Cara Mudah Membuat Makalah di WPS Office

Halo sobat TeknoPil! Jika kamu sedang mencari cara membuat makalah di WPS Office, kamu berada di tempat yang tepat. WPS Office adalah salah satu aplikasi perkantoran yang populer dan mudah digunakan. Dalam artikel ini, saya akan berbagi langkah-langkah lengkap tentang cara membuat makalah dengan menggunakan WPS Office. Langsung saja, simak artikel ini sampai selesai ya!

Langkah-langkah

1. Membuka WPS Office

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka WPS Office di komputer kamu. Caranya sangat mudah, kamu cukup klik dua kali pada ikon WPS Office di desktop atau mencarinya di menu start.

Tips:

  • Pastikan kamu sudah menginstal dan memiliki aplikasi WPS Office di komputer kamu
  • Periksa koneksi internet sebelum membuka aplikasi, agar tidak gagal membuka aplikasi tersebut

2. Memilih Jenis Dokumen

Setelah membuka WPS Office, kamu akan melihat beberapa pilihan jenis dokumen. Pilih “Dokumen baru” atau “Blank Word Document” untuk membuat dokumen kosong.

Tips:

  • Pilih jenis dokumen yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Simpan jangan lupa, agar dokumen kamu tidak hilang jika terjadi sistem error atau terjadi kesalahan sistem lainnya.

3. Menulis Konten Makalah

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan konten makalah kamu secara lengkap dan jelas di dokumen kosong WPS Office. Kamu dapat menambahkan paragraf, tabel, gambar dan juga format teks dari menu di bagian atas WPS Office.

Tips:

  • Pastikan konten makalah kamu sudah terstruktur secara rapi dan mudah dipahami.
  • Pilih jenis font yang jelas dan mudah dibaca.
  • Jangan lupa untuk menyisipkan referensi atau sumber informasi di bagian bawah halaman makalah kamu.

4. Mengecek Tanda Baca dan Kesalahan Kebahasaan

Setelah semua konten makalah kamu selesai diisi, pastikan kamu melakukan pengecekan tanda baca dan kesalahan kebahasaan dengan menggunakan fitur spell-check di WPS Office.

Tips:

  • Saat melakukan cek tanda baca, pastikan kamu membaca dokumen makalah kamu secara perlahan dan teliti agar tidak ketinggalan kesalahan kebahasaan atau tanda baca yang terlewatkan.
  • Coba meminta orang lain membaca makalah kamu, agar bisa lebih mudah menemukan kekurangan atau kesalahan yang kamu samakan selama proses penulisan.

Penjelasan

Membuat makalah tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Dapat dikatakan, membuat makalah membutuhkan waktu dan kesabaran. Untuk itu, sebelum mulai menulis dalam dokumen makalah di WPS Office, kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut:

BACA JUGA  Cara Mudah Instal Flutter untuk Pemula

– Persiapkan topik makalah yang akan kamu tulis
– Sediakan pustaka atau referensi sebagai acuan dalam tulisan makalah
– Buatlah kerangka tulisan agar mudah untuk menuliskannya menjadi tulisan yang lengkap
– Temukan ide yang kreatif dan menarik untuk menarik perhatian pembaca.

Tips dan Trik

1. Efisiensi waktu dengan mengatur jadwal penulisan setiap hari sampai selesai
2. Temukan referensi tambahan memperkaya isi makalah
3. Perluas wawasan dengan berdiskusi dengan ahli.
4. Menggunakan fitur periksa keterbacaan dan bahasa sebelum dokumen final, sebagai jaminan bahwa dokumen yang diterbitkan akan bebas dari kesalahan atau masalah yang mengganggu keterbacaan.
5. Jangan lupa menambahkan beberapa contoh kasus jika diperlukan, terutama jika makalah kamu berkaitan dengan masalah yang terkait dengan konteks tertentu.

Demikian adalah beberapa tips serta trik yang berguna untuk kamu dalam menulis dokumen makalah dengan menggunakan WPS Office. Dalam memperoleh hasil yang maksimal, sering melatih kemampuan menulis dan juga berfikir kritis sangat diperlukan. Namun jangan khawatir, dengan terus berlatih maka pengetahuan serta kemampuanmu dalam menulis dokumen makalah ini pasti akan meningkat. Semoga bermanfaat!

Cara Membuat Makalah di WPS Office: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

WPS Office merupakan sebuah aplikasi pengolah kata gratis yang menawarkan sejumlah kelebihan untuk membuat makalah. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan:

Kelebihan Keterangan
Gratis Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk menggunakan aplikasi ini.
Ringan WPS Office tidak membebani sistem dan tidak memakan banyak RAM komputer.
Beragam fitur Fitur-fitur dalam WPS Office cukup beragam dan bisa digunakan untuk membuat makalah dengan fleksibilitas yang tinggi.
Format file yang luas Dapat membaca dan menulis file dengan format .doc, .docx, .ppt, .pptx, .xls, .xlsx serta PDF

Kekurangan

Walau memiliki berbagai kelebihan, WPS Office juga memiliki beberapa kekurangan yang disertai dalam membuat makalah. Berikut ini adalah kekurangan yang perlu diperhatikan:

Kekurangan Keterangan
Membutuhkan koneksi internet Agar bisa mengaktifkan aplikasi, Anda memerlukan koneksi internet yang stabil.
Batasan fitur Seperti sudah umum diketahui, versi gratis dari aplikasi apapun selalu memiliki keterbatasan fitur, termasuk WPS Office. Anda akan memerlukan versi berbayar untuk dapat mengakses fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap.
Kurang populer WPS Office kurang populer jika dibandingkan dengan Microsoft Office, yang sudah menjadi pilihan populer dalam membuat makalah. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mempraktekkan aplikasi ini secara terus-menerus.
BACA JUGA  Cara Mudah Membaca Dalail Khairat, Panduan Lengkap dari Guru Sekumpul

Secara keseluruhan, WPS Office merupakan software pengolah kata yang gratis dan mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan, namun juga disertai dengan kelemahan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan WPS Office sebagai pemroses kata dalam membuat makalah, pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

FAQ

1. Apa itu WPS Office?

WPS Office adalah sebuah aplikasi perkantoran yang dapat digunakan untuk membuat dokumen seperti makalah, presentasi, dan spreadsheet.

2. Apakah WPS Office gratis?

Ya, WPS Office dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun, terdapat fitur tambahan yang hanya tersedia pada versi berbayar.

3. Bagaimana cara membuat dokumen baru di WPS Office?

Untuk membuat dokumen baru di WPS Office, cukup klik ikon “New” di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih jenis dokumen yang ingin dibuat.

4. Apakah WPS Office dapat membuka dokumen dari program lain?

Ya, WPS Office dapat membuka dokumen dari program lain seperti Microsoft Office dan Google Docs.

5. Apakah WPS Office dapat menyimpan dokumen dalam format yang berbeda?

Ya, WPS Office dapat menyimpan dokumen dalam format seperti .docx, .pptx, .xlsx, dan format lainnya.

6. Bagaimana cara menambahkan gambar ke dalam makalah di WPS Office?

Untuk menambahkan gambar ke dalam makalah di WPS Office, klik ikon “Insert” di menu atas aplikasi, kemudian pilih “Picture” dan cari gambar yang ingin ditambahkan.

7. Bagaimana cara memberi format pada teks di WPS Office?

Untuk memberi format pada teks di WPS Office, gunakan fitur seperti “Font”, “Size”, “Bold”, “Italic” yang dapat ditemukan di menu atas aplikasi.

8. Bagaimana cara memberi nomor halaman pada makalah di WPS Office?

Untuk memberi nomor halaman pada makalah di WPS Office, klik ikon “Insert” di menu atas aplikasi, kemudian pilih “Page Number” dan pilih jenis nomor halaman yang diinginkan.

9. Apakah WPS Office dapat melakukan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa?

Ya, WPS Office dapat melakukan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dengan menggunakan fitur “Spelling & Grammar” yang dapat ditemukan di menu atas aplikasi.

BACA JUGA  Cara Kerja Mesin Fotocopy: Semua yang Perlu Sobat TeknoPil Ketahui

10. Bagaimana cara menyimpan makalah di WPS Office?

Untuk menyimpan makalah di WPS Office, klik ikon “Save” di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih direktori dan nama file untuk makalah tersebut.

Kesimpulan

Membuat makalah di WPS Office tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Dalam artikel ini, saya telah menjelaskan langkah-langkahnya mulai dari membuat file, menambahkan teks, mengganti font, menambahkan gambar, hingga menyimpan dan membagikan makalah. Selain itu, WPS Office juga memiliki fitur-fitur tambahan yang sangat memudahkan pengguna dalam membuat makalah seperti fitur koreksi mengetik dan template.

Berikut adalah ringkasan langkah-langkah membuat makalah di WPS Office:

  1. Buka program WPS Office dan pilih Create New Document
  2. Tambahkan teks, dapat pula mengganti format font, ukuran, dan jenis font
  3. Tambahkan gambar dengan memilih menu Insert, kemudian Picture
  4. Ketik judul, nama penulis, dan tanggal pembuatan di header atau footer dokumen
  5. Review ulang dokumen dan pastikan tidak terjadi kesalahan ketik atau pemilihan format yang salah
  6. Simpan dokumen dan pilih format yang tepat sesuai dengan kebutuhan
  7. Bagikan makalah dengan cara mengirimkannya melalui email atau menyimpan ke Google Drive atau Dropbox

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang baru belajar membuat makalah di WPS Office atau yang ingin memperbaiki keahlian dalam membuat makalah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pembuatan makalah di WPS Office akan lebih mudah dan efektif. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk bereksperimen dan mengembangkan kreativitas dalam membuat makalah!

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara membuat makalah di WPS Office. Dalam artikel ini, saya telah menjelaskan langkah-langkah mulai dari membuat file, menambahkan teks, mengganti font, menambahkan gambar, hingga menyimpan dan membagikan makalah. WPS Office merupakan program yang sangat efektif dalam membantu pembuatan makalah dengan fitur-fitur seperti koreksi mengetik dan template yang tersedia.

Sekali lagi, jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dalam membuat makalah. Dengan mengasah kemampuan dalam membuat makalah, kita dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berkomunikasi secara tertulis. Semoga sukses dalam pembuatan makalah selanjutnya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Mudah Membuat Makalah di WPS Office

Leave a Comment