Cara Mudah Kirim Folder Lewat WhatsApp

Halo sobat TeknoPil!

Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan ketika ingin mengirim folder besar melalui aplikasi WhatsApp. Padahal, aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer dan mudah digunakan di Indonesia. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara kirim folder lewat WhatsApp yang mudah dan cepat.

Langkah-Langkah

Sebelum masuk ke dalam langkah-langkah, perlu diketahui bahwa WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirim. Batasan ini sebesar 16 MB untuk iOS dan 100 MB untuk Android. Jika ukuran folder melebihi batasan tersebut, maka kita perlu membagi folder menjadi beberapa bagian kecil atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu.

1. Kompres folder menggunakan aplikasi file manager

Langkah pertama adalah dengan mengompres folder terlebih dahulu menggunakan aplikasi file manager seperti WinRAR, 7-Zip atau aplikasi sejenisnya. Dengan mengompres folder, ukuran folder bisa lebih kecil dan memudahkan pengiriman melalui WhatsApp. Pastikan kamu memilih opsi kompresi yang tepat sehingga tidak mengurangi kualitas konten dalam folder.

2. Bagikan folder melalui WhatsApp Web

Jika kamu menggunakan WhatsApp di perangkat desktop atau laptop, maka kamu bisa memanfaatkan WhatsApp Web untuk mengirim folder. Caranya adalah dengan terlebih dahulu membuka WhatsApp Web, lalu buka chat dengan orang yang akan kamu kirim folder. Selanjutnya, seret folder yang ingin kamu kirim ke area chat dan biarkan proses pengiriman selesai.

3. Kirim folder melalui WhatsApp Desktop

Selain WhatsApp Web, kamu juga bisa mengirim folder melalui aplikasi WhatsApp Desktop yang tersedia untuk Windows dan macOS. Sama seperti pada WhatsApp Web, kamu cukup membuka chat dengan orang yang ingin kamu kirim folder, dan lalu seret folder ke dalam area chat.

4. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika ukuran folder yang hendak dikirim melebihi batasan yang ditetapkan oleh WhatsApp, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti WeTransfer, Dropbox atau Google Drive. Kamu hanya perlu mengunggah folder ke dalam aplikasi tersebut dan bagikan tautan unduhan ke orang yang akan kamu kirim folder.

BACA JUGA  Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Penjelasan

Cara kirim folder lewat WhatsApp ini sangatlah mudah dan cepat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengiriman berjalan lancar dan berhasil. Pertama, pastikan koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil dan cukup cepat, agar folder yang dikirim tidak terjebak atau terpotong di tengah jalan. Kedua, pastikan bahwa penerima memiliki kuota data yang cukup besar untuk mengunduh folder yang kamu kirimkan. Terakhir, pastikan kamu mengirim folder hanya kepada orang yang kamu percayai dan tidak mengandung konten yang melanggar hukum atau merugikan orang lain.

Tips dan Trik

1. Gunakan aplikasi pengompres file terpercaya

Pastikan kamu menggunakan aplikasi pengompres file yang terpercaya agar folder yang kamu kirimkan tetap berkualitas dan tidak rusak. Beberapa aplikasi kompresi yang terpercaya di antaranya WinRAR dan 7-Zip.

2. Cek ukuran file sebelum mengirim

Sebelum mengirim folder, pastikan untuk mengecek ukuran file apakah sudah memenuhi batasan ukuran WhatsApp atau tidak. Jika ukuran file melebihi batasan, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu mengirim folder.

3. Perhatikan kualitas konten dalam folder

Jangan hanya fokus pada ukuran file saja, tapi perhatikan juga kualitas konten yang ada dalam folder. Pastikan pengompresan yang dilakukan tidak merusak kualitas video atau gambar yang ada dalam folder.

4. Berikan deskripsi singkat pada folder yang dikirim

Berikan deskripsi singkat pada folder yang dikirim agar penerima tahu apa saja konten yang ada dalam folder tersebut.

5. Beri tahu penerima jika folder sulit diunduh

Jika folder yang kamu kirimkan sulit diunduh, harga diri untuk memberi tahu penerima agar ia memikirkan solusi untuk mempercepat unduhan.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara kirim folder lewat WhatsApp. Tetap perhatikan hal-hal detail di atas agar pengiriman berjalan lancar, dan kamu bisa mengirimkan file besar tanpa khawatir terpotong atau tidak sampai ke tujuan. Semoga bermanfaat!

