Cara Mengirim Pesan Langsung di Instagram (IG)

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Apakah kamu ingin menjadi seorang social media manager handal dan efektif? Salah satu platform media sosial yang cukup populer adalah Instagram. Dalam artikel ini, aku akan membahas tentang cara PM di IG yang bisa membantumu menjadi lebih efektif dalam mengelola akun Instagram. PM atau private message adalah cara terbaik untuk berinteraksi secara pribadi dengan followers kamu. Dengan adanya cara PM di IG yang baik, kamu bisa memberikan layanan yang lebih baik dan menjaga hubungan baik dengan followers kamu. Yuk, simak langkah-langkahnya agar kamu bisa menjadi social media manager yang terbaik!

Langkah-Langkah

1. Buka Aplikasi Instagram

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di smartphone atau tablet kamu. Pastikan kamu sudah masuk ke dalam akun Instagram kamu sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Klik Ikon Pesan

Cara PM di IG berikutnya adalah dengan menekan ikon pesan yang ada di pojok kanan atas pada layar utama Instagram. Setelah kamu menekan ikon tersebut, kamu akan diarahkan ke layar pesan, di mana kamu bisa melihat semua pesan-pesan yang kamu terima dari followers kamu.

3. Pilih Followers yang Ingin Kamu Chat

Pilih followers atau pengguna Instagram yang ingin kamu chat secara pribadi. Kamu bisa memilih lebih dari satu akun dan mengirimkan pesan secara serentak. Dalam hal ini, pastikan kamu memilih akun yang memang ingin kamu chat agar tidak terjadi kesalahan dalam mengirimkan pesan.

4. Ketik dan Kirim Pesan

Setelah kamu memilih akun-akun yang ingin kamu chat, ketikkan dan kirimkan pesanmu. Pastikan pesan yang kamu kirimkan memiliki tujuan yang jelas dan mudah dipahami. Kamu juga bisa menambahkan emoji atau gambar sebagai pelengkap pesanmu.

Penjelasan

Cara PM di IG ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara pribadi dengan followers kamu. Dalam hal ini, kamu bisa memberikan layanan yang lebih baik dan menjaga hubungan baik dengan followers kamu. PM ini juga sangat berguna untuk memberikan jawaban atas pertanyaan atau keluhan followers kamu. Sehingga, mereka merasa dihargai dan memiliki hubungan yang lebih personal dengan akun Instagram kamu. Oleh karena itu, sebagai social media manager yang handal, kamu harus bisa memberikan layanan yang lebih baik melalui cara PM di IG.

BACA JUGA  Cara Menambahkan File ke Google Drive

Tips dan Trik

1. Jawab Pesan dengan Cepat

Berikan respon yang cepat ketika follower kamu mengirimkan pesan. Hal ini mencerminkan professionalismmu dan menunjukkan bahwa kamu memperhatikan setiap follower kamu.

2. Jangan Memaksa Followers Kamu

Jangan memaksa followers kamu untuk memfollow akun kamu kembali atau membeli produk. Hal ini bisa membuat followers kamu merasa terganggu dan berdampak buruk pada hubungan kamu dengan followers kamu.

3. Berikan Tanggapan yang Positif

Selalu berikan tanggapan positif pada followers kamu, meskipun ada pertanyaan atau keluhan yang muncul. Hal ini akan mencerminkan professionalism dan memberikan kesan yang baik pada followers kamu.

4. Gunakan Bahasa yang Professional

Gunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam setiap pesan yang kamu kirimkan. Hindari bahasa yang kasar atau slang untuk menjaga reputasi akun Instagram kamu.

5. Tetapkan Waktu PM yang Tepat

Tetapkan waktu yang tepat untuk melakukan cara PM di IG. Pastikan kamu tidak mengganggu waktu sibuk followers kamu seperti saat mereka bekerja, belajar atau sedang bersantai. Kamu bisa melakukan cara PM di IG pada waktu yang tepat sehingga followers kamu merasa terlayani dengan baik.

Cara PM di IG: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

Jika Anda ingin menghubungi orang secara pribadi di Instagram untuk berbagai tujuan seperti bisnis, promosi, atau sekadar menanyakan sesuatu, fitur PM (Private Message) di Instagram bisa sangat membantu. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • Anda dapat menghubungi seseorang dengan mudah dan cepat tanpa harus menunggu atau membalas komentar di postingan mereka.
  • Anda bisa mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar, video atau pesan suara.
  • Anda bisa mengobrol dengan beberapa orang sekaligus dalam satu obrolan grup.

Kekurangan

Namun, fitur PM di Instagram bukan tanpa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa yang perlu diperhatikan:

  • Anda tidak bisa mengirim pesan atau menghubungi orang yang tidak mengikuti akun Anda dan sebaliknya.
  • Anda tidak bisa mengirimkan pesan dalam bentuk file tertentu seperti dokumen Word atau Excel.
  • Anda mungkin kadang-kadang terkena spam atau pesan yang tidak diinginkan dari akun yang tidak Anda kenal.
BACA JUGA  Cara Mudah Mengaktifkan Kembali Paket Smartfren yang Telah Dinonaktifkan

Untuk menghindari spam, Anda dapat mengatur pesan sehingga hanya orang-orang yang berada dalam daftar teman Anda atau mengikuti akun Anda yang bisa mengirimkan pesan. Selain itu, Anda juga dapat memblokir akun spam yang mengirim pesan tidak relevan atau tidak diinginkan ke PM Anda.

Jadi, PM di Instagram memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, jika digunakan dengan benar, fitur ini bisa sangat berguna dalam menghubungi orang langsung dan membangun koneksi yang lebih erat dengan pengikut Anda.

FAQ

1. Apa itu PM di IG?

PM atau pesan langsung di Instagram, adalah fungsi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna lain di Instagram.

2. Bagaimana cara mengirim PM di IG?

Untuk mengirim PM di IG, klik ikon pesan pada bagian kanan bawah layar. Kemudian klik tulisan “pesan baru” yang berada pada bagian pojok kanan atas layar. Pilih pengguna yang ingin kamu kirim PM dan ketik pesanmu.

3. Bisa tidak mengirim PM ke pengguna yang belum diikuti?

Tidak bisa. Hanya pengguna yang saling mengikuti atau follower saja yang bisa mengirimkan pesan pribadi.

4. Apa bedanya antara DM dan PM di IG?

Tidak ada bedanya. DM (Direct Message) dan PM (Private Message) adalah istilah yang sama dan merujuk pada fungsi terkait pesan pribadi di Instagram.

5. Bagaimana cara mengirim pesan ke beberapa pengguna sekaligus?

Instagram tidak memiliki opsi untuk mengirim pesan ke beberapa pengguna sekaligus. Namun, kamu bisa membuat grup percakapan dan mengirim pesan ke semua anggota grup dalam satu kali pengiriman.

6. Apa maksimal panjang karakter pesan PM di IG?

Instagram membatasi panjang karakter pesan PM hingga 1.000 karakter.

7. Bagaimana cara mencari PM yang sudah terkirim?

Caranya cukup mudah, klik ikon pesan pada bagian kanan bawah layar. Kemudian, gulir ke pesan yang ingin kamu cari dan ketuk untuk membukanya.

8. Apakah pesan PM bisa dihapus?

Ya, kamu bisa menghapus pesan PM yang sudah terkirim. Tekan dan tahan pesan yang ingin kamu hapus, dan kemudian pilih “hapus”.

9. Bagaimana cara memblokir pengguna yang mengirim pesan tidak diinginkan?

Untuk memblokir pengguna, kunjungi profil pengguna dan ketuk ikon titik tiga di bagian kanan atas. Kemudian, pilih “blokir”.

BACA JUGA  Cara Menyalakan AC Daikin yang Mudah dan Praktis

10. Apa yang harus saya lakukan jika tidak bisa mengirim pesan PM?

Jika kamu tidak dapat mengirim pesan pribadi, pastikan bahwa pengguna yang ingin kamu kirim pesan kepadanya sudah diikuti. Jika masih belum bisa, coba keluar dan masuk kembali ke akun Instagrammu atau coba memperbarui aplikasimu.

Kesimpulan

Dalam menggunakan Instagram, seringkali kita ingin berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau bahkan dengan akun bisnis. Salah satu cara untuk berkomunikasi secara pribadi adalah dengan mengirimkan pesan atau PM (Private Message). Cara pm di IG cukup mudah dilakukan dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang sederhana.

Pertama, buka aplikasi Instagram dan pergi ke profil pengguna yang ingin Anda kirimkan pesan. Kemudian, ketuk tombol “Pesan” yang terletak di sebelah nama pengguna. Ini akan membuka jendela baru dan memperlihatkan semua pesan yang pernah Anda kirimkan melaluiInstagram Direct. Anda bisa pilih apakah ingin mengirim pesan baru atau membalas pesan yang ada.

Kedua, ketikkan pesan yang ingin Anda kirimkan di kolom teks yang tersedia. Setelah itu, klik tombol “Kirim” di sudut kanan bawah layar. Jika Anda ingin mengirimkan pesan ke beberapa pengguna sekaligus, Anda bisa membuat grup dan menambahkan pengguna lainnya ke dalamnya.

Terakhir, tunggulah hingga penerima pesan membalas pesan Anda. Jika ada notifikasi yang masuk, Anda akan melihat kotak pesan berwarna ungu dengan notifikasi jumlah pesan yang belum dibaca. Dengan mengikuti beberapa langkah ini, anda melihat cara pm di IG semudah mengirim pesan teks di aplikasi lainnya.

Penutup

Dalam kesimpulannya, PM di Instagram memungkinkan teman, keluarga, atau bahkan bisnis dapat berkomunikasi secara pribadi. Cara pm di IG cukup mudah dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Menggunakan Instagram Direct dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk berkomunikasi secara terpisah dengan pengikut Anda dan tetap menjaga privasi. Semoga panduan ini dapat membantu teman-teman menggunakan fitur PM di Instagram dengan mudah dan aman.

Sekian panduan dari saya. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mengirim Pesan Langsung di Instagram (IG)

Leave a Comment