menyatu hingga membelah menjadi dua diatas kepala. Pastikan ujung belahan tengah berada di atas kepala
  3. Kemudian ambil kedua belahan jilbab pashmina di atas kepala dan biarkan terbentuk lipatan dan biarkan lapisan dada terbentuk dengan rapi.
  4. Jepit lapisan tersebut dengan jarum pentul atau kerongsang.
  5. Tarik kedua ujung yang sudah terlipat ke belakang dan simpulkan/pasukkan ke sisi kepala dengan renggangannya tak boleh terlalu lebar.
  6. Pasangkan kerudung, atau menjepit sisi ujung jilbab yang masih terbuka diantara telinga dan dagu mu dengan menggunakan kerongsang.
  7. Sudah selesai dan tampil mempesona
Cara Pakai Jilbab Pashmina Keriting
  1. Siapkan bahan pashmina yang akan dijadikan keriting.
  2. Lilitkan pashmina di kepala hingga membentuk kerucut
  3. Satukan kedua ujung jilbab pashmina
  4. Setelah itu, balutkan kedua ujung ke arah sebaliknya, sehingga membentuk turban mini pada bagian kepala.
  5. Kemudian sisakan sedikit ujung jilbab pashmina dan lipat membentuk kerucut kecil untuk dijadikan sebagai hiasan pengikat jilbab pashmina.
  6. pasangkan kerudung pada leher atau kepala kamu dan jangan lupa berikan hiasan pengikat jilbab pashmina agar terkesan lebih cantik dan unik.
Cara Pakai Jilbab Pashmina Twist
  1. Siapkan pashmina dan masukkan ke dada dengan ujung terpentang ke kanan dan kiri.
  2. Kemudian tarik kedua sisi jilbab pashmina yang pendek ke belakang dan satukan, ikat dengan simpul sehingga membentuk ikatan simpul.
  3. Setelah itu, kaitkan pada belahan jilbab pashmina di atas kepala, sehingga membentuk lipatan pada ujung jilbab yang dimasukan ke belakang.
  4. Putar sisi jilbab yang masih pendek ke depan dan satukan di dagu dengan menyilangkannya.
  5. Jepit pada kedua sisi yang masih terbuka di dekat telinga.
  6. Sudah selesai dan tampil elegan
Cara Pakai Jilbab Pashmina Turkish Style
  1. Jangan lupa pakai dulu kerudung dan baju kemudian siapkan jilbab pashmina untuk dipakai.
  2. Lilitkan panduan jilbab pashmina di kepala.(lilin-gantung). Pastikan lipatan bagian belakang setinggi telinga.
  3. Buat dua lipatan pada panduan jilbab pashmina dan pastikan bagian belakang lebih pendek
  4. Tarik kedua ujung jilbab pashmina ke depan dan satukan, dengan cara merapatkan ujung jilbab di dagu.
  5. Setelah itu, lemparkan jilbab pashmina ke belakang bahu kiri mu, biarkan dalam keadaan menggantung.
  6. Ambil ujung kain yang di belakang dan balikkan ke jendela depan, kemudian kaitkan mengikut telinga kanan.
  7. Jangan lupa berikan scarf extra untuk menempel di bagian depan untuk memberi kesan lebih rapih dan keren.
  8. Sudah selesai dan tampil elegan dalam gaya turki.
BACA JUGA  Cara Aktifkan Dana Paylater: Mengatasi Kebutuhan Finansial Tanpa Ribet

13 Pertanyaan Umum Tentang Cara Pakai Jilbab Pashmina

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara pakai jilbab pashmina :

1. Ada Tipe Jilbab Pashmina Apa Saja?

Jawaban: Ada banyak tipe jilbab pashmina, seperti pashmina instan, pashmina instant variasi motif, pashmina instan merek tertentu, dan lain sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Apa Saja Gaya Rambut yang Cocok Untuk Dipadukan dengan Jilbab Pashmina?

Jawaban: Beberapa gaya rambut yang cocok dipadukan dengan jilbab pashmina adalah rambut lurus, curly, bob, atau pun pontytail.

3. Bagaimana Cara Memakai Jilbab Pashmina untuk Acara Resmi?

Jawaban: Untuk acara resmi, pilihlah jilbab pashmina instan dengan warna yang netral serta tidak terlalu banyak motifnya untuk memberikan kesan formal. Pastikan juga memakai kerudung insya-Allah atau menerima jasa hias kerudung untuk lebih menampakkan keindahannya.

4. Bagaimana Cara Merawat Jilbab Pashmina?

Jawaban: Jilbab pashmina perlu dirawat secara khusus, seperti dicuci dengan tangan, jangan menggunakan bahan pemutih, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.

5. Apakah Jilbab Pashmina Cocok Digunakan untuk Musim Panas?

Jawaban: Pada musim panas, jilbab pashmina masih memungkinkan digunakan, namun pilihlah pashmina dengan bahan yang lebih ringan dan corak warna yang cerah.

6. Apakah Jilbab Pashmina Cocok untuk Tipe Wajah Bulat?

Jawaban: Jika memiliki wajah bulat, sebaiknya pilih jilbab pashmina dengan warna cerah serta bentuk yang longgar agar wajah terlihat lebih oval dan proporsional.

7. Boikot Produk Apa Saja yang Mengandung Bahan Haram?

Jawaban: boikot produk yang mengandung bahan haram seperti, babi, minyak hewani, dan sebagainya. Jangan menggunakan masker jika tidak tahu kandungan bahan yang terkandung didalamnya. Ketahui bahan dan kandungan produk yang akan dibeli.

BACA JUGA  Cara Menghitung Pangkat

8. Cara Memakai Jilbab Pashmina Instan?

Jawaban: Cara memakai jilbab pashmina instan sangat mudah, cukup letakan di kepala, lalu tarik hingga rapi, simpan gagang pashmina di pesak celana atau pangkal lykra agar tampil rapih.

9. Bagaimana Cara Memadupadankan Jilbab Pashmina dengan Pakaian yang Cocok?

Jawaban: Anda dapat memadupadankan jilbab pashmina dengan jeans, celana kulot, maxi dress, kaftan, atau pun rok span kotak yang sedang trendi.

10. Cara Membuat Pashmina Menjadi Rapi?

Jawaban: Cara membuat pashmina menjadi rapi adalah dengan menyimpan gagang pashmina di celana atau pangkal lykra agar rapi dan mudah dipakai.

11. Bagaimana Cara Memakai Jilbab Pashmina dengan Keriting?

Jawaban: Cara memakai jilbab pashmina dengan keriting adalah melilit pashmina di kepala hingga membentuk kerucut, kemudian satukan kedua ujung pashmina dan balutkan ke arah sebaliknya hingga membentuk turban mini pada bagian kepala.

Saran Video Seputar : Cara Pakai Jilbab Pashmina: Tutorial Lengkap dan Berbagai Gaya

Leave a Comment