Cara Menampilkan Jumlah Pesan WhatsApp dengan Mudah

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPil! Penggunaan WhatsApp kini sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari kita. Hal itu memungkinkan kita untuk mengetahui pesan apa saja yang masuk ke dalam aplikasi tersebut. Namun, kadangkala kita mungkin ingin mengetahui secara pasti jumlah pesan yang kita terima agar bisa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk meresponnya. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp. Yuk simak!

Langkah-langkah

Step 1: Buka aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda. Pastikan bahwa aplikasi tersebut sudah terinstal pada perangkat yang Anda gunakan. Jika belum, silakan unduh aplikasinya terlebih dahulu secara gratis dari Google Play Store.

Step 2: Pilih “Settings”

Selanjutnya, ketuk ikon titik tiga pada sudut kanan atas layar. Kemudian, pilih “Settings” untuk masuk ke menu pengaturan WhatsApp.

Step 3: Pilih “Notifications”

Setelah itu, pilih “Notifications” di bawah menu utama “Settings”. Di menu ini, Anda akan menemukan berbagai pengaturan untuk notifikasi WhatsApp Anda.

Step 4: Aktifkan fitur “Message counter”

Di dalam menu “Notifications”, pilih opsi “Message counter”. Kemudian, aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol ke posisi “On”. Setelah itu, Anda akan melihat jumlah pesan yang masuk di dalam icon WhatsApp di depan tampilan perangkat Anda.

Penjelasan

Penggunaan fitur message counter akan memudahkan kamu untuk mengetahui dengan mudah berapa jumlah pesan masuk di WhatsApp. Fitur ini akan menghitung jumlah pesan yang baru masuk selama beberapa jam terakhir. Dengan demikian, kamu akan dengan mudah menentukan kapan harus merespon pesan-pesan tersebut agar tidak membuat pengirim pesan menunggu terlalu lama.

Jika kamu ingin mencoba pengaturan lain untuk notifikasi WhatsApp kamu, kamu juga bisa langsung memilih opsi yang lain dalam menu “Notifications”. Beberapa opsi yang tersedia di antaranya adalah tone notifikasi, nada dering, dan mode bergetar. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan tersebut sesuai dengan keