Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp (WA) dengan Efektif

Halo sobat TeknoPil! Apakah kamu sedang mencari pekerjaan dan ingin mencari informasi lowongan kerja lewat WhatsApp? Kalau iya, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Di sini, aku akan memberikan langkah-langkah cara menanyakan lowongan kerja lewat WA yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impianmu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Langkah-Langkah Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

1. Siapkan Diri

Sebelum kamu memulai untuk menanyakan lowongan kerja lewat WA, pastikan kamu sudah mempersiapkan dirimu terlebih dahulu. Persiapkan diri dengan mencatat beberapa informasi penting terkait nama perusahaan, posisi kerja yang kamu inginkan, dan kualifikasi yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa merespon pertanyaan dari si penerima pesan dengan baik.

2. Cari Nomor Kontak Perusahaan

Sebelum kamu dapat menanyakan lowongan pekerjaan lewat WA, pastikan kamu sudah mencari nomor kontak perusahaan terlebih dahulu. Kamu bisa mencari nomor kontak tersebut melalui website perusahaan atau situs pencarian lowongan kerja.

3. Mulailah dengan Sapaan yang Baik

Ketika kamu sudah memiliki nomor kontak perusahaan, kirimkan pesan singkat dan awali dengan sapaan yang sopan seperti “Halo, saya (nama lengkap) sedang mencari pekerjaan dan ingin menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan xyz?”. Jangan lupa untuk menambahkan kalimat “Terima kasih” sebagai kesopanan.

4. Sampaikan Informasi yang Dibutuhkan

Setelah kamu memulai pembukaan pesan dengan sapaan yang sopan, selanjutnya sampaikan informasi yang dibutuhkan seperti kualifikasi, pengalaman kerja, dan sebagainya. Pastikan kamu menyampaikan informasi tersebut dengan jelas dan singkat agar si penerima pesan bisa memahami dengan mudah.

5. Lengkapi Pesan dengan Lampiran CV dan Portofolio

Jangan lupa untuk melampirkan CV dan portofolio dalam pesanmu sebagai bukti kualifikasi dan pengalaman kerjamu. Pastikan file yang kamu kirimkan berukuran kecil agar tidak memberikan kesulitan bagi si penerima pesan saat membuka file tersebut.

Tips & Trik

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam mengirimkan pesan lewat WA, pastikan kamu menggunakan bahasa yang sopan, benar, dan mudah dipahami oleh si penerima pesan. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan dengan baik.

2. Jangan Berlebihan dengan Pesan yang Terlalu Panjang

Pastikan kamu menyampaikan informasi secara singkat dan jelas agar si penerima pesan bisa memahami dengan cepat. Jangan terlalu berlebihan dengan pesan yang terlalu panjang atau terlalu banyak detail sebab bisa menjadikan pesanmu tidak terbaca atau terkesan menjemukan.

BACA JUGA  Cara Mengubah Kata Sandi Google

3. Tunggu Jawaban Dengan Sabar

Setelah mengirimkan pesan, jangan tergesa-gesa dalam menunggu jawaban. Tunggu si penerima pesan meresponmu dengan sabar. Kamu juga bisa memberikan tanda baca seperti titik atau emoticon agar pesanmu terlihat lebih ramah.

4. Perhatikan Waktu Pengiriman Pesan

Perlu diingat, hindari mengirimkan pesan lewat WA pada malam hari atau di tengah-tengah jam kerja. Sebab, pesan yang dikirim pada waktu tersebut bisa dianggap sebagai gangguan atau tidak sopan.

5. Berikan Kesan Baik dengan Kesopanan dan Etika yang baik

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan kesan baik dengan memperhatikan kesopanan dan etika dalam berkirim pesan lewat WA. Kamu bisa memulai pesan dengan sapaan yang sopan dan mengakhirinya dengan ucapan terima kasih.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik cara menanyakan lowongan kerja lewat WA yang dapat membantumu mendapatkan pekerjaan impianmu. Selamat mencoba!

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Menanyakan lowongan kerja lewat WA memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

  • Cepat dan Efisien
    WA memungkinkan kita untuk mengirim pesan dalam hitungan detik. Kita bisa langsung menanyakan ke orang yang dihubungi mengenai lowongan kerja yang sedang dibuka.
  • Mudah Dilakukan
    Dibandingkan dengan melakukan panggilan telepon atau bertemu secara langsung, menanyakan lowongan kerja lewat WA membutuhkan persiapan yang lebih simpel.
  • Bisa Dilakukan Kapan Saja
    Dengan WA, kita bisa menanyakan lowongan kerja pada orang yang dihubungi kapan saja, bahkan saat jam kerja telah usai. Hal ini memungkinkan kita untuk mengambil kesempatan yang muncul dengan cepat.
  • Bisa Sambil Multi-tasking
    Dengan menggunakan WA, kita bisa menanyakan lowongan kerja sambil melakukan aktivitas lain yang membutuhkan perhatian, seperti bekerja atau berkendara.

Kekurangan

Namun, menanyakan lowongan kerja lewat WA juga memiliki kekurangan, seperti:

  • Komunikasi Tidak Terdengar Jelas
    Komunikasi lewat WA mengandalkan teks, sehingga sinyal yang disampaikan mungkin tidak terdengar jelas. Hal ini memungkinkan pesan yang disampaikan ambigu dan menimbulkan pemahaman yang salah.
  • Tidak Ada Kontak Tatap Muka
    Bertemu secara langsung dengan pihak perusahaan atau calon atasan memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung. Sementara itu, menanyakan lewat WA tidak memungkinkan pertemuan tatap muka, sehingga tidak dapat membentuk hubungan yang lebih baik.
  • Mudah Mengganggu Pihak yang Di-Hubungi
    Pesan WA dapat masuk kapan saja dan memicu respon cepat dari pihak yang dihubungi. Namun, jika pesan dikirim saat jam kerja telah usai, pihak yang dihubungi mungkin akan merasa terganggu.
  • Pesan Tidak Terkirim atau Tidak Dibalas
    Seperti halnya media komunikasi lainnya, WA tidak selalu dapat memastikan pesan yang dikirimkan ditanggapi dengan cepat atau bahkan diterima. Oleh karena itu, kecepatan respon bukan selalu bisa terjamin.
BACA JUGA  Cara Reset Laptop Acer dengan Mudah: Panduan Lengkap

Tidak ada pilihan yang sempurna dalam menanyakan lowongan kerja lewat WA atau cara lainnya. Keputusan dalam menjalin komunikasi dengan perusahaan atau calon atasan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesulitan masing-masing individu.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp?

Sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp, pastikan kamu telah mengecek terlebih dahulu informasi seputar perusahaan dan lowongan tersebut. Selain itu, pastikan kamu juga telah menyiapkan resume atau CV terbaikmu dan siap untuk bertanya tentang posisi yang kamu inginkan.

2. Apa yang harus dicantumkan dalam pesan tanya lowongan kerja?

Cantumkan terlebih dahulu sapaan dan nama lengkapmu di awal pesan. Kemudian, tanyakan apakah perusahaan tersebut memiliki lowongan yang sedang dibuka dan jelaskan singkat mengenai pengalaman kerjamu serta posisi yang kamu inginkan.

3. Apa yang sebaiknya tidak ditanyakan dalam pesan tanya lowongan kerja?

Cobalah untuk menghindari pertanyaan yang terlalu mendetail seperti gaji awal, jenjang karir, tunjangan kesehatan, dan sejenisnya. Itu lebih tepat untuk dibicarakan saat kamu sudah diundang untuk wawancara kerja atau tahap seleksi berikutnya.

4. Bagaimana jika perusahaan tidak merespon pesan tanya lowongan kerja?

Ada kemungkinan perusahaan sedang tidak aktif atau sibuk sehingga tidak sempat merespon pesanmu. Tunggu beberapa hari dan cobalah untuk mengirim pesan tanya lagi. Jangan lupa juga untuk mencari lowongan kerja di perusahaan lain yang sejenis.

5. Apakah perusahaan akan merespon pesan tanya yang mengirimkan lampiran CV?

Cobalah untuk tidak mengirimkan CV terlebih dahulu melalui WhatsApp. Fokus terlebih dahulu pada pengenalan dan tanya jawab singkat mengenai lowongan yang kamu inginkan. Jangan khawatir, jika perusahaan tertarik, mereka akan meminta kamu untuk mengirimkan CV atau datang langsung untuk wawancara.

6. Bagaimana jika perusahaan mengirimkan balasan yang mengatakan lowongan kerja sudah diisi?

Jangan berkecil hati! Cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan perusahaan dan bertanya apakah dalam waktu dekat akan ada lowongan kerja yang sedang dibuka. Kamu juga bisa mengecek secara rutin website atau sosial media perusahaan untuk mencari lowongan terbaru.

BACA JUGA  Cara Mudah Buka Kaca Helm Bogo

7. Apakah perusahaan akan meminta nomor telepon atau email dalam pesan tanya lowongan kerja?

Ada kemungkinan perusahaan akan meminta nomor telepon atau emailmu untuk memudahkan komunikasi. Jangan ragu untuk memberikan informasi tersebut jika memang diperlukan. Pastikan kamu mengisi nomor telepon dan email yang aktif dan mudah dihubungi.

8. Bagaimana cara menyusun pesan tanya yang baik dan menarik perhatian?

Susun pesan tanya dengan bahasa yang sopan, jelas, dan padat. Singkatkan pengenalan diri kamu dan cantumkan maksud tanya dengan jelas serta singkat. Usahakan untuk menyusun pesanmu dengan bahasa yang menarik dan profesional.

9. Apakah setelah mengirim pesan tanya, saya harus menunggu perusahaan mengirim balasan terlebih dahulu?

Jangan hanya berdiam diri setelah mengirim pesan tanya. Cobalah untuk mengikuti perkembangan perusahaan atau lowongan terkait. Kamu bisa melakukan pengecekan secara rutin pada website atau nomor kontak yang tertera di website perusahaan tersebut.

10. Bagaimana cara membuat kesan yang baik dalam pesan tanya lowongan kerja?

Cobalah untuk mengekspresikan diri dengan bahasa yang sopan dan ramah. Jangan terlalu menggunakan bahasa formal, namun juga jangan terlalu santai hingga terkesan kurang serius. Perlihatkan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan tersebut dan siap bersaing dalam proses seleksi kerja.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika ingin menanyakan lowongan pekerjaan melalui WhatsApp. Jangan lupa, sebelum mengirim pesan pastikan kamu telah membaca profil perusahaan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Selain itu, jangan mengirim pesan pada hari libur atau di waktu yang tidak tepat. Jika kamu telah mengikuti tips-tips diatas, kamu akan mendapatkan respon yang positif dari perusahaan yang kamu tuju. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

Penutup

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk menanyakan lowongan pekerjaan melalui WhatsApp. Ingatlah untuk selalu sopan dan profesional dalam mengirim pesan, dan pastikan pesanmu mudah dipahami. WhatsApp bisa menjadi alat yang efektif untuk mencari pekerjaan, asalkan kamu menggunakannya dengan baik dan benar. Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mencari pekerjaan. Sampai jumpa dan jangan lupa untuk selalu berusaha dan tetap semangat!

Saran Video Seputar : Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp (WA) dengan Efektif

Leave a Comment