Cara Membuat Word Menjadi 2 Bagian dengan Mudah

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Di era digital seperti saat ini, penggunaan Microsoft Word untuk menuliskan dokumen sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun, mungkin Anda sering mengalami kesulitan saat ingin membagi satu kata menjadi dua bagian pada akhir baris. Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi tentang cara membuat word menjadi 2 bagian dengan mudah.

Langkah-langkah

Langkah 1: Menentukan Kata yang Akan Dibagi

Langkah pertama dalam mengetahui cara membuat word menjadi 2 bagian adalah dengan menentukan kata yang ingin dibagi. Pastikan kata tersebut sesuai dengan aturan bahasa Indonesia dan dapat dibagi menjadi dua bagian dengan mudah. Sebagai contoh, kita akan membagi kata “perekat” menjadi “pe-rekat”.

Langkah 2: Menambahkan Tanda Hubung

Setelah menentukan kata yang akan dibagi, selanjutnya adalah menambahkan tanda hubung (-) di antara kedua bagian kata tersebut. Caranya adalah dengan mengklik tempat di mana tanda hubung ingin ditambahkan, lalu tekan tombol “-” (tanpa tanda petik).

Langkah 3: Mengecek Tata Letak Kata

Setelah menambahkan tanda hubung, pastikan kata-kata di sebelah kiri dan kanan tanda hubung berada pada bagian yang tepat di dalam paragraf. Pastikan juga tidak terdapat spasi yang tidak diinginkan. Anda dapat memanfaatkan fitur “Align Text” pada menu “Paragraph” untuk mengecek tata letak kata dengan lebih mudah.

Langkah 4: Memperbaiki Jumlah Kata pada Setiap Baris

Jika tata letak kata sudah benar, cek jumlah kata pada setiap baris. Pastikan tidak terdapat penulisan kata yang terpotong di tengah-tengah atau pun baris yang terlalu rapat karena kata-kata yang terlalu panjang. Pastikan juga terdapat minimal 2-3 kata pada setiap baris untuk memudahkan pembaca.

Penjelasan

Setelah mengetahui langkah-langkah cara membuat word menjadi 2 bagian, ada beberapa alasan mengapa teknik ini perlu diterapkan. Pertama, teknik ini akan membuat dokumen Anda lebih rapi dan mudah dibaca. Kedua, teknik ini juga berguna untuk menjaga etika penulisan bahasa Indonesia.

Bagi sebagian orang, membagi kata menjadi 2 bagian dianggap sebagai bentuk “cheat” atau kecurangan dalam menulis. Namun, sebenarnya membagi kata menjadi 2 bagian merupakan teknik yang sah digunakan dalam penulisan bahasa Indonesia. Justru, teknik ini membantu untuk menjaga konsistensi dan kualitas dari segi tata bahasa.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengunci Keyboard Laptop

Tips dan Trik

1. Gunakan Tanda Hubung yang Tepat

Pastikan menggunakan tanda hubung (-) dan bukan tanda penghubung lain seperti underscore (_), agar dokumen Anda tidak terlihat serif dan sulit dibaca.

2. Pilih Tempat yang Tepat untuk Memotong Kata

Pilihlah tempat yang tepat untuk memotong kata. Hindari memotong kata di tengah kalimat atau di tempat yang akan mengurangi makna dari kata tersebut.

3. Gunakan Software Penulisan yang Mendukung Pembagian Kata

Banyak software penulisan modern seperti Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk membagi kata menjadi 2 bagian secara otomatis. Manfaatkan fitur ini untuk memudahkan pekerjaan Anda.

4. Periksa Kembali Dokumen Anda Setelah Selesai Mengedit

Setelah selesai membagi kata menjadi 2 bagian, pastikan untuk memeriksa kembali seluruh dokumen Anda untuk memastikan tidak terdapat kesalahan atau penulisan yang terpotong.

5. Pelajari Aturan Bahasa Indonesia yang Berlaku

Terakhir, pelajari aturan bahasa Indonesia yang berlaku untuk memudahkan Anda dalam menggunakan teknik membagi kata menjadi 2 bagian ini. Hal ini akan membantu Anda dalam menulis dokumen dengan bahasa yang baik dan benar.

Cara Membuat Word Menjadi 2 Bagian: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Saat kita menulis sebuah dokumen atau artikel yang banyak menggunakan kata-kata panjang, terkadang terasa sulit untuk memformat paragraf agar tidak melebar menjadi satu baris yang sangat panjang. Dalam situasi ini, memecah kata menjadi dua bagian menjadi alternatif yang layak.

Anggaplah Anda sedang menulis sebuah dokumen tentang profesi dokter gigi dan Anda ingin membahas spesialis gigi. Kata “periodontist” sangat panjang dan berpotensi menimbulkan masalah format jika ditulis ke dalam paragraf yang pendek. Namun dengan memecah kata menjadi “perio” dan “dontist,” kata-kata tersebut bisa dimasukkan ke dalam paragraf yang lebih pendek dan terlihat lebih rapi.

Menggunakan kata-kata yang dipisahkan menjadi dua bagian juga memudahkan pembaca yang tidak terbiasa dengan istilah ahli untuk memahami konteks tulisan secara lebih cepat dan mudah.

Kekurangan

Meskipun memecah kata menjadi dua bagian bisa membantu untuk memperbaiki tampilan format tulisan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa cara ini dapat mengganggu pembaca keseluruhan niat dari penulis. Pembaca mungkin saja merasa terganggu dan kebingungan ketika sedang membaca kata yang dipisahkan menjadi dua bagian, terlebih jika jenis kata tersebut seringkali muncul dalam konteks tulisan.

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan 4G di BB Z3 dengan Mudah

Secara umum, penggunaan pemecahan kata menjadi dua bagian lebih berguna pada konteks tulisan yang sangat teknis atau spesifik. Namun pada jenis tulisan lainnya seperti fiksi atau editorial, penggunaan kata yang dipisahkan bisa saja menimbulkan distraksi atau bahkan memperburuk tampilan format tulisan yang seharusnya lebih rapi.

Kesimpulannya, memecah kata menjadi dua bagian bisa menjadi alternatif yang efektif untuk tampilan format tulisan. Namun perlu diingat untuk menggunakannya sesuai konteks dan jenis tulisan yang dibuat.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan “membuat word menjadi 2 bagian”?

Memisahkan satu kata menjadi dua bagian menggunakan tanda pisah (-) atau tanda pemenggal (‘). Contohnya: “tin-gkat” atau “lu-ar”.

2. Mengapa harus memisahkan kata menjadi dua bagian?

Kadang-kadang saat kita menuliskan kata, agak sulit untuk mencocokan huruf atau kata dengan kotak bacaan pada dokumen tertentu. Dalam hal ini, memisahkan kata menjadi dua bagian dapat membantu memudahkan pembacaan.

3. Bagaimana cara memisahkan kata menjadi dua bagian di Word?

Pertama, pilih kata yang ingin dipisahkan. Kemudian, tekan tombol “Ctrl+D” untuk membuka dialog “Font”. Di bagian bawah dialog, pilih kotak yang bertanda “Outline” dan pilih salah satu dari dua jenis kotak bacaan yang diinginkan. Akhirnya, tekan tombol “OK” untuk menyelesaikan.

4. Apakah ada cara lain untuk membuat kata menjadi 2 bagian di Word?

Ya, bisa menggunakan fitur “Arti Kata” di Word. Pilih kata yang ingin dipisahkan, klik kanan, dan pilih “Sinonim” di menu yang muncul. Setelah itu, pilih opsi “Arti Kata” untuk menampilkan dialog “Thesaurus”, di mana Anda dapat menemukan sinonim kata beserta pembacaannya yang sudah terpisah dua bagian.

5. Apakah harus menggunakan tanda pisah (-) atau pemenggal (‘)?

Tidak harus, yang penting adalah memisahkan kata menjadi dua bagian agar lebih mudah dibaca. Namun, bagi yang ingin menulis dengan benar secara kaidah bahasa, dapat menggunakan tanda pisah (-) atau pemenggal (‘) sesuai dengan kaidah ejaan.

6. Apakah cara ini akan berdampak pada format dokumen Word lainnya?

Tidak akan berdampak pada format dokumen Word lainnya, kecuali jika Anda menyimpan dokumen Anda dalam bentuk PDF atau format lainnya. Dalam hal ini, kata yang sudah dipisah ke dua bagian, akan tetap terpisah saat diubah ke format lain.

BACA JUGA  Cara Menemukan Emas yang Hilang dengan Mudah

7. Apakah bisa memisahkan satu kalimat menjadi dua bagian?

Bisa. Cara yang sama dapat diterapkan pada kalimat dengan memilih kata yang ingin dipisahkan dan mengikuti prosedur yang dibahas di atas.

8. Apakah ada aturan ejaan yang harus dipatuhi dalam memisahkan kata menjadi dua bagian?

Ada, aturan ejaan dapat dilihat pada panduan ejaan bersama terbitan dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

9. Apakah cara ini dapat berjalan pada versi Word yang lebih lama?

Iya, cara ini dapat berjalan pada versi Word yang lebih lama, seperti Word 2010 atau 2007.

10. Apakah ada kendala dalam penggunaan fitur ini?

Tidak ada kendala yang terdapat dalam penggunaan fitur ini, selama semua prosedur diikuti dengan benar dan mengikuti aturan ejaan yang berlaku.

Kesimpulan

Membagi dokumen Word menjadi dua kolom benar-benar dirasakan bermanfaat bagi banyak orang yang menggunakannya untuk tugas-tugas akademis atau pekerjaan. Dalam artikel ini, saya telah membahas cara untuk mengubah dokumen Word menjadi dua kolom dengan mudah dan praktis menggunakan opsi kolom. Pastikan Anda menguasai langkah-langkah tersebut agar dapat menghemat waktu dan lebih produktif dalam kegiatan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk memanfaatkan opsi margin untuk memberikan tampilan lebih baik pada dokumen Anda. Selalu ingat untuk selalu secara berkala melakukan save dokumen untuk menghindari kehilangan data jika terjadi sesuatu pada komputer Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Penutup

Dalam kegiatan sehari-hari, seringkali kita membutuhkan dokumen word yang terorganisir dan mudah dibaca. Salah satu cara memudahkan tampilan dokumen word adalah dengan membaginya menjadi dua kolom. Melalui panduan sederhana yang telah saya berikan di artikel ini, Anda sekarang dapat dengan mudah mengubah dokumen word menjadi dua kolom dalam waktu singkat dan mudah. Mulailah mempraktikkan cara ini saat Anda sedang menulis dokumen word untuk tugas akademis, presentasi bisnis, atau keperluan lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba! Jumpa lagi di artikel berikutnya!

Saran Video Seputar : Cara Membuat Word Menjadi 2 Bagian dengan Mudah

Leave a Comment