Cara Kirim Folder lewat WA: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan ketika kamu mengirim folder melalui WhatsApp:

  • Proses pengiriman yang cepat dan mudah dilakukan.
  • Tidak perlu membutuhkan banyak ruang penyimpanan karena file tidak harus diunduh terlebih dahulu.
  • Penerima hanya perlu mengeklik link atau file yang diterima dan file tersebut akan langsung terbuka.
BACA JUGA  Cara Mencari Sinyal Parabola dengan Mudah Menggunakan HP

Kekurangan

Tetapi, ada beberapa kekurangan ketika kamu mengirim folder melalui WhatsApp:

  • Ukuran file yang dikirim terbatas. WhatsApp hanya memperbolehkan pengiriman file dengan ukuran maksimal 100 MB.
  • Pengiriman file melalui WhatsApp lebih mudah terputus jika sinyal tidak stabil.
  • Ada kemungkinan file yang kamu kirim akan kehilangan kualitasnya.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox untuk mengirim file yang memiliki ukuran lebih besar. Namun, ketika kamu mengirim file yang hanya memiliki ukuran sedang dan perlu segera sampai ke penerima, mengirim file melalui WhatsApp tetap menjadi pilihan yang bagus.

FAQ

1. Apakah bisa mengirim folder lewat WhatsApp?

Ya, Anda bisa mengirim folder lewat WhatsApp.

2. Apakah ada batasan ukuran file yang bisa dikirim?

Ya, kapasitas maksimal file yang bisa dikirim di WhatsApp sebesar 100 MB.

3. Bisakah saya mengirim berbagai jenis file?

Ya, Anda bisa mengirim berbagai jenis file melalui WhatsApp, termasuk folder.

4. Bagaimana cara mengirim folder di WhatsApp?

Pertama, Anda perlu memampatkan folder Anda dalam format ZIP. Kemudian, Anda dapat membagikan file ZIP tersebut melalui WhatsApp.

5. Bagaimana cara memampatkan folder menjadi file ZIP?

Untuk memampatkan folder menjadi file ZIP, Anda dapat menggunakan software seperti WinZip atau WinRAR.

6. Apakah file ZIP aman untuk dikirim melalui WhatsApp?

Ya, file ZIP masih dianggap aman untuk dikirim melalui WhatsApp selama Anda mengenal sumber file tersebut.

7. Bagaimana cara menemukan file ZIP yang sudah dikirim di WhatsApp?

Anda dapat menemukan file ZIP yang telah dikirim melalui WhatsApp dengan mengunjungi folder ‘WhatsApp’ –> ‘Media’ –> ‘WhatsApp Documents’ pada perangkat Anda.

8. Bagaimana cara membuka file ZIP yang telah dikirim di WhatsApp?

Untuk membuka file ZIP yang sudah dikirim di WhatsApp, Anda dapat menggunakan software seperti WinZip atau WinRAR di komputer atau aplikasi file manager di smartphone Anda.

BACA JUGA  Cara Mudah Mematikan Alarm pada HP Xiaomi

9. Apakah bisa menghapus file atau folder yang telah dikirim melalui WhatsApp?

Tidak, Anda tidak bisa menghapus file atau folder yang telah dikirim melalui WhatsApp. Namun, Anda bisa menghapus pesan dengan file atau folder tersebut untuk menghapus tampilan dari obrolan.

10. Apakah ada alternatif cara untuk mengirim file atau folder dengan ukuran besar?

Ya, Anda bisa mengirim file atau folder dengan ukuran besar menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, lalu membagikan tautan unduhnya melalui WhatsApp.

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah tahu cara untuk mengirim folder melalui WhatsApp. Caranya sangat mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Sebagai pengingat, pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari WhatsApp sehingga kamu bisa mengakses fitur ini. Selain itu, pastikan ukuran folder dan file yang kamu kirim tidak melebihi batas maksimum agar proses pengiriman berjalan lancar.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memperbarui WhatsApp di waktu-waktu tertentu untuk memastikan kamu selalu memiliki akses ke fitur terbaru yang tersedia. Selain itu, pastikan kamu selalu memperbarui sistem operasi pada perangkat kamu, karena pembaruan terbaru dapat membantu memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada aplikasi.

Penutup

Mengirim folder melalui WhatsApp sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas. Namun, pastikan kamu menggunakan fitur ini dengan bijak dan tidak menyalahgunakannya. Ingat, WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, sehingga keamanan privasi dan keamanan data sangat penting untuk dijaga.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengirim folder melalui WhatsApp. Jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan atau saran apa pun di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mudah Kirim Folder Lewat WhatsApp

Leave a Comment