Cara Membuat Power Supply 12V Non CT secara Murah dan Mudah

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Apa kabar? Di dunia elektronika, power supply atau sumber tenaga merupakan salah satu hal yang sangat penting. Power supply diperlukan dalam rangkaian elektronika untuk memberikan tegangan yang stabil dan terfokus pada suatu komponen elektronik. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat power supply 12v non ct. Nah, bagi sobat yang tertarik untuk membuat power supply sendiri, yuk simak artikel ini sampai habis!

Langkah-Langkah

Step 1: Persiapan Bahan

Langkah pertama dalam membuat power supply 12v non ct adalah menyiapkan bahan terlebih dahulu. Sobat TeknoPil membutuhkan:

  • Transformator 24V ke 12V dengan arus minimal 1A
  • Diode bridge / Jembatan diode kaki 4
  • Elko 4700uF / 25V – 2 buah
  • Elko 1000uF / 25V
  • LM7812
  • Heatsink
  • Terminal blok, kabel dan solder

Step 2: Koneksi Dioda Bridge ke Transformator

Setelah bahan-bahan tersedia, selanjutnya koneksi dioda bridge ke trafo. Caranya, sambungkan dioda bridge ke trafo sesuai arah yang tertera pada body dioda bridge.

Step 3: Sambungkan Elko 4700uF pada Kabel Output DC

Setelah koneksi dioda bridge ke trafo, selanjutnya sobat perlu menghubungkan Elko 4700uF ke kabel output DC hasil rangkaian dioda bridge. Elko 4700uF ini berfungsi untuk meratakan tegangan DC agar stabil dan terfokus pada komponen elektronik.

Step 4: Sambungkan LM7812 ke Elko 4700uF dan Elko 1000uF

Setelah itu, sambungkan LM7812 ke Elko 4700uF dan Elko 1000uF. LM7812 ini fungsinya sebagai regulator tegangan. Dengan regulator ini, tegangan output dari rangkaian ini akan tetap konstan, yaitu sekitar 12V DC, walaupun terjadi perubahan pada tegangan input DC.

Penjelasan

Setelah sobat TeknoPil mengetahui langkah-langkah membuat power supply 12v non ct, berikut penjelasan dari setiap langkah tersebut:

Langkah pertama adalah persiapan bahan. Ini menjadi hal yang sangat penting karena keberhasilan pembuatan power supply sangat bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Gunakan bahan-bahan berkualitas agar pemasangan berjalan dengan baik dan hasilnya terbaik.

Langkah kedua adalah menghubungkan dioda bridge ke transformator. Dengan dioda bridge, tegangan AC yang dihasilkan pada transformator akan diubah menjadi tegangan DC.

Langkah selanjutnya adalah sambungan elko 4700uF pada kabel output DC. Elko 4700uF berfungsi untuk memperhalus atau meratakan tegangan sekaligus menstabilkan tegangan pada kabel output DC agar komponen di dalam rangkaian elektronika tetap berjalan dengan stabil.

BACA JUGA  Cara Menggunakan CamScanner: Membuat Dokumen Lebih Mudah dan Efisien

Langkah keempat adalah menghubungkan LM7812 ke Elko 4700uF dan Elko 1000uF. Regulator ini berfungsi untuk menjaga tegangan di level yang tetap atau konstan, yaitu 12V DC.

Itulah empat langkah dalam membuat power supply 12v non ct. Selamat mencoba!

Tips dan Trik

1. Gunakan Bahan Berkualitas

Pilihlah bahan-bahan berkualitas dalam membuat power supply. Hal ini sangat penting karena komponen yang berkualitas akan memberikan kinerja yang baik dan lebih awet.

2. Ukuran Heatsink

Pilihlah heatsink yang sesuai dengan rangkaian dan arus yang digunakan. Heatsink yang terlalu kecil akan menyebabkan tegangan pada rangkaian menjadi tidak stabil dan panas berlebihan yang berpotensi merusak komponen.

3. Ukuran Kabel

Pilihlah ukuran kabel yang sesuai dengan arus yang melalui, jika menggunakan kabel yang terlalu kecil akan menyebabkan kabel cepat panas dan sampai menyebabkan korsleting.

4. Perhatikan Polaritas

Perhatikan polaritas atau arah penggunaan dioda bridge, kapasitor dan regulator agar pembuatan power supply sesuai dengan yang diharapkan dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

5. Tes Sebelum Digunakan

Sebelum digunakan, test untuk memastikan bahwa power supply yang dibuat benar-benar berfungsi dan tidak menimbulkan masalah saat digunakan di rangkaian elektronika yang akan dipasang.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat TeknoPil praktikkan pada cara membuat power supply 12v non ct. Dengan menerapkan tips tersebut, kinerja dan keandalan power supply yang dibuat bisa semakin baik dan tahan lama.

