Cara Menghitung Umur di Excel

Pendahuluan

Salam, Sobat TeknoPil! Apakah kamu ingin tahu cara menghitung umur di Excel dengan mudah dan cepat? Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer untuk membuat tabel, grafik, dan rumus matematika. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menghitung umur di Excel dengan tepat. Pada artikel ini, kita akan membahasnya secara detail dan menyediakan tabel serta contoh yang dapat kamu gunakan. Simak terus artikel ini ya, Sobat TeknoPil!

Menghitung umur seseorang pada saat ini, berdasarkan tanggal lahir, memang tidaklah sulit. Namun, bagaimana jika ingin menghitung umur seseorang pada masa lalu atau masa depan? Hal itu membutuhkan sedikit rumus matematika dan fitur tersembunyi di Excel. nantinya, Sobat TeknoPil akan mempelajari cara menghitung umur di Excel dengan mudah dan cepat. Sebelum itu kita akan membahas kelebihan dan kekurangan cara menghitung umur di Excel. Yuk, Simak penjelasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Menghitung Umur di Excel

Kelebihan Menghitung Umur di Excel

1.

Penggunaan Excel untuk menghitung umur sangat mudah dan cepat

😃

Dengan menggunakan fungsi atau rumus di Excel, kamu akan mudah menghitung umur seseorang dengan cepat. Bahkan, ketika kamu ingin menghitung umur sebanyak 1000 orang, Excel akan dengan mudah dan cepat melakukannya. Sehingga, kamu akan menghemat waktu dalam melakukan penghitungan.

2.

Dapat Menghitung umur pada masa lalu dan masa depan

😃

Dengan Excel, kamu dapat menghitung umur pada masa lalu dan masa depan. Hal itu terjadi karena Excel memiliki fitur date dan time. Bagi orang yang bekerja pada proses penghitungan tenagakerja atau data historis, cara ini dapat mempermudah pekerjaan.

3.

Cocok digunakan di semua jenis perusahaan

😃

Excel adalah aplikasi pengolah data yang sangat populer, dan kebanyakan perusahaan di seluruh dunia menggunakannya. Oleh karena itu, penggunaan Excel untuk menghitung umur dapat cocok untuk semua jenis perusahaan. Selain mudah, kamu juga dapat membagikan file Excel tersebut dengan rekan kerja atau atasan, sehingga memudahkan pekerjaan team.

BACA JUGA  Cara Membuat Struktur Organisasi di Excel

Kekurangan Menghitung Umur di Excel

4.

Membutuhkan pengetahuan dasar tentang Excel

😔

Meskipun penggunaan Excel untuk menghitung umur sederhana, kamu tetap membutuhkan pengetahuan dasar tentang Excel. Bagi orang yang tidak begitu paham tentang Excel, mungkin cara ini terlihat sulit.

5.

Perlu Melakukan Pengeditan Setelah Penghitungan

😔

Salah satu kekurangan dari cara menghitung umur di Excel yaitu kamu harus memperhatikan format data dalam Excel, Seperti Contoh memastikan dalam format string atau format tanggal yang benar, serta data hasil penghitungannya lintas tahun atau bulan harus di perlakukan dengan tepat, sebab kadang belum sesuai dengan format yang diinginkan.

6.

Rawan eror

😔

Cara menghitung umur di Excel rentan terkena eror. kesalahan yang paling sering terjadi adalah penggunaan formula atau rumus yang salah dalam data, kemudian pada saat preview akan mengalami kesulitan dalam menemukan kesalahan tersebut.

7.

Fitur Terbatas

😔

Excel memiliki fitur yang terbatas sehingga tidak dapat melakukan penghitungan umur secara maksimal. Bagi tenaga ahli di bidang analisis data mungkin ini merupakan kendala yang cukup. Karena ketepatan atau akurasi hasil analisis dapat mempengaruhi kualitas atau kebenaran data yang dihasilkan.

Cara Menghitung Umur di Excel

Berikut adalah cara menghitung umur di Excel yang Mudah dan Instan:

Fungsi atau Rumus Keterangan
=DATEDIF(DOB,TODAY(),”y”) Untuk mengetahui umur dalam tahun
=DATEDIF(DOB,TODAY(),”m”) Untuk mengetahui umur dalam bulan

Simak Penjelasan Detail Cara Menghitung Umur di Excel

1. Tentukan Tanggal Lahir

Tentukan tanggal lahir orang yang ingin kamu hitung umurnya pada Excel. Pastikan format tanggal sudah benar untuk memudahkan proses penghitungan. Misal, “03-11-1992”.

2. Gunakan Rumus atau Fungsi

Selanjutnya, kamu akan menggunakan rumus yang sudah disediakan dalam Excel. Kamu hanya perlu memasukan rumus tersebut sesuai dengan data tanggal lahir yang kamu miliki.

BACA JUGA 

cara menambahkan background di html

Sebelumnya Kamu Harus Mengerti Fungsi-fungsi Dalam Menghitung Umur di excel yakni:

=TODAY() Berfungsi mengambil tanggal hari dimana kamu menggunakan fungsi tersebut.

=YEAR(date) berfungsi mengambil Tahun sebuah tanggal

=MONTH(date) berfungsi mengambil bulan sebuah tanggal

=DAY(date) berfungsi mengambil tanggal sebuah tanggal.

=DATEDIF(start_date,end_date,unit) dengan fungsi ini akan menghitung perbedaan tanggal antara dua nilai tertentu sesuai dengan satuan yang diminta. Tiga parameternya yaitu: start_date, tanggal pertama atau awal, end_date, tanggal terakhir atau akhir, unit satuan yang digunakan dalam membandingkan tanggal dan waktu.

3. Masukan Rumus Pada Excel

Langkah selanjutnya yaitu memasukan rumus atau fungsi tersebut pada sheet Excel. Masukkan rumus tersebut pada kolom yang ingin kamu hitung umurnya, seperti pada gambar di bawah ini:

Kolom A Kolom B
Nama Tanggal Lahir
Denny 03/11/1992
Ricky 17/09/1995
Arya 24/07/1990
Levi 12/08/1993
Udis 15/03/1988
=DATEDIF(B3,TODAY(),”y”)
=DATEDIF(B4,TODAY(),”y”)
=DATEDIF(B5,TODAY(),”y”)
=DATEDIF(B6,TODAY(),”y”)
=DATEDIF(B7,TODAY(),”y”)

Setelah kamu memasukan rumus tersebut, maka hasil umur orang tersebut secara otomatis akan muncul pada kolom sebelah kanan.

4. Cek Hasil Penghitungan Umur

Terakhir, cek hasil penghitungan umur yang kamu buat. Pastikan bahwa hasil tersebut sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan, pastikan bahwa rumus yang kamu gunakan sudah benar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah rumus penghitungan umur di Excel sulit dipahami untuk pemula?

Tidak, penggunaan rumus untuk menghitung umur di Excel cukup mudah bahkan untuk pemula yang baru mengenal Excel.

2. Apakah Excel dapat menghitung umur dari masa lalu dan masa depan?

Ya, Excel dapat menghitung umur dari masa lalu dan masa depan.

3. Apakah penghitungan umur di Excel terkena pengaruh format tanggal yang digunakan?

Iya, Format tanggal yang digunakan akan mempengaruhi hasil penghitungan umur di Excel. Pastikan bahwa format tanggal yang digunakan sudah benar dan konsisten.

BACA JUGA  Cara Mudah Membagi Angka di Microsoft Excel

4. Apakah penghitungan umur menggunakan Excel dapat digunakan di semua jenis perusahaan?

Ya, penggunaan Excel untuk menghitung umur dapat digunakan di semua jenis perusahaan.

5. Apa kelebihan penggunaan Excel untuk menghitung umur?

Terdapat beberapa kelebihan, di antaranya mudah dan cepat digunakan, dapat menghitung umur pada masa lalu dan masa depan, serta dapat cocok digunakan di semua jenis perusahaan.

6. Apa kekurangan penggunaan Excel untuk menghitung umur?

Terdapat beberapa kekurangan, di antaranya penggunaan yang membutuhkan pengetahuan dasar tentang Excel, rawan terkena eror, dan fitur terbatas.

7. Apa saja rumus atau fungsi yang perlu digunakan untuk menghitung umur di Excel?

Rumus atau fungsi yang perlu digunakan di antaranya DATEDIF, TODAY, DATE, MONTH, YEAR, dan DAY.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, seharusnya kamu sudah tahu cara menghitung umur di Excel dengan mudah dan cepat. Penggunaan Excel untuk menghitung umur memang menjadi pilihan yang baik, karena cukup mudah dan cepat. Namun, kamu juga harus memperhatikan, terdapat beberapa kendala dalam menggunakan cara ini. Maka, kamu harus pintar dalam menggunakannya sesuai dengan kebutuhan pekerjaanmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat TeknoPil!

Untuk penggunaan yang lebih baik, perlu melalukan penyeleseian masalah selama mengerjakan pekerjaan menggunakan excel lebih dari sekedar menghitung umur. cari informasi tentang tips dan trik penggunaan Excel agar lebih berfokus dalam pekerjaan dan kualitas kerja lebih dihargai. Jangan lupa berlatih terus agar semakin mahir dalam penggunaannya.

Demikian artikel tentang cara menghitung umur di Excel ini telah dibahas secara tuntas. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar tentang pengalaman kamu dalam menghitung umur di Excel atau pertanyaan tentang artikel ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi, Sobat TeknoPil!

Saran Video Seputar : Cara Menghitung Umur di Excel

Leave a Comment