Cara Mudah Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Aplikasi

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil, apakah kamu pernah merasa sangat suka mendengarkan sebuah lagu dalam sebuah film atau video, tetapi tidak tahu judulnya? Well, kamu tidak sendirian! Di artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips tentang cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi! Yuk, simak bersama-sama!

Langkah-langkah

1. Dengarkan Lagu dengan Teliti
Langkah pertama untuk mengetahui judul lagu dari video adalah dengan mendengarkan lagu dengan teliti. Cobalah mendengarkan lirik yang diucapkan atau melodi yang dimainkan. Jika kamu beruntung, kamu mungkin bisa menemukan beberapa tips di bagian awal atau akhir video tentang lagu tersebut.

2. Gunakan Software Music Recognition
Terdapat beberapa software music recognition yang bisa membantu kamu mengetahui judul lagu dari video yang kamu tonton. Beberapa software yang populer misalnya Shazam, SoundHound, dan Midomi. Kamu hanya perlu menjalankan aplikasi, merekam lagu, dan beberapa detik kemudian aplikasi tersebut akan memberikan hasil yang akurat.

3. Cari Lirik Lagu di Google
Jika kamu ingat beberapa lirik dari lagu tersebut, kamu dapat mencari di Google! Cukup ketik kalimat yang kamu ingat dan tambahkan kata “lagu” atau “lyric”. Google akan memperlihatkan hasil pencarian dari beberapa situs yang menyediakan informasi tentang lagu tersebut.

4. Tanya Teman
Jika kamu tidak bisa menemukan judul lagu dengan bantuan tips di atas, kamu selalu dapat bertanya dengan temanmu! Kamu dapat memutar bagian dari video yang kamu tonton pada temanmu, dengan harapan dia mungkin tahu tentang lagu tersebut.

Penjelasan

Alasan mengapa saya merekomendasikan tips-tips di atas adalah bahwa tidak semua orang mempunyai aplikasi musik recognition di smartphone mereka. Selain itu, menggunakan Google atau bertanya dengan teman merupakan cara yang lebih mudah dan murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan software music recognition.

Dalam hal mendengarkan lagu dengan teliti, ingatlah bahwa terkadang lagu-lagu dalam video di potong atau di edit. Jadi, jika kamu tidak dapat menemukan lirik atau melodi yang jelas, kamu bisa menggunakan tips lainnya.

Tips dan Trik

1. Catat Beberapa Bagian Lirik
Jika kamu hanya mengingat beberapa lirik, cobalah untuk menuliskannya di kertas atau memo di smartphonemu. Hal ini akan mempermudah kamu mencari informasi tentang lagu tersebut di Google.

BACA JUGA  Cara Memprogram TV Polytron dengan Remot: Panduan Lengkap dan Mudah

2. Gunakan Fitur Suara pada Google
Kamu tidak perlu mengetik pada kotak pencarian Google. Kamu dapat menggunakan microphone di smartphonemu untuk merekam beberapa detik lagu tersebut dan kemudian melakukan pencarian.

3. Gunakan Hashtag di Media Sosial
Mungkin saja ada orang yang juga menyukai lagu yang sedang kamu cari. Cobalah untuk membagikan bagian dari video tersebut di media sosialmu dengan menambahkan hashtag yang relevan untuk lagu tersebut.

4. Gunakan Aplikasi yang Kompatibel dengan Video
Terdapat beberapa aplikasi seperti VLC Player dan MX Player yang memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi mengenai musik dari video yang kamu tonton.

5. Pelajari Alat Musik
Jika kamu benar-benar menyukai sebuah melodi atau riff di lagu tersebut, cobalah untuk mempelajari beberapa akord atau lick gitarmu. Hal ini bisa membantumu mendapatkan efek yang sama seperti kamu mendengarkan lagu tersebut!

Kesimpulan

Itulah beberapa tips untuk mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi. Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki software music recognition. Bahkan, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat dengan menggunakan tips-tips di atas. Cobalah dan semoga sukses dalam menemukan judul lagu yang kamu cari!

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Aplikasi: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Selain bisa mendengarkan musik secara gratis, menggunakan cara ini juga bisa membantu kamu mengetahui judul lagu dari video yang sedang kamu tonton. Cara ini mudah digunakan karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan dan memakan memori pada perangkatmu.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan search engine seperti Google. Kamu hanya perlu memasukkan frasa lirik yang kamu kenal dari lagu tersebut ke dalam mesin pencari dan kemudian mencari hasil pencarian yang sesuai. Metode ini cukup efektif dan tidak sulit dilakukan.

Kekurangan

Kelemahan dari menggunakan search engine sebagai cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi adalah hasil pencarian yang tidak selalu akurat. Beberapa lagu mungkin sulit ditemukan karena alasan hak cipta atau sulit dipahami liriknya. Kamu juga bisa mendapatkan nama lagu yang salah, jika frasa lirik yang kamu ketahui memiliki kesamaan dengan judul lagu yang lain.

BACA JUGA  Cara Menebalkan Garis di Excel dengan Mudah

Inilah mengapa, cara ini mungkin tidak efektif jika kamu mencari lagu yang sangat jarang didengar atau belum populer.

Jadi, secara keseluruhan, menggunakan search engine untuk menemukan judul lagu dari video tanpa aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika kamu hanya ingin mencari judul lagu dari video yang populer atau liriknya mudah dipahami, maka cara ini bisa menjadi cara yang efektif dan hemat waktu.

FAQ

1. Bagaimana cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi?

Caranya adalah dengan mengetik bagian lirik lagu yang terdengar jelas pada mesin pencari. Bila kebetulan lirik tersebut cukup populer, biasanya hasil pencarian yang muncul akan menyebutkan judul dari lagu tersebut.

2. Apakah harus menggunakan mesin pencari tertentu?

Tidak harus. Kamu bisa menggunakan mesin pencari apapun seperti Google, Bing, Yahoo, atau DuckDuckGo. Namun, yang lebih disarankan adalah menggunakan mesin pencari yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

3. Bagaimana jika bagian lirik yang terdengar kurang jelas?

Bila bagian lirik yang terdengar masih terlalu samar, kamu bisa mencoba mencari video tersebut di aplikasi musik seperti Spotify, Apple Music, atau Youtube Music. Aplikasi tersebut biasanya menyediakan fitur pencarian lagu berdasarkan suara atau melodi yang didengar.

4. Apakah perlu menambahkan kata kunci lain pada pencarian?

Tergantung. Bila kamu sudah yakin satu atau dua kata lirik lagu tersebut, cukup dijadikan kata kunci pencarian. Namun, bila hasil pencarian belum memuaskan, kamu bisa menambahkan kata kunci seperti “lagu”, atau “penyanyi”.

5. Apakah tren pencarian juga mempengaruhi hasil pencarian?

Iya, tren pencarian juga bisa mempengaruhi hasil pencarian yang muncul. Oleh karena itu, pastikan kamu mencoba mencari judul lagu dari video tersebut sesuai dengan tren pencarian yang sedang berlangsung.

6. Apakah bisa menggunakan fitur “Shazam”?

Iya, Shazam adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengenali lagu dari suara yang didengar. Namun, cara yang disarankan masih dengan menggunakan mesin pencari dan aplikasi musik.

7. Bagaimana cara menemukan video tersebut dengan cepat?

Kamu bisa mempercepat proses pencarian dengan mengetahui beberapa informasi tambahan seperti siapa yang mengunggah video tersebut, kapan video tersebut diunggah, atau konteks di mana video tersebut diabadikan.

8. Bagaimana bila hasil pencarian tidak sesuai dengan yang diinginkan?

Bila hasil pencarian tidak memuaskan, kamu bisa mencoba untuk menambahkan kata kunci lain atau mengganti search engine yang digunakan. Jangan lupa untuk memeriksa kesalahan penulisan pada kata kunci yang diinputkan.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengetahui Lagu dari Video yang Kamu Tonton

9. Apakah ada cara lain yang lebih praktis?

Sampai saat ini, cara yang sudah dijelaskan merupakan cara yang paling praktis untuk mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi khusus.

10. Apakah bisa menemukan lagu dari video live performance atau konser?

Tentu bisa. Cara yang perlu dilakukan sama seperti menemukan judul lagu dari video biasa. Namun, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa informasi tambahan seperti siapa penyanyi yang tampil pada video tersebut dan kapan acara tersebut diadakan.

Kesimpulan

Cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi memang bukanlah hal yang sulit, bahkan bisa dilakukan dengan mudah hanya dalam beberapa langkah sederhana. Anda hanya perlu menggunakan layanan online, yaitu Shazam atau ACRCloud, yang bisa mengenali lagu dan memberikan informasi tentang judul lagu tersebut.

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengetahui judul lagu dari video yang ditonton di media sosial atau di dalam game. Walaupun Anda tidak perlu mendownload aplikasi, namun pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil atau memadai sebelum menggunakan layanan online ini.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan fitur pencarian Google untuk mengetahui judul lagu dari video yang tidak memiliki suara atau tidak biasa Anda dengar. Dengan mengetahui judul lagu, Anda bisa menambahkan lagu ke playlist atau men-download lagu tersebut menjadi koleksi Anda.

Penutup

Setelah mengetahui cara mengetahui judul lagu dari video tanpa aplikasi, sekarang Anda tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mengetahui judul lagu dari berbagai video yang Anda tonton. Pastikan Anda menggunakan layanan online yang andal dan aman agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan sungkan untuk berbagi artikel ini ke teman dan keluarga Anda untuk membantu mereka yang juga ingin mengetahui judul lagu dari video tanpa menggunakan aplikasi.

Terima kasih telah membaca, kita jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Saran Video Seputar : Cara Mudah Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Menggunakan Aplikasi

Leave a Comment