Bersedekah: Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Bersedekah sebagai Wujud Ketaatan kepada Tuhan ☝️

Salam, Sobat TeknoPil! Tak dapat dipungkiri bahwa kebaikan hati selalu menjadi sebuah keindahan tersendiri dalam hidup ini. Terkadang kita lalui kehidupan dengan segala pencapaian dan keberhasilan yang kita raih, hingga kita lupa akan kebaikan hati dan keikhlasan dalam beramal. Namun, tahukah Sobat TeknoPil, bahwa dengan bersedekah, kita bisa mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa?

Bersedekah memang bukanlah satu-satunya cara untuk melakukan ketaatan kepada Tuhan, namun bisa jadi merupakan salah satu cara paling mudah dan sederhana yang bisa kita lakukan. Bagaimana tidak, dengan bersedekah kita bisa menunjukkan rasa syukur atas karunia-Nya sekaligus membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan.

Tentunya bersedekah juga dapat menjadi media untuk menunjukkan rasa kemanusiaan kita terhadap sesama. Bahkan banyak diantara kita ada yang merasakan kebahagiaan yang tidak ternilai ketika bisa membantu sesama yang membutuhkan. Bagi kita yang beragama, melakukan bersedekah juga merupakan ujian keimanan bagi setiap individu.

Sebuah Tindakan Mulia dengan Banyak Kelebihan dan Manfaatnya 🙌

Bagi setiap individu yang melakukan bersedekah, akan merasakan banyak sekali manfaat seperti:

Kelebihan Kekurangan
Bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Terlalu mengandalkan kebaikan hati sendiri
Membantu orang yang membutuhkan Menerima kritik jika tindakan bersedekah dilakukan dengan rasa sombong
Menyehatkan jiwa Membuat orang yang di bantu malu
Mendapat keberkahan dari Tuhan Bersedekah tanpa persiapan yang matang dan tanpa tujuan yang jelas
Sebagai ladang penghasil pahala Menimbulkan ketergantungan dari pihak yang dibantu

Seiring banyaknya kelebihan yang akan kita dapatkan ketika berlaku dermawan, tentu ada pula beberapa kekurangannya yang harus kita hindari. Bersedekah harus dilakukan dengan niat yang tulus karena Allah dan kesadaran akan tanggung jawab atas amal kita, sehingga diri kita harus selalu berbenah dan introspeksi diri agar amal yang kita lakukan benar-benar murni dari segala kepentingan pribadi.

10 Mitos Bersedekah yang Sering Salah Kaprah Bijaknya 👍

Mungkin Sobat TeknoPil ada yang masih berpikiran salah tentang bersedekah, mari kita kupas tuntas mitos-mitos yang kerap terdengar dilingkungan kita:

#1. Sedekah Hanya Berlaku pada Bulan Ramadhan dan Menghambat Ekonomi

Hal itu tidak benar, bersedekah dapat dilakukan kapan saja dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa sedekah mampu memacu roda ekonomi, apalagi dalam keadaan pandemi seperti saat sekarang.

BACA JUGA  Cara Mengatur Jam di HP Vivo dengan Mudah

#2. Bersedekah Harus Melibatkan Uang yang Banyak

Tentu tidak, bersedekah tidak selalu berkaitan dengan uang yang banyak. Bersedekah juga bisa dengan senyum, nasehat, bantuan fisik atau yang lainnya yang bisa memudahkan dalam melakukan amal.

#3. Bersedekah Harus Diserahkan Secara Langsung Kepada Orang yang Membutuhkan

Namun, bersedekah tidak harus langsung diserahkan kepada orang yang membutuhkan. Ada banyak lembaga atau yayasan yang fokus pada penyaluran bantuan dan mereka lebih tahu bagaimana cara menyalurkan sedekah yang sudah terkumpul, sehingga lebih berdampak positif.

