5 Cara Mudah agar Wifi tidak Bisa Di-scan Barcode

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Pasti kamu sering menggunakan WiFi, bukan? Namun, tahukah kamu bahwa seringkali orang bisa dengan mudah memasuki jaringan WiFi kita dengan menggunakan barcode. Nah, pada article kali ini saya akan berbagi dengan kamu cara agar wifi tidak bisa di scan barcode oleh orang lain. Yuk, simak terus artikel ini!

Langkah-langkah

1. Hidupkan Firewall

Firewall akan membantu menghalangi akses masuk ke jaringanmu. Pastikan firewall sudah aktif sehingga menjaga privasi anda saat menggunakan WiFi

2. Ubah Nama Dan Password Jaringan

Setelah halaman admin web sudah terbuka, ganti nama dan kata sandi kemudian klik OK. Pastikan anda menggunakan kata sandi yang sulit ditebak karena akan membuat scanner barcode sulit menjangkau jaringan kamu.

3. Nonaktifkan fitur WPS

WPS, atau Wi-Fi Protected Setup dapat memudahkan akses tanpa perlu memasukkan password. Dengan menonaktifkan WPS pada router WiFi, perangkat yang tidak memiliki sandi tidak perlu terhubung. Cara nonaktifkannya berbeda-beda tergantung merek router yang anda gunakan. Cari tahu lebih detail melalui buku panduan atau cari panduan di internet.

4. Batasi Akses pada MAC Address

Setelah membuka halaman admin web router, kamu akan menemukan pengaturan untuk mengizinkan akses untuk setiap MAC Address dari pengguna yang diperbolehkan. Dengan cara ini, hanya peralatan yang diizinkan, yaitu peralatan yang kamu miliki saja yang bisa menghubungkan jaringan wifi kamu tanpa menggunakan barcode.

Penjelasan

Beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas bertujuan untuk menghalau akses ke jaringan WiFi kamu. Dimulai dari pengaturan firewall yang terus aktif membantu mencegah pengguna tidak sah masuk ke jaringanmu. Selain itu, dengan mengganti nama dan kata sandi yang sangat sulit ditebak akan mempersulit akses untuk pengguna yang tidak sah.

Selain itu, nonaktifkan WPS berkaitan dengan kemungkinan akses jaringan kamu tanpa password. Jadi, ini adalah cara kedua untuk melindungi jaringan WiFi kamu. Langkah terakhir, yaitu membatasi akses ke MAC Address, kamu mengizinkan peralatan yang diizinkan saja untuk bergabung dengan LAN WiFi kamu. Seluruh cara ini efektif mencegah penggunaan barcode dengan akses ke jaringanmu.

Tips

1. Perbarui Firmware Router

Selalu menjaga firmware terbaru router kamu dengan perbarui secara berkala. Menurut beberapa survei, hacker sering menggunakan firmware lama untuk masuk ke jaringan terkait. Jika kamu memperbarui firmware secara teratur, kamu akan menambahkan keamanan ke jaringan WiFi kamu.

BACA JUGA  Cara Melihat Pesan Berbintang di WA: Panduan Lengkap untuk Pengguna

2. Aktifkan Mode WPA2

WPA2 merupakan standar keamanan WiFi yang super aman dan telah disetujui oleh banyak produsen router Wi-Fi. Pastikan kamu telah menggunakan WPA2 agar keamanan jaringanmu tetap terjaga dari akses yang tidak sah.

3. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Password yang sulit di tebak akan mempersulit untuk mendapatkan akses ke jaringanmu. Jadi, buatlah kata sandi yang unik dan kode yang sulit digunakan untuk membuat privasi kamu tetap terjaga.

4. Jangan Koneksikan dengan Jaringan Publik

Usahakan untuk tidak menggunakan jaringan publik untuk mengakses informasi penting karena dapat disadap atau dipantau oleh pihak lain. Jadi, gunakan jaringan WiFi yang aman dari rumahmu, dan jangan gunakan jaringan publik untuk membuka informasi penting.

5. Pastikan Jaringan WiFi kamu belum terhubung ke Perangkat Lain

Beberapa sambungan perangkat lain yang terhubung ke jaringanmu dapat mengorbankan keamanan jaringanmu. Pastikan bahwa kamu hanya mengizinkan perangkat yang kamu miliki dan hanya membuka jaringanmu ke perangkat pembantu.

Demikianlah cara agar Wifi Kamu tidak bisa di Scan Barcode. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menggunakan tips di atas, kamu dapat memastikan jaringan WiFi kamu selalu aman dan terjaga. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!

Cara Agar WiFi Tidak Bisa Di-scan Barcode: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari memblokir kemampuan WiFi untuk melakukan scan barcode adalah dapat meningkatkan keamanan jaringan. Dengan membatasi akses ke perangkat tertentu yang terhubung ke jaringan, Anda dapat mencegah penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan phishing juga dapat dihambat dengan cara ini. Banyak kasus penipuan terjadi ketika seseorang memindai kode QR palsu, sehingga memblokir kemampuan scan ini dapat mengurangi risiko penipuan.

Secara umum, cara ini dapat memudahkan pengelolaan jaringan. Anda dapat membatasi perangkat tertentu untuk mengakses jaringan dan memblokir perangkat yang tidak diinginkan atau merusak jaringan.

Kekurangan

Meskipun ada keuntungan dalam memblokir kemampuan scan barcode di jaringan WiFi, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat. Salah satunya adalah kemampuan untuk berbagi data dengan mudah. Kebanyakan dari kita menggunakan barcode untuk memudahkan transfer data dan informasi melalui jaringan WiFi. Dengan memblokir fitur ini, kemampuan untuk berbagi data menjadi terbatas.

BACA JUGA  Cara Kerja Filter Air Tabung: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa perangkat juga mengunci akses ke jaringan WiFi hanya dengan melalui kode QR. Jika fitur ini diblokir, pengguna tidak akan dapat terhubung ke jaringan dengan mudah dan memerlukan konfigurasi manual yang rumit. Ini dapat menjadi masalah jika ada banyak pengguna yang perlu terhubung ke jaringan.

Terakir, memblokir kemampuan scan barcode dalam jaringan WiFi memerlukan konfigurasi teknis yang rumit dan membutuhkan pengetahuan teknis yang memadai. Jika Anda kurang yakin dengan konfigurasi atau tidak memiliki pengalaman dalam pengaturan jaringan, sebaiknya meminta bantuan dari ahli teknologi untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan memblokir kemampuan scan barcode dalam jaringan WiFi. Sebelum mengambil keputusan untuk memblokir fitur ini, sebaiknya pertimbangkan dengan baik untuk memastikan keputusan yang diambil sesuai dengan kebutuhan jaringan Anda.

FAQ

1. Mengapa perlu menghindari agar wifi tidak bisa di scan barcode?

Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah pencurian informasi dari barcode yang terhubung dengan wifi publik. Sebab, hal ini diyakini sebagai akses mudah bagi para pelaku kejahatan untuk mengambil alih informasi personal seperti nomor telepon atau email.

2. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya wifi scanning barcode pada android?

Menghindari hal ini bisa dilakukan dengan mematikan fitur QR scanning pada perangkat Android. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memblokir aplikasi tertentu yang berpotensi melakukan scanning barcode secara otomatis.

3. Apa alasannya agar wifi tidak bisa di scan barcode melalui aplikasi?

Aplikasi yang berbasis interkoneksi internet biasanya tidak mendukung fitur keamanan dan privasi yang baik. Oleh karena itu, mematikan fitur scanning barcode pada aplikasi perlu dilakukan untuk mencegah kebocoran informasi.

4. Adakah cara menghindari wifi scanning barcode secara manual melalui browser?

Secara manual, pengguna perangkat dapat menghindari kegagalan keamanan ini dengan mematikan fitur location service, pop-up, dan Javascript pada browser yang digunakan.

5. Bagaimana cara mematikan fitur camera pada aplikasi agar tidak bisa melakukan wifi scanning barcode?

Ketika tidak diperlukan untuk fitur keamanan atau perekaman video, fitur camera pada aplikasi dapat dimatikan melalui menu pengaturan perangkat secara manual.

BACA JUGA  Cara Mudah Ketuk 2 Kali pada Oppo dengan Praktis

6. Bagaimana supaya wifi publik lebih aman?

Untuk memperkuat keamanan pada wifi publik, pengguna dapat menghubungkan perangkat pada VPN atau jaringan virtual lokal untuk menjaga privasi dan mencegah pencurian informasi.

7. Mengapa wifi publik membahayakan dan memerlukan pengamanan?

Wifi publik cenderung rentan terhadap penyusupan data oleh pihak-pihak yang tidak diketahui. Untuk mencegah kebocoran informasi sensitif, pengguna perlu melakukan pengamanan pada perangkat dan koneksi yang digunakan.

8. Bagaimana cara mengaktifkan fitur keamanan pada wifi publik?

Fitur keamanan pada wifi publik dapat diaktifkan melalui pengaturan jaringan. Beberapa fitur yang perlu diaktifkan antara lain enkripsi, firewall, dan blokir aplikasi yang tidak dikenal.

9. Apa yang harus dilakukan saat terhubung ke wifi publik yang tidak aman?

Ketika terpaksa terhubung dengan wifi publik yang tidak aman, pengguna dapat memperkuat keamanan dengan menggunakan VPN atau jaringan virtual pribadi yang bersifat lebih aman.

10. Adakah cara menghindari wifi scanning barcode pada laptop atau komputer?

Cara menghindari kegagalan keamanan pada laptop atau komputer adalah dengan memblokir fitur scanning barcode dan mematikan dilokasi yang tidak dikenal pada browser yang digunakan. Selain itu, hindari terhubung pada wifi publik yang tidak aman.

Kesimpulan

Bagi sebagian pengguna perangkat Wi-Fi, masalah yang sering muncul adalah ketika perangkat mereka dapat dengan mudah menscan barcode tanpa terhubung ke jaringan Wi-Fi nya. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan menghilangkan kemampuan Wi-Fi untuk menscan barcode. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Penutup

Menghilangkan kemampuan Wi-Fi untuk menscan barcode bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah. Dengan menonaktifkan fitur Auto Join pada jaringan Wi-Fi, menyembunyikan jaringan Wi-Fi, atau menggunakan aplikasi privacy yang memungkinkan pengguna untuk mengatur secara detail penggunaan perangkat Wi-Fi. Namun, walaupun cara-cara tersebut dapat membantu mencegah masalah scan barcode pada perangkat, pengguna juga harus tetap berhati-hati dan menggunakan perangkat Wi-Fi dengan bijak.

Sampai jumpa pada artikel yang akan datang dan semoga tips dari kami bermanfaat bagi Anda.

Saran Video Seputar : 5 Cara Mudah agar Wifi tidak Bisa Di-scan Barcode

Leave a Comment