Cara Menulis Bismillah di Microsoft Word dengan Mudah

Pendahuluan

Halo sobat Teknopil! Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanda bismillah bukan? Tanda bismillah menjadi simbol awal dari setiap aktivitas yang dilakukan oleh umat Muslim. Beberapa orang mungkin pernah merasa kesulitan saat ingin menuliskan tanda bismillah di dokumen yang dibuat. Nah, pada kali ini, saya akan memberikan langkah-langkah praktis untuk menulis bismillah di word dengan mudah dan cepat. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Langkah-Langkah

1. Gunakan Hotkey atau Shortcut Key

Salah satu cara tercepat untuk menulis bismillah di dokumen word adalah dengan menggunakan hotkey atau shortcut key. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol “Ctrl + Shift + B” secara bersamaan, maka akan muncul tanda bismillah di dokumen word kalian. Selain itu, kalian juga bisa mencoba menggunakan hotkey lainnya, seperti “Ctrl + Alt + B” atau “Ctrl + Shift + 1”.

2. Gunakan Simbol Bismillah

Bagi kalian yang tidak ingin menggunakan hotkey, ada cara lain yaitu dengan menyisipkan simbol bismillah di dokumen word. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu membuka menu “Insert” pada ribbon kemudian pilih “Symbol”. Setelah itu, pilih font “Segoe UI Symbol” lalu cari dan pilih simbol bismillah sesuai dengan selera. Selanjutnya, klik tombol “Insert” dan simbol bismillah akan muncul di dokumen word kalian.

3. Buat AutoText

Jika kalian sering menggunakan tanda bismillah di dokumen word kalian, maka cara yang paling praktis adalah dengan membuat autotext. Autotext adalah fitur yang memungkinkan kalian untuk menyimpan dan menggunakan teks yang sering kalian gunakan secara berulang. Cara membuat autotext yaitu, buat dokumen baru dengan format seperti yang kalian inginkan, lalu ketik tanda bismillah. Kemudian, pilih teks bismillah yang telah kalian tulis dan klik menu “Insert” pada ribbon, lalu pilih “Quick Parts” dan klik “AutoText”. Terakhir, tentukan nama autotextnya kemudian klik “OK”. Setiap kalian akan mengetik tanda bismillah, kalian hanya perlu mengetikan nama autotext yang telah kalian buat, maka tanda bismillah akan muncul di dokumen word kalian.

4. Gunakan Add-Ins

Apabila kalian masih merasa kesulitan dengan cara-cara di atas, kalian bisa memanfaatkan add-ins atau aplikasi tambahan untuk memudahkan kalian menulis tanda bismillah di dokumen word. Beberapa add-ins yang bisa kalian gunakan di antaranya “Bismillah Add-Ins” atau “Quickly Insert Bismillah”. Add-ins ini dapat kalian unduh secara gratis di situs download aplikasi seperti Softonic ataupun Cnet.

Penjelasan

Semua langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas sangat efektif dan mudah untuk dilakukan. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kalian bisa memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kalian. Namun, saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan hotkey atau shortcut key karena cara ini paling cepat dan praktis. Selain itu, kalian juga bisa mengkombinasikan beberapa cara, seperti membuat autotext dan menggunakan shortcut key untuk mempercepat proses penulisan tanda bismillah di dokumen kalian.

BACA JUGA  Cara Mudah Membedakan Pampers Depan dan Belakang

Tips dan Trik

1. Hafalkan Hotkey atau Shortcut Key

Agar bisa menghemat waktu dan lebih praktis, sebaiknya kalian hafalkan hotkey atau shortcut key untuk menulis tanda bismillah di dokumen word. Dengan begitu, kalian tidak perlu membuka menu “Insert” atau mencari simbol bismillah setiap saat. Ingatlah hotkey yang telah kalian gunakan sehingga kalian tidak perlu berulang kali mencari tahu cara menuliskan tanda bismillah.

2. Buat Daftar Autotext yang Sering Digunakan

Selain autotext untuk tanda bismillah, kalian bisa membuat daftar autotext untuk teks yang sering kalian gunakan. Misalnya, alamat kantor, nomor telepon, atau tanda tangan elektronik. Dengan membuat daftar autotext, kalian bisa menghemat waktu dalam mengetik dokumen word.

3. Cari Add-Ins yang Dapat Membantu Pekerjaan

Banyak add-ins yang tersedia di internet, kalian bisa mencari add-ins sesuai dengan kebutuhan kalian. Beberapa add-ins dapat membantu kalian menghemat waktu dalam mengetik dokumen atau melakukan pekerjaan lainnya. Jadi, pastikan kalian mencari add-ins yang berguna dan sesuai dengan pekerjaan kalian.

4. Kombinasikan Beberapa Cara

Kalian bisa mengkombinasikan beberapa cara yang telah saya jelaskan sebelumnya, seperti menggunakan autotext dan shortcut key. Dengan mengkombinasikan cara-cara tersebut, kalian bisa menghemat waktu dan lebih praktis dalam menulis tanda bismillah di dokumen word.

5. Selalu Simpan Dokumen Kalian Secara Berkala

Selalu ingat untuk menyimpan dokumen kalian secara berkala, terutama jika kalian sudah melakukan banyak perubahan pada dokumen tersebut. Jadi, pastikan kalian menyimpan dokumen kalian setiap beberapa menit atau jika terjadi perubahan penting. Hal ini akan menghindarkan kalian dari kehilangan pekerjaan karena dokumen tidak disimpan dengan baik.

Kelebihan & Kekurangan Cara Menulis Bismillah di Word

Bismillah merupakan sebuah kalimat pembukaan dalam agama Islam yang berarti “Dengan menyebut nama Allah”. Kalimat ini menjadi penting untuk diucapkan sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk menulis. Jika kamu sering menulis di Microsoft Word, tentu kamu pernah ingin menulis bismillah di awal tulisanmu. Nah, berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan cara menulis bismillah di Word.

Kelebihan:
– Memperlihatkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT
– Mengingatkan kita untuk selalu berserah diri dan berada di bawah perlindungan Allah SWT
– Menjadi pengingat untuk selalu memulai segala sesuatu dengan menyebut nama Allah SWT
– Mengajarkan kepada orang lain untuk berbuat hal yang sama, terutama mereka yang baru dikenalkan dengan Islam

BACA JUGA  Cara Menghitung Jam Kerja di Excel dengan Mudah dan Tepat

Kekurangan:
– Bismillah tidak selalu diperlukan dalam setiap tulisan, terutama jika tulisan tersebut tidak memiliki kaitan dengan agama
– Terkadang, penambahan bismillah dalam setiap tulisan malah dianggap mengada-ada dan kurang sopan
– Bagi yang bukan beragama Islam, penambahan bismillah dalam setiap tulisan justru dapat membuat mereka merasa tidak nyaman
– Kurangnya kesadaran dalam menuliskan bismillah dengan benar dapat menimbulkan kesalahan dan menyebabkan kekhawatiran dalam hal akidah (keyakinan)

Meskipun demikian, menulis bismillah di awal tulisan tetaplah menjadi sebuah kebiasaan yang baik di dalam agama Islam. Untuk menulis bismillah di Word, kamu bisa memanfaatkan fitur AutoCorrect yang tersedia pada program tersebut. Caranya adalah dengan menambahkan entry baru pada fitur AutoCorrect yang bisa diakses melalui menu File > Options > Proofing > AutoCorrect.

Setelah itu, kamu bisa menuliskan atau menyalin bismillah pada kolom Replace, dan bismillah dengan format yang benar pada kolom With. Selanjutnya, setiap kali kamu mengetikkan “bsm” atau “BSM” dalam tulisanmu, bismillah yang sudah disetting pada fitur AutoCorrect akan muncul secara otomatis.

Namun, pastikan kamu menuliskan bismillah dengan benar dan memiliki pemahaman yang baik tentang makna dan pentingnya kalimat tersebut. Sehingga kebiasaan menuliskan bismillah tidak hanya menjadi rutinitas tanpa makna, tetapi juga membawa manfaat spiritual bagi diri sendiri dan orang lain.

FAQ

1. Apa itu Bismillah?

Bismillah adalah sebuah kalimat yang berarti “dengan menyebut nama Allah”. Kalimat ini sering digunakan sebagai awal sebelum melakukan suatu aktivitas atau kegiatan.

2. Bagaimana cara menulis Bismillah di Word?

Untuk menulis Bismillah di Word, pertama kamu bisa melakukan pengetikan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi ‘insert’, kemudian klik ‘symbol’. Setelah itu, akan muncul berbagai jenis simbol. Kamu bisa mencari tanda Bismillah dengan mengetikkan “Bismillah” di kotak pencarian.

3. Apa bentuk tulisan yang tepat untuk menulis Bismillah?

Bentuk tulisan Bismillah yang tepat adalah menggunakan huruf arab. Di dalam kaligrafi Islam, terdapat berbagai jenis gaya tulisan Bismillah yang indah dan artistik.

4. Apakah menulis Bismillah di awal tulisan sangat penting?

Mengucapkan Bismillah atau menulisnya di awal tulisan sangat penting dalam agama Islam. Hal ini sebagai tanda penghormatan terhadap Allah dan sebuah bentuk rasa syukur kepada-Nya.

5. Apakah ada aturan khusus dalam menulis Bismillah?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam menulis Bismillah. Namun, sebaiknya menuliskannya dengan benar dan memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar.

6. Apakah Bismillah sama dengan sholawat nabi?

Tidak, Bismillah bukanlah sholawat nabi. Bismillah adalah kalimat pembukaan yang digunakan untuk mengawali suatu aktivitas atau kegiatan, sedangkan sholawat nabi adalah kalimat pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA  Cara Membuat Akun Google yang Baru

7. Apakah menulis Bismillah dapat membawa berkah?

Menuliskan Bismillah di awal tulisan dapat membawa berkah dan memberikan nilai tambah. Hal ini karena kita menunjukkan sikap tawakal kepada Allah sehingga kita bisa meraih keberkahan dalam pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan.

8. Bagaimana cara menulis Bismillah yang baik dan benar?

Untuk menulis Bismillah yang baik dan benar, kamu bisa menuliskannya dengan menggunakan huruf arab, baik itu dengan tulisan tangan atau menggunakan komputer. Pastikan juga penulisan tata bahasa yang baik dan benar dalam konteks kalimat.

9. Apakah ada waktu yang tepat untuk menulis Bismillah?

Tidak ada waktu yang tepat untuk menulis Bismillah. Kamu bisa menuliskannya di awal tulisan atau dokumen apapun tanpa terikat waktu tertentu.

10. Apa manfaat menulis Bismillah di Word?

Menulis Bismillah di Word memiliki manfaat yang sama dengan menulis Bismillah di media apapun. Kamu bisa meraih berkah dan keberuntungan dalam pekerjaan atau kegiatan yang kamu lakukan. Selain itu, menulis Bismillah juga bisa menjadi reminder untuk selalu mengingat Allah dalam setiap aktivitas.

Kesimpulan

Menulis bismillah di Word sangatlah mudah dan sederhana. Dengan mengikuti beberapa langkah mudah, Anda dapat menulisnya dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengetahui cara menulis bahasa Arab menggunakan keyboard pada komputer Anda, lalu menyalin contoh bismillah ke dokumen Word.

Jika Anda menggunakan Word secara teratur, Anda mungkin pernah berpikir untuk menulis bismillah. Terlebih lagi, jika Anda sering menulis surat, tesis, atau dokumen resmi lainnya, maka menulis bismillah menjadi hal yang penting. Dengan cara yang cepat dan mudah, Anda dapat menulis bismillah di Word dalam waktu singkat.

Penutup

Dalam kesimpulannya, menulis bismillah di Word tidaklah sulit. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat menuliskannya dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengetahui cara menulis bahasa Arab menggunakan keyboard di komputer Anda, dan kemudian menyalin contoh bismillah ke dokumen Word. Sekarang, Anda dapat menulis bismillah sehingga dokumen Anda selalu dimulai dengan nama Tuhan Yang Maha Esa. Terangkan bahwa penulisan bismillah adalah penting dalam naskah apapun yang bertujuan untuk menghormati Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan lupa untuk senantiasa menuliskan bismillah saat memulai segala macam aktivitas, seperti menuliskan surat, membuka presentasi atau sederhana sekali ketika Anda mulai bekerja. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda dan bisa dijadikan sebuah panduan yang berguna dalam menuliskan bismillah di Word. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Saran Video Seputar : Cara Menulis Bismillah di Microsoft Word dengan Mudah

Leave a Comment