Cara Membuat Power Supply 12V Non-CT: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan dari membuat power supply 12V non-CT:

  • Lebih efisien dan hemat biaya
  • Tidak memerlukan transformator dan kumparan CT, sehingga lebih ringkas dan mudah dipasang
  • Lebih stabil dalam menghasilkan tegangan output, karena tidak dipengaruhi oleh current draw

Kekurangan

Namun, tidak ada hal yang sempurna, termasuk dalam membuat power supply 12V non-CT. Berikut adalah kekurangan dari metode ini:

  • Membuatnya memerlukan sedikit pengetahuan tentang rangkaian listrik dan elektronika, sehingga mungkin tidak cocok bagi pemula
  • Tegangan output yang dihasilkan cukup stabil, namun rentan terhadap fluktuasi tegangan input
  • Tidak cocok untuk digunakan pada peralatan elektronik yang memerlukan kumparan CT
BACA JUGA  Cara Menghidupkan HP yang Mati Total karena Baterai Tanam

Sekarang setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari membuat power supply 12V non-CT, jika Anda merasa mampu untuk membuatnya, silahkan lanjutkan. Namun, jika masih ragu, lebih baik membeli power supply yang sudah jadi di pasar elektronik. Semoga bermanfaat!

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan power supply 12v non ct?

Power supply 12v non ct adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC pada arus listrik sebesar 12 volt tanpa penggunaan center tap (CT) pada transformator.

2. Apa kegunaan power supply 12v non ct?

Power supply 12v non ct biasanya digunakan untuk memberikan daya pada berbagai peralatan elektronik kecil seperti radio, televisi, komputer, dan sejenisnya.

3. Bagaimana cara membuat power supply 12v non ct?

Anda dapat membuat power supply 12v non ct dengan membeli beberapa komponen elektronik seperti dioda, kapasitor, resistor, dan transistor. Kemudian, rangkaian tersebut dapat dipasang mengikuti diagram rangkaian yang telah disediakan dengan benar.

4. Apa saja kebutuhan alat dan bahan untuk membuat power supply 12v non ct?

Beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat power supply 12v non ct adalah solder, timah solder, kabel listrik, transformator 12V atau 220V, dioda, kapasitor, resistor, dan transistor.

5. Berapa harga rata-rata untuk membuat power supply 12v non ct?

Harga rata-rata untuk membuat power supply 12v non ct tergantung pada tipe dan kualitas komponen elektronik yang digunakan. Namun, diperkirakan biaya untuk membuatnya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp200.000.

6. Apa yang harus diperhatikan saat membuat power supply 12v non ct?

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat power supply 12v non ct adalah jangan sampai memasang komponen elektronik terbalik, pastikan mengikuti diagram rangkaian dengan benar, dan pastikan bahwa koneksi pada rangkaian cukup kuat dan stabil.

7. Apa tanda-tanda bahwa power supply 12v non ct tidak berfungsi dengan baik?

Tanda-tanda bahwa power supply 12v non ct tidak berfungsi dengan baik adalah ketika peralatan elektronik yang dipasok dayanya tidak berfungsi, ada suara gemeretak atau suara bising yang tidak normal, dan munculnya bau hangus di sekitar power supply.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Kedalaman Air Tanah dengan Mudah

8. Apa tindakan yang dapat dilakukan jika power supply 12v non ct tidak berfungsi dengan baik?

Jika power supply 12v non ct tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat memeriksa koneksi pada rangkaian, memeriksa tegangan keluaran, atau mencoba mengganti komponen elektronik yang mungkin rusak atau tidak berfungsi.

9. Apakah power supply 12v non ct aman untuk digunakan?

Power supply 12v non ct aman untuk digunakan selama dipasang secara benar dan dioperasikan sesuai dengan instruksi yang diberikan pada diagram rangkaian.

10. Apakah ada kemungkinan terjadinya risiko kebakaran saat menggunakan power supply 12v non ct?

Jika dipasang secara benar, risiko kebakaran sangat kecil saat menggunakan power supply 12v non ct. Namun, seperti halnya dengan semua peralatan listrik, pastikan untuk memeriksa koneksi dan mengoperasikannya dengan benar untuk menghindari terjadinya risiko kebakaran.

Kesimpulan

Setelah mempelajari cara membuat power supply 12v non ct, kita bisa menyimpulkan bahwa hal tersebut cukup mudah dilakukan dengan alat dan bahan yang sederhana. Yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan kapasitas daya yang dibutuhkan dan memilih komponen-komponen yang berkualitas.

Adapun langkah-langkahnya antara lain: memilih transformator, merakit jembatan dioda, memasang filter, memperhatikan kapasitas daya, dan memasang regulator tegangan.

Hal ini dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau, dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan listrik kita sehari-hari.

Jangan ragu untuk mencoba dan mengembangkan kemampuan elektronika kita, sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik kita dengan lebih mudah dan murah.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat power supply 12v non ct di atas, kita dapat menghasilkan power supply yang handal dan efektif dengan biaya yang terjangkau. Melalui pembuatan power supply ini, kita dapat memahami konsep listrik dan elektronika dengan lebih baik, serta mengembangkan kemampuan kita di bidang tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Power Supply 12V Non CT secara Murah dan Mudah

Leave a Comment