Cara Mudah dan Cepat Mengirim Folder Lewat WhatsApp

Halo sobat TeknoPil,

Kalian pasti pernah mengalami kesulitan dalam mengirimkan suatu folder melalui WhatsApp, bukan? Terkadang, kita hanya bisa mengirim satu persatu file dari dalam folder tersebut. Namun, tenang saja! Di artikel kali ini, saya akan memberikan panduan tentang cara mengirim folder lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat. Jadi, simak baik-baik ya!

Langkah-Langkah:

1. Zip atau kompres folder terlebih dahulu

Sebelum mengirimkan folder tersebut, kita perlu mengkompresnya terlebih dahulu. Caranya, klik kanan pada folder yang ingin dikirim, lalu pilih opsi “compress” atau “add to archive” (tergantung sistem operasi yang digunakan). Setelah itu, akan muncul file dengan format .zip atau .rar yang dapat dikirimkan melalui WhatsApp.

2. Buka aplikasi WhatsApp

Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Anda dan buka obrolan dengan penerima yang ingin Anda kirimkan folder tersebut.

3. Pilih file dari folder yang dikompres

Ketuk lambang tanda “+” yang terdapat di sebelah kiri bawah layar chat Anda, lalu pilih opsi “Document”. Selanjutnya, cari file folder yang telah terkompresi tersebut dan kirimkan ke penerima.

4. Tunggu sampai proses pengiriman selesai

Selanjutnya, tunggu sampai proses pengiriman selesai dan pastikan bahwa file yang diterima sudah dapat dibuka dan tidak ada masalah.

Penjelasan:

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengkompres folder terlebih dahulu. Pertama, hal ini memudahkan kita dalam mengirim file-folder sekaligus melalui WhatsApp. Kedua, dengan mengkompres folder, size-nya akan mengecil sehingga proses pengiriman menjadi lebih cepat dan tidak memakan banyak kuota internet. Terakhir, mengkompres folder juga bisa meningkatkan keamanan file yang kita kirimkan, sehingga lebih aman dari kemungkinan kebocoran data.

Tips dan trik:

1. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Send Anywhere” atau “WeTransfer” untuk mengirim file-folder berukuran besar melalui WhatsApp dengan mudah dan gratis.

2. Gunakan jaringan Wi-Fi

Jika Anda ingin mengirim file-folder berukuran besar, pastikan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi agar proses pengiriman menjadi lebih cepat dan tidak memakan banyak kuota internet.

BACA JUGA  Cara Mudah Menonaktifkan Kunci Layar Samsung

3. Pastikan folder terkompresi dengan benar

Jangan lupa untuk memastikan bahwa folder yang telah terkompresi bisa dibuka dan tidak ada masalah sebelum dikirimkan ke penerima.

4. Batasi jumlah file

Jika kalian ingin mengirimkan file-folder dengan jumlah yang sangat banyak, batasi jumlah file dalam satu kompresan agar tidak terlalu berat dan memakan waktu lama untuk diunggah dan didownload oleh penerima.

5. Hapus file yang tidak diperlukan

Sebelum mengkompres folder, pastikan untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan atau duplikat. Hal ini akan meminimalisir ukuran file-folder dan menghemat kuota internet saat mengirimkan melalui WhatsApp.

Demikianlah panduan tentang cara mengirim folder lewat WhatsApp. Dengan ini, saya harap kalian dapat dengan mudah mengirimkan file-folder dengan size yang besar dengan mudah dan lebih aman. Jangan lupa untuk terus membaca artikel di TeknoPil untuk mendapatkan tips dan trik seputar teknologi terbaru. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Cara Mengirim Folder Lewat WhatsApp: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh cara mengirim folder lewat WhatsApp adalah kemudahan penggunaannya. Jika Anda memilih cara ini, maka Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan atau menggunakan layanan cloud storage lainnya. Cukup dengan menggunakan Whatsapp, maka Anda sudah dapat mengirimkan folder yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, mengirim folder lewat WhatsApp juga merupakan cara yang efektif untuk membagikan file dalam jumlah besar kepada teman atau rekan kerja Anda dalam satu waktu. Tidak perlu mengirim satu per satu file dalam chat, yang tentunya memakan waktu dan tenaga. Dengan mengirim folder, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, sehingga dapat fokus pada kegiatan lain yang lebih penting.

Kekurangan

Meskipun cara mengirim folder lewat WhatsApp memiliki kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Salah satu kekurangan yang dimaksud adalah keterbatasan ukuran file. WhatsApp hanya memungkinkan pengguna untuk mengirim file dengan ukuran maksimal 100 MB. Jika file yang ingin Anda kirim lebih besar dari itu, maka Anda harus mencari alternatif lain.

BACA JUGA  Cara Paketin Pulsa XL dengan Mudah dan Cepat

Selain itu, mengirim folder lewat WhatsApp juga memiliki kekurangan dalam hal privasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengirim file atau folder yang bersifat rahasia atau sensitif, maka Anda harus berpikir ulang untuk menggunakan WhatsApp. Sebab, file yang dikirim melalui WhatsApp dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke smartphone yang sama. Seperti diketahui, aplikasi ini tidak memungkinkan pengguna untuk mengunci pesan.

Secara keseluruhan, cara mengirim folder lewat WhatsApp merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin mengirim file dalam jumlah yang cukup besar dan tidak terlalu memperhatikan masalah privasi. Namun, untuk file rahasia atau besar, mungkin lebih baik Anda mencari alternatif lain yang lebih aman dan efektif.

FAQ

1. Apa itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan berbasis internet yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan teks, file, foto, dan video secara gratis.

2. Bagaimana cara mengirim folder lewat WhatsApp?

Anda dapat memilih folder yang ingin Anda kirim dan tambahkan ke dalam arsip. Kemudian, kirim arsip tersebut melalui WhatsApp.

3. Apa itu arsip?

Arsip adalah file yang berisi beberapa file atau folder terkompresi menjadi satu file.

4. Bagaimana cara membuat arsip?

Anda dapat membuat arsip dengan menggunakan pilihan “kompresi” yang tersedia dalam menu file pada Windows atau Mac.

5. Bagaimana cara mengirim arsip melalui WhatsApp?

Caranya adalah Anda membuka WhatsApp, masuk ke obrolan dengan penerima, dan kemudian ketuk ikon “Lampiran”. Pilih “Dokumen” dan cari arsip Anda untuk mengunggah dan mengirimkannya.

6. Apa format file yang didukung oleh WhatsApp?

WhatsApp mendukung format file seperti PDF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PPT, PPTX, RTF, TXT, ZIP, MP3, MP4, dan banyak lagi.

7. Bagaimana cara membatalkan pengiriman folder?

Anda tidak dapat membatalkan pengiriman setelah dikirim. Pastikan untuk memeriksa file dan arsip dengan hati-hati sebelum mengirimkannya.

BACA JUGA  Cara Melihat Panggilan WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan Mudah

8. Apakah ada batasan ukuran file yang dapat dikirim melalui WhatsApp?

Ya. WhatsApp memiliki batasan ukuran file maksimum sebesar 100 MB.

9. Apakah file yang telah dikirim melalui WhatsApp dapat diunduh kembali?

Ya, jika file tersebut belum dihapus oleh pengirim atau penerima, maka file masih dapat diunduh kembali di WhatsApp.

10. Apakah WhatsApp mengenkripsi pesan dan file yang dikirim?

Ya, WhatsApp mempergunakan enkripsi end-to-end yang aman. Artinya hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan atau file yang dikirimkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, saya telah membahas cara mengirim folder lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat. Pertama-tama, pastikan ponsel Anda memiliki aplikasi WhatsApp terbaru. Kemudian, pilih folder yang ingin Anda kirim dan kompres folder tersebut. Setelah itu, buka WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda kirimkan folder tersebut. Klik icon lampiran dan pilih “Dokumen” untuk mengunggah folder yang telah Anda kompres sebelumnya. Kemudian, klik kirim dan tunggu sampai folder berhasil dikirimkan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt atau Google Drive untuk mengirim folder yang lebih besar. Namun, pastikan mempertimbangkan keamanan data Anda dan pastikan Anda mengirimkannya ke kontak yang sah.

Saya harap dengan artikel ini Anda dapat mengirim folder dengan mudah dan tidak harus khawatir lagi dengan ukuran maksimum pengiriman berkas. Jangan lupa untuk mengamankan data Anda dan hanya mengirimkannya ke seseorang yang tepat.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk memberikan komentar atau saran yang membangun untuk perbaikan artikel di masa mendatang. Kami akan senang mendengar dari pembaca kami.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga hari Anda menyenangkan!

Saran Video Seputar : Cara Mudah dan Cepat Mengirim Folder Lewat WhatsApp

Leave a Comment