#4. Bersedekah Tidak Baik bagi Pemberiang, Lebih Baik Dibalas dengan Nasa Liris

Pemikiran seperti ini banyak kita temui, bersedekah sebenarnya jangan dipandang dari sudut pahala atau balasan karena kita tetap tidak akan mampu mengganti segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

#5. Bersedekah Hanya untuk Orang yang Kurang Mampu Secara Finansial

Seperti yang sudah dijabarkan tadi, bersedekah tidak hanya berupa uang. Jadi, bisa disampaikan kepada keluarga atau teman Anda saat mereka membutuhkan nasihat, penjelasan atau tindakan nyata dari kita sebagai ungkapan cinta.

#6. Sedekah Dianggap sebagai Barang Baru

Sebagian orang masih merasa bahwa bersedekah dianggap sebagai barang baru karena trend bersedekah baru-baru ini sedang digemari. Padahal, dalam Islam bersedekah sudah menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan umat Muslim.

#7. Sedekah Ditujukan Pada Orang atau Lembaga Tertentu

Sedekah pada kebanyakan orang dikaitkan dengan menolong orang-orang yang benar-benar membutuhkan, hal itu memang memberikan manfaat yang besar namun kita sebaiknya juga membantu orang atau sesuatu yang memerlukan bantuan meski itu di luar daerah kita.

#8. Bersedekah Hanya Dapat Dilakukan Oleh Orang Kaya

Hal ini perlu kita koreksi, tidak perlu menjadi orang kaya untuk melakukan sedekah. Bersedekah telah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim atau siapa saja yang ingin mendekatkan diri kepada Allah.

#9. Orangtua Sibuk Bekerja Tidak Dapat Menanamkan Kebiasaan Sedekah pada Anak

Sedekah merupakan tindakan yang mengajarkan keikhlasan, mengasihi, menghargai, dan rasa empati dalam diri anak-anak sehingga sepatutnya anak-anak diajarkan sedini mungkin pada prinsip dasar hidup ini yaitu sedekah.

#10. Bersedekah Hanya Membantu Satu Orang

Bersedekah tentunya akan berdampak positif, meskipun hanya satu orang yang menerima bantuan kita. Namun, dengan penyaluran bantuan melalui yayasan mata rantai bantuan kita akan membawa dampak yang lebih besar lagi, dan mampu membantu lebih dari satu orang.

BACA JUGA  Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Tantangan Masalah Pada Saat Melakukan Bersedekah 💪

Meskipun begitu, melakukan sedekah ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, beberapa tantangan yang mungkin akan kita hadapi pada saat beramal:

#1. Kebanyakan Merasa Tabu Saat Berdamai Dengan Orang yang Dibantu

Saat bersedekah banyak orang yang merasa tabu untuk berdamai dengan orang yang mereka bantu, padahal setiap orang yang kita bantu memiliki harga diri dan kebebasan yang sama seperti kita. Kita tidak perlu merendahkan orang yang kita bantu atau merendahkan diri sendiri karena itulah inti dari nilai kemanusiaan.

#2. Kehilangan Selera Bersedekah karena Tuntutan Material

Tuntutan material seperti yang kita ketahui memang bisa menjadi penyebab amal kita terganggu, dan mungkin saja kita akan lebih memilih kepentingan pribadi daripada membantu orang lain. Namun, kita harus tetap menjaga niat tulus untuk membantu sesama sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

#3. Bersedekah Hanya Sebatas Fisik dan Material

Meskipun membantu orang yang membutuhkan materi memang sudah cukup bahagia, namun kita sebaiknya tidak hanya fokus pada dunia materi saja. Ada orang yang butuh bantuannya dalam hal spiritual atau melalui bimbingan serta nasihat yang bisa membuat kondisi mereka menjadi lebih baik.

#4. Kehilangan Arif dan Amanah Saat Menyalurkan Sedekah

Kita memang harus mampu menyalurkan sedekah kita dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya. Namun, ada beberapa penyaluran yang kurang baik, bagi kita yang sudah berniat untuk membantu orang lain harus selalu amanah dan berprinsip dalam menggunakan amanah tersebut.

#5. Merasa Malu Atas Apresiasi Dari Orang Lain

Ketika kita menolong orang lain atau memberikan bantuan, beberapa orang masih merasa malu dan enggan disebut sebagai dermawan. Perlu diingat bahwa kita tidak harus merasa malu saat melakukan tindakan positif tersebut. Sebaliknya kita harus berprilaku jujur dan ikhlas.

Bersedekah sebagai Sarana dalam Mendekatkan Diri Kepada Allah 🌸

Bagi kita yang beragama Islam, bersedekah dianggap sebagai salah satu amalan yang mendekatkan diri kepada Allah dan memberikan banyak pahala. Selain itu, dengan bersedekah kita bisa menolong orang yang sedang kesusahan, merasakan kebahagiaan ketika bisa membantu sesama, dan menyehatkan hati kita. Dalam membantu sesama, kita harus selalu berupaya menanamkan rasa keikhlasan dan rasa kemanusiaan, agar segala amalan kita berkualitas dan bernilai positif.

BACA JUGA  Cara Mudah Program TV LG: Panduan Step by Step

5 Tips untuk Menciptakan Kebaikan Diri melalui Bersedekah 🌺

Sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan kualitas amal kita dalam beramal, sebaiknya kita memerhatikan beberapa tips untuk menciptakan kebaikan diri melalui tindakan bersedekah:

#1. Lakukan Bersedekah dengan Tulus dan Ikhlas

Sebelum kita melakukan tindakan bersedekah, pastikan diri kita sudah siap melakukan dengan tulus dan ikhlas. Sehingga amalan kita bisa lebih bermanfaat bagi kita dan orang lain.

#2. Menemukan Cara yang Tepat Dalam Melakukan Bersedekah

Ketika kita menyadari bahwa ingin melakukan bersedekah, maka kita harus memilih cara yang sesuai agar bantuan yang kita berikan bisa menjadi lebih efektif. Misalnya dengan menemukan yayasan atau tempat yang menyalurkan bantuan tersebut.

#3. Memperhatikan Kondisi Penerima Bantuan

Ketika kita membantu orang lain, kita harus memperhatikan kondisi penerima bantuan sehingga tindakan kita bisa benar-benar bermanfaat bagi penerima, bukan hanya sekedar pencitraan atau tindakan yang sia-sia.

#4. Menjaga Kerahasiaan Ketika Berbuat Kebaikan

Tindakan kitalah yang menentukan mutu dan nilai kebaikan kita, bukan orang lain. Oleh karna itu, menjaga kerahasiaan ketika berbuat kebaikan itu penting

#5. Bertutur Kata yang Baik Dan Sopan Kepada Penerima Bantuan

Menunjukkan sikap yang penuh dengan simpati pada saat memberikan bantuan, terutama menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, hal ini akan menjadi penghormatan bagi si penerima bantuan

Kesimpulan: Mengenali Makna Besar dalam Bersedekah 🌻

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran positif mengenai arti bersedekah serta keuntungan dan kelebihannya. Semua yang dibahas dari rasa syukur, kemanusiaan, keberkahan sampai dengan tindakan nyatanya bisa semuanya tergabung dalam amalan sedekah. Orang-orang di sekitar kita seperti tetangga, kerabat, atau keluarga mungkin bisa menjadi sasaran bersedekah yang lebih mudah dan langsung. Dari sebuah tindakan sederhana kita bisa meraup berbagai manfaat, baik di sisi spiritual, psikologi, sosial, dan sebagainya. Sebagai tindakan ketaatan kepada Allah, bersedekah memang akan memberikan satu energi positif terhadap perbuatan baik kita pada orang lain dan menyempurnakan apa yang sudah dijanjikan Tuhan dalam kehidupan kita.

Disclaimers 📢

Ini hanya sebuah artikel yang tidak bisa dijadikan rujukan utama. Oleh karna itu, selalu melakukan cross-checking mengenai informasi yang didapat dari sumber lain yang lebih dapat dipercaya.

Saran Video Seputar : Bersedekah: Salah Satu Cara Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Leave a Comment