Cara Mengecek Plagiarisme di Word dengan Mudah dan Cepat

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Menulis merupakan pekerjaan yang penuh dengan kreativitas. Namun, terkadang kita tidak sadar bahwa tulisan yang kita hasilkan berasal dari ide orang lain alias kesalahan plagiarisme. Plagiarisme sendiri adalah tindakan yang melanggar hak cipta seseorang. Untuk itu, melalui artikel ini, saya akan membahas tentang cara mengecek plagiarisme di Word dengan mudah.

Langkah Langkah

Langkah 1: Menginstal Fitur Plagiarism Checker di Word

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginstal fitur Plagiarism Checker di Word. Fitur ini tersedia di versi Office 365, Office 2019, Office 2016, dan Office 2013. Kita dapat mengunduhnya melalui menu “File” dan kemudian pilih “Akun”. Selanjutnya, masukkan alamat email yang terkait dengan akun Office 365.

Langkah 2: Mengecek Plagiarisme

Setelah berhasil menginstal fitur Plagiarism Checker, kita dapat mengecek plagiarisme pada dokumen yang kita buat. Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu membuka dokumen yang ingin kita cek plagiarisme-nya, kemudian pilih “Review” dan “Check for Plagiarism”. Selanjutnya, kita bisa memilih metode pencarian dari internet atau dari dokumen lain yang pernah kita buat.

Langkah 3: Menentukan dan Memblokir Konten Plagiarisme

Setelah proses pencarian selesai, Plagiarism Checker akan menampilkan hasil yang terdeteksi terdapat konten plagiarisme atau tidak. Jika ditemukan, kita dapat menentukan konten yang merupakan hasil plagiarisme tersebut dan memblokirnya. Kita hanya perlu menandai kata atau kalimat yang dianggap plagiarisme dan pilih “Exclude”.

Langkah 4: Memodifikasi atau Menambahkan Konten

Jika setelah mengecek plagiarisme terdapat hasil yang tidak memuaskan atau kita ingin memodifikasi atau menambahkan konten, kita bisa melakukannya langsung di dokumen tersebut. Kita dapat melakukan perubahan pada kata-kata atau kalimat, menambahkan atau menghapusnya.

Penjelasan

Dalam dunia pendidikan atau pun bisnis, plagiarisme adalah tindakan yang tidak bisa diterima. Terlebih lagi jika kita menulis sebuah karya ilmiah, keaslian ide dan kehati-hatian dalam membuat tulisan harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, fitur Plagiarism Checker di Word bisa menjadi solusi mudah dan praktis untuk mengecek plagiarisme. Kita tidak perlu membuka situs-situs plagiarism checker online yang umumnya tidak gratis dan membutuhkan waktu lama.

BACA JUGA  Cara Mudah Membuat Ragi di Rumah

Dengan fitur ini, kita dapat mengecek plagiasi tidak hanya sekali, namun kita juga bisa mengedit langsung dokumen kita setelah mengetahuinya. Sehingga, tulisan yang menyerupai ide orang lain dapat dihindari.

Tips dan Trik

1. Lakukan pengecekan plagiarisme sebelum menyerahkan sebuah karya untuk memastikan keaslian ide.

2. Lakukan perubahan atau tambahan pada konten yang terindikasi plagiasi agar tulisan lebih orisinal.

3. Pilih metode pencarian yang akurat untuk menemukan hasil yang valid.

4. Pastikan telah menginstal fitur plagiarism checker di software Microsoft Office

5. Simpan dokumen yang telah diperbaiki agar sewaktu-waktu bisa digunakan kembali ketika diperlukan.

Cara Mengecek Plagiarisme di Word: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Jika Anda sering melakukan penulisan, maka mengetahui cara mengecek plagiarisme di Word bisa menjadi keuntungan tersendiri. Berikut beberapa kelebihan dari cara ini:

  • Sangat mudah dilakukan karena tinggal mengaktifkan fitur yang tersedia di Word.
  • Dapat mendeteksi apabila terdapat kesamaan frasa, kata, atau kalimat secara otomatis.
  • Memberikan hasil dengan cepat dan akurat.
  • Dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan pengecekan plagiarisme secara manual.

Kekurangan

Walaupun cara mengecek plagiarisme di Word memiliki beberapa kelebihan, namun juga memiliki beberapa kekurangan berikut:

  • Tidak memberikan informasi detail mengenai sumber asli yang digunakan dalam penulisan.
  • Membutuhkan pengaturan dan pemilihan yang tepat agar hasil yang diberikan lebih akurat.
  • Dapat memberikan hasil yang tidak akurat apabila terdapat kesamaan frasa yang umum digunakan sehingga dinyatakan plagiarisme.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Anda dapat memutuskan apakah cara mengecek plagiarisme di Word memberikan hasil yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan dalam penulisan Anda.

FAQ

1. Apa itu plagiarisme?

Plagiarisme adalah tindakan mengambil dan menggunakan karya orang lain tanpa memberi atribusi atau mengakui sumbernya.

2. Mengapa penting untuk mengecek plagiarisme di dokumen Word?

Dalam dunia akademik dan profesional, plagiarisme adalah salah satu pelanggaran terbesar yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, mengecek plagiarisme di dokumen Word sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mematuhi etika akademik dan profesional serta mencegah konsekuensi hukum yang mungkin.

BACA JUGA  Cara Mengubah Tombol Kembali Pada Browser Anda

3. Apakah Microsoft Word memiliki fitur untuk mengecek plagiarisme?

Ya, Microsoft Word memiliki fitur untuk mengecek plagiarisme dalam dokumen. Tetapi, fitur ini hanya akan menunjukkan apakah teks tertentu cocok dengan sumber online. Lebih baik menggunakan aplikasi cek plagiasi yang sesuai.

4. Apa jenis aplikasi cek plagiasi yang direkomendasikan?

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengecek plagiarisme, seperti Turnitin, PlagScan, Grammarly, Scribbr, dan lain-lain.

5. Bagaimana cara mengecek plagiarisme di dokumen Word menggunakan aplikasi cek plagiasi?

Pertama, copy teks dari dokumen Word. Kedua, paste pada kolom input aplikasi cek plagiasi. Ketiga, tunggu hasil dari proses pengecekan. Hasil ditampilkan dengan persentase kemiripan dan sumber teks yang mirip.

6. Apa persentase kemiripan yang bisa diterima?

Sebaiknya persentase kemiripan tidak melebihi 15%. Tetapi, dalam beberapa kasus, diperbolehkan hingga 20-30%. Tergantung pada kebijakan institusi atau tempat kerja.

7. Bagaimana cara menghindari plagiarisme di dokumen Word?

Cara terbaik untuk menghindari plagiarisme adalah dengan selalu memberikan atribusi atau mengakui sumber dari teks yang digunakan. Misalnya, dengan mengutip secara tepat dan memberi referensi sumber teks.

8. Bagaimana jika menemukan plagiarisme di dokumen Word?

Jika menemukan plagiarisme di dokumen Word, segera lakukan perbaikan dengan memberikan atribusi atau mengakui sumber teks yang digunakan. Kemudian melakukan pengecekan kembali dengan menggunakan aplikasi cek plagiasi.

9. Apakah ada biaya untuk menggunakan aplikasi cek plagiasi?

Ya, sebagian besar aplikasi cek plagiasi berbayar. Ada pilihan langganan bulanan atau pembayaran satu kali. Namun, ada juga beberapa yang gratis seperti Plagiarism Checker, Dupli Checker, dan lain-lain.

10. Apakah menggunakan aplikasi cek plagiasi legal dan etis?

Iya. Menggunakan aplikasi cek plagiasi legal dan etis. Dalam dunia akademik dan professional, aplikasi cek plagiasi menjadi alat yang digunakan untuk menegakan etika akademik dan professionall.

BACA JUGA  3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

Cara Mengecek Plagiarisme di Word

Jika Anda seorang penulis, mahasiswa, atau guru, mungkin Anda ingin memastikan bahwa karya tulis Anda bebas dari plagiat. Ada banyak alat online yang tersedia untuk membantu Anda memeriksa plagiarisme, tetapi jika Anda tidak ingin bergantung pada alat online, Word dapat dengan mudah membantu Anda dalam mengecek plagiarisme dalam karya tulisan Anda.

Langkah Pertama: Gunakan Fitur Bawaan Word

Word memiliki fitur bawaan yang dapat membantu Anda mengecek plagiarisme dengan mudah. Buka dokumen Anda di Word dan pilih bagian yang ingin Anda periksa. Lalu, klik tombol Review di menu utama dan pilih “Tanda Tangan Digital”. Fitur ini akan membuka jendela baru yang memungkinkan Anda untuk mencari kemiripan dengan isi dokumen dari sumber online. Setelah pencarian selesai, Word akan menunjukkan kepada Anda hasilnya.

Langkah Kedua: Gunakan Situs Plagiat Checker

Jika Anda ingin memiliki pilihan lain, Anda dapat menggunakan situs Plagiat Checker untuk memeriksa plagiarisme di Word. Buka situs tersebut dan pastikan dokumen Anda telah disalin dan disimpan di Word. Salin teks dari dokumen Anda dan tempelkan di situs tersebut. Kemudian, tekan tombol “Cek Plagiat” dan tunggu hasilnya. Situs ini akan memberi tahu Anda apakah ada kemiripan teks yang ditemukan dalam sumber online atau tidak.

Kesimpulan dan Penutup

Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengecek plagiarisme di Word. Dengan fitur yang ada di Word, Anda dapat dengan mudah mengecek keaslian dokumen Anda. Namun, jika Anda ingin memeriksa lebih lanjut, situs Plagiat Checker juga dapat membantu Anda dalam mengecek plagiarisme. Penting untuk selalu mengecek keaslian karya tulis kita dan memastikan bahwa kita tidak melakukan plagiat. Sampai jumpa!

Saran Video Seputar : Cara Mengecek Plagiarisme di Word dengan Mudah dan Cepat

Leave a Comment