Cara Mudah Menyimpan Google Form di Komputer dan Smartphone

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil, kali ini kita akan membahas tentang cara menyimpan google form. Adalah sangat penting untuk menyimpan google form karena jika terjadi suatu hal seperti kegagalan koneksi internet atau kesalahan teknis lainnya, Anda masih bisa mengakses kembali data yang telah diinput pada google form. Berikut adalah langkah-langkah dan penjelasannya.

Langkah-Langkah

1. Buka Google Form

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka google form yang ingin disimpan. Caranya sangat mudah, cukup klik pada formulir yang ingin dibuka pada daftar formulir yang ada di Google Drive.

2. Klik “File”

Setelah formulir terbuka, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol “File” pada toolbar atas. Kemudian pilih “Make a copy” atau “Buat salinan” jika ingin membuat salinan formulir Anda. Jika tidak ingin membuat salinan, Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Klik “Download As”

Ketika Anda telah membuka formulir yang ingin disimpan, langkah selanjutnya adalah dengan klik “File” di toolbar atas kemudian pilih “Download as.” Anda bisa memilih salah satu dari beberapa format, termasuk CSV, Excel, atau PDF.

4. Klik “Save.”

Setelah memilih format, klik “Save” dan formulir Anda akan diunduh ke komputer Anda. Dan voila! Anda kini telah berhasil menyimpan formulir Google Anda.

Penjelasan

Memiliki salinan dari data yang terkumpul pada formulir adalah sangat penting saat menggunakan Google Form karena meskipun Google Drive memungkinkan untuk menyimpan data pada awan, tidak ada salahnya untuk menyimpan data bertautan dengan komputer kita sendiri. Dengan melakukan backup data pada komputer kita, maka kita akan selalu memiliki salinan data yang telah terisi saat koneksi internet terganggu atau data hilang dari server Google Drive.

Tips dan Trik

1. Menggunakan Form Publisher

Form Publisher adalah add-on Google Docs yang memungkinkan pengguna membuat dokumen dan presentasi Google dengan data formulir Google tertentu. Anda dapat menambahkan e-mail, kata sandi, kartu nama atau laporan ke dokumen Anda dengan data yang disimpan dalam Google Form.

2. Simpan Formulir secara reguler

Simpan formulir secara reguler dengan jadwal tertentu untuk memastikan bahwa data terbaru disimpan dan data terakhir yang hilang akan disimpan kembali. Hal ini juga akan membantu pengguna untuk memastikan keselamatan data secara teratur dan mengurangi risiko kehilangan data.

BACA JUGA  Cara Mudah Menonaktifkan Kunci Layar Samsung

3. Beri Nama yang Berbeda saat Disimpan

Memberi nama yang berbeda saat menyimpan formulir akan memungkinkan perbedaan formulir yang diinput dan formulir yang diunduh. Hal ini juga akan memudahkan pengguna untuk mengatur salinan formulir sesuai dengan versi yang diinginkan.

4. Gunakan Aplikasi dapat Diunduh

Gunakan aplikasi dapat diunduh biasanya berbasis desktop atau browser ekstensi sehingga Anda tidak perlu membuka Google Form di peramban tiap kali ingin mengakses atau menggunakannya. Sehingga formulir yang telah diisi tetap dapat diakses meskipun internet sedang down atau koneksi lemot.

5. Backup data secara teratur

Backup data secara teratur sangatlah penting, Anda bisa menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Selain itu, backup fisik dalam bentuk hard disk secara langsung juga bisa menjadi pilihan untuk menghindari terjadinya kehilangan data yang sudah di-input dalam formulir Google.

Cara Menyimpan Google Form: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Cara menyimpan Google Form memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

Kelebihan Keterangan
Memudahkan Penyimpanan Data Dengan menyimpan Google Form, seluruh jawaban peserta dapat tersimpan dengan mudah dan teratur.
Memungkinkan Kustomisasi Data Dengan menyimpan Google Form, kita dapat mengkustomisasi data yang diterima dari peserta menjadi berbagai bentuk yang kita inginkan, seperti grafik atau tabel.
Tersedia secara Online Dengan menyimpan Google Form secara online, kita dapat mengaksesnya dari manapun dan kapanpun tanpa perlu khawatir kehilangan data.

Kekurangan

Namun, cara menyimpan Google Form juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Membutuhkan Koneksi Internet
  • Untuk menyimpan Google Form secara online, kita perlu terhubung dengan koneksi internet. Jika koneksi terputus, maka kita tidak dapat mengakses atau menyimpan data.

  • Keterbatasan Penyimpanan
  • Google Form memiliki keterbatasan penyimpanan yang dapat digunakan. Jika jumlah jawaban yang diterima dari peserta melebihi kapasitas penyimpanan, maka kita perlu menghapus data yang sudah tidak diperlukan atau melakukan upgrade akun dengan biaya yang harus dibayar.

  • Perlu Keahlian Khusus
  • Untuk mengkustomisasi data dari Google Form, kita perlu memiliki keahlian khusus seperti menguasai penggunaan aplikasi spreadsheet. Jika tidak memiliki keahlian tersebut, maka kita perlu mempelajarinya terlebih dahulu.

BACA JUGA  Cara Top Up Blipay: Panduan Lengkap

Selain kelebihan dan kekurangan, penting juga untuk memperhatikan perlindungan data yang terkumpul dari Google Form yang kita miliki. Pastikan data yang tersimpan dalam Google Form aman dan privasi peserta terjaga. Dengan mengenal kelebihan dan kekurangan cara menyimpan Google Form, kita dapat memilih langkah yang tepat untuk mengarsipkan data dan memenuhi kebutuhan kita.

FAQ

1. Apa itu Google Form?

Google Form adalah aplikasi survey online yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat kuesioner atau survei dalam waktu singkat dan sederhana.

2. Bagaimana cara membuat Google Form baru?

Anda bisa membuat Google Form baru dengan masuk ke akun Google Drive dan klik “New” lalu pilih “Google Forms”. Kemudian pilih template yang ingin digunakan atau membuat form dari awal.

3. Bagaimana cara menyimpan Google Form?

Untuk menyimpan Google Form, klik “File” dan pilih “Make a copy”. Beri judul pada form baru dan simpan.

4. Apakah saya bisa membuat salinan Google Form?

Ya, Anda bisa membuat salinan dari Google Form yang sudah ada dengan mengklik “File” dan memilih “Make a copy”. Anda dapat memberi nama untuk salinan tersebut.

5. Apa saja cara untuk berbagi Google Form?

Anda dapat berbagi Google Form melalui email atau menyalin link Google Form dan membagikannya ke teman Anda melalui media sosial, pesan instan, atau di tempat kerja.

6. Apakah saya bisa menambahkan media ke Google Form?

Ya, Anda bisa menambahkan media seperti gambar atau video ke Google Form dengan mengklik “Add Media” dan memilih file yang ingin ditambahkan.

7. Bisakah saya mengedit Google Form setelah dibagikan?

Ya, Anda bisa mengedit Google Form setelah dibagikan. Namun, perubahan tersebut hanya akan berlaku untuk response yang belum diberikan.

8. Bagaimana cara menghapus Google Form?

Untuk menghapus Google Form, masuk ke Google Drive dan arahkan kursor ke Google Form yang ingin dihapus. Klik tiga titik vertikal dan pilih “Remove” atau “Move to Trash” jika ingin memindahkan ke tempat sampah.

9. Apakah perlu mengisi data email pada Google Form?

Tergantung pada kebutuhan dan tujuan Anda membuat Google Form, Anda dapat meminta para responden untuk mengisi alamat email mereka. Hal ini berguna jika Anda ingin mengirim email balasan atau mengirimkan link ke file Google Drive.

BACA JUGA  Cara Vakum AC dengan Mudah dan Tepat

10. Apakah pengguna bisa menjawab Google Form tanpa akun Google?

Ya, pengguna bisa menjawab Google Form tanpa akun Google. Namun, informasi yang diberikan responden akan disimpan sebagai anonim. Jika ingin mengetahui dari siapa respons diberikan, Anda harus meminta mereka untuk mengisi nama atau email di dalam form.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, menyimpan Google Form merupakan langkah penting dalam memastikan data yang telah diolah tidak hilang ataupun terhapus secara tidak sengaja. Langkah-langkah yang harus dilakukan amatlah mudah, dan setiap orang dapat melakukannya dengan mudah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive dan menemukan file Google Form yang ingin disimpan. Kemudian klik tombol “More Actions” yang berbentuk tiga titik berwarna biru pada bagian kanan atas layar. Pilih opsi “Download” dan pilihlah jenis file yang ingin disimpan. Setelah itu, simpan file tersebut di folder komputer atau penyimpanan lainnya yang aman.

Selain dengan cara mengunduh, ada pula cara menyimpan Google Form dengan membuat salinan file tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan tombol “Make a copy” pada bagian atas kiri layar ketika membuka file Google Form tersebut. Setelah itu, berikan nama pada salinan file tersebut dan simpan di folder penyimpanan yang diinginkan.

Penutup

Dalam kesimpulannya, menyimpan Google Form adalah langkah penting dalam melindungi data yang sudah diolah. Terdapat dua cara untuk menyimpan file Google Form, yaitu dengan cara mengunduh file dan membuat salinan file tersebut. Kedua cara tersebut sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan menyimpan file Google Form, maka Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran bahwa data anda aman dan terlindungi dari kemungkinan hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menyimpan data dari Google Form dan bermanfaat bagi keseharian Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mudah Menyimpan Google Form di Komputer dan Smartphone

Leave a Comment