Cara Screenshot BB Z10 dengan Mudah dan Tepat

Halo sobat TeknoPil!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “cara screenshot bb z10”. Screenshot atau tangkapan layar pada BlackBerry Z10 memang cukup diperlukan untuk berbagai keperluan, seperti memperlihatkan error atau bug pada aplikasi, memperlihatkan informasi untuk memecahkan masalah, atau bahkan mengambil moment penting di layar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan screenshot pada BlackBerry Z10:

Langkah-Langkah

1. Tekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan

Langkah pertama untuk mengambil screenshot pada BlackBerry Z10 adalah dengan menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan. Tombol volume atas terletak di sisi kanan ponsel, sedangkan tombol volume bawah terletak di sisi kiri.

2. Tekan tombol power atau lock

Setelah menekan tombol volume atas dan volume bawah, langkah selanjutnya adalah menekan tombol power atau lock pada sisi atas ponsel.

3. Tahan tombol selama beberapa detik hingga layar berkedip

Setelah menekan tombol power atau lock, tahan tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar berkedip. Ini menandakan bahwa screenshot sudah berhasil diambil.

4. Cek screenshot pada galeri

Setelah berhasil mengambil screenshot, langkah terakhir adalah mengecek hasil tangkapan layar pada galeri ponsel. Caranya hanya dengan membuka aplikasi galeri dan mencari folder ‘Screenshots’. Screenshot yang telah diambil tadi akan tersimpan di folder tersebut.

Penjelasan

Tidak ada alasan khusus mengapa BlackBerry Z10 menggunakan kombinasi tombol volume atas dan volume bawah untuk mengambil screenshot. Namun, kombinasi tombol tersebut memang telah menjadi standar dalam dunia smartphone untuk mengambil screenshot.

Jangan khawatir jika Anda tidak berhasil mengambil screenshot pada BlackBerry Z10. Pastikan Anda menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan, dan juga menekan tombol power atau lock. Jika Anda masih belum berhasil, coba ulangi langkah-langkah di atas secara perlahan.

Tips dan Trik

1. Gunakan tombol yang tepat

Pastikan Anda menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan, dan juga menekan tombol power atau lock pada sisi atas ponsel. Ini penting agar screenshot dapat diambil dengan sukses.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Sinyal Mifi Andromax M3z yang Tidak Muncul

2. Simpan screenshot ke cloud

Selain menyimpan screenshot di ponsel, Anda juga bisa menyimpan screenshot ke cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Ini akan memudahkan Anda jika suatu saat membutuhkan screenshot tersebut di perangkat lain.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika Anda merasa kesulitan dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada BlackBerry Z10. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Capture It dan Screen Muncher.

4. Edit screenshot

Jika Anda ingin mengedit screenshot sebelum membagikannya, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop atau Snapseed. Ini akan memudahkan Anda untuk memberi highlight pada bagian-bagian tertentu pada screenshot.

5. Gunakan fitur editing screenshot bawaan

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, BlackBerry Z10 juga sudah dilengkapi dengan fitur editing screenshot bawaan. Caranya hanya dengan membuka screenshot pada galeri dan menekan tombol edit. Anda bisa memotong, memberi highlight, atau menambahkan tulisan pada screenshot tersebut.

Itulah tadi cara screenshot bb z10 dan beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang cara mengambil screenshot pada BlackBerry Z10.

Cara Screenshot BB Z10:

Kelebihan:

Salah satu kelebihan dari BB Z10 adalah kemampuan untuk melakukan screenshot dengan mudah. Dibandingkan dengan smartphone lainnya, BB Z10 memiliki fitur screenshot yang sangat mudah diakses dan digunakan.

Cara untuk melakukan screenshot pada BB Z10 sangat sederhana, cukup dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik maka screenshot akan langsung dibuat dan tersimpan pada galeri foto.

Screenshot ini sangat berguna untuk berbagai kepentingan, mulai dari troubleshooting ketika ada masalah pada tampilan layar hingga untuk berbagi informasi dengan teman atau kolega melalui chat atau email.

Kekurangan:

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu anda perhatikan terkait cara screenshot BB Z10. Salah satunya adalah caption yang kurang lengkap. Ketika anda melakukan screenshot pada BB Z10, caption yang muncul hanya berupa tanggal dan waktu saja, tidak ada informasi tambahan atau nama file yang jelas.

BACA JUGA  Cara Flash Oppo A3s dengan Mudah dan Cepat

Hal ini bisa menjadi kurang efektif jika anda hendak menggunakan screenshot untuk berbagai kepentingan, termasuk dalam dunia bisnis atau akademik di mana informasi terkait jam, tanggal atau konteks informasi lainnya bisa menjadi sangat penting.

Meski demikian, kekurangan ini bisa ditangani dengan mengedit screenshot pada aplikasi penyunting foto yang tersedia pada BB Z10 atau dengan menggabungkan informasi caption secara manual.

Kelebihan Kekurangan
Fitur screenshot sangat mudah diakses dan digunakan pada BB Z10 Caption yang muncul hanya berupa tanggal dan waktu saja
Sangat berguna untuk berbagai kepentingan, termasuk troubleshooting dan berbagi informasi dengan teman atau kolega melalui chat atau email Caption yang kurang lengkap bisa menjadi kurang efektif untuk kepentingan bisnis atau akademik

FAQ

1. Bagaimana cara mengambil screenshot di BlackBerry Z10?

Untuk mengambil screenshot di BlackBerry Z10, Anda perlu menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan. Setelah Anda menekan tombol itu, tangkapan layar langsung disimpan di folder “Kamera” di galeri foto Anda.

2. Bisakah saya mengambil screenshot pada layar yang sedang terkunci?

Tentu saja bisa! Anda hanya perlu menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan pada layar kunci.

3. Bagaimana cara mengedit tangkapan layar yang baru saja saya ambil?

Anda bisa memperbesar atau memperkecil tangkapan layar yang Anda ambil dengan cara menggeser jari Anda ke arah kiri atau kanan pada layar tangkapan. Ada juga opsi lain seperti memotong tangkapan layar sesuai keinginan, melakukan editing gambar, dan lainnya.

4. Apakah saya bisa mengambil screenshot pada game yang sedang dimainkan?

Ya, bisa. Anda bisa langsung menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan ketika game sedang berlangsung.

5. Apa kegunaan tangkapan layar?

Tangkapan layar bisa berguna untuk berbagai hal, seperti mengabadikan momen penting dengan cepat dan mudah, melakukan capture data dalam game, dan lainnya.

6. Bisakah saya mengambil screenshot seluruh halaman web yang saya buka?

Tidak bisa. Secara default, screenshot hanya menangkap layar yang sedang terlihat pada saat itu.

BACA JUGA  Cara Cek Nomor XL Axiata

7. Bagaimana jika saya ingin mengganti folder penyimpanan tangkapan layar?

Anda bisa mengedit pengaturan tetap dari folder “Kamera” secara manual, atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di BlackBerry World.

8. Apakah pengaturan yang berbeda dibutuhkan untuk mengambil tangkapan layar pada BlackBerry 10 OS lainnya?

Tidak, pengaturan akan sama dengan BlackBerry Z10 pada sistem operasi yang sama.

9. Bisakah saya langsung membagikan tangkapan layar ke media sosial?

Tentu saja bisa. Setelah menangkap tangkapan layar, Anda akan diberikan beberapa opsi seperti mengedit gambar dan membagikannya ke media sosial langsung.

10. Apa yang harus saya lakukan jika tombol volume pada BlackBerry Z10 tidak berfungsi?

Jika tombol volume Anda mengalami masalah, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti tangkapan layar yang telah diaktifkan.

Cara Screenshot BB Z10

Apakah Anda memakai BlackBerry Z10 dan ingin mengetahui cara untuk screenshots? Jangan khawatir, ini sangat mudah dilakukan.

Pertama-tama, cari dan pilih tampilan yang ingin Anda screenshoot. Pastikan bahwa tampilan sudah tertata dan siap diambil gambar. Kemudian, tekan tombol volume ke atas dan volume ke bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan melihat layar berkedip, dan suara shuttersound menandakan bahwa tangkapan sudah berhasil.

Selanjutnya, periksa folder screenshot di galeri. Anda juga bisa memilih simpan screenshot ke cloud atau membagikannya ke media sosial.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengaktifkan fitur screenshot pada menu pengaturan untuk mengaktifkan tombol pintas atau memberikan akses cepat ke tampilan.

Kesimpulan dan Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui cara screenshot pada BlackBerry Z10. Ini akan sangat membantu Anda dalam keperluan presentasi, tutorial, atau hanya untuk menyimpan momen yang berharga. Jangan lupa untuk mencoba dan mempraktikkannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Sampai jumpa di artikel how-to selanjutnya.

Saran Video Seputar : Cara Screenshot BB Z10 dengan Mudah dan Tepat

Leave a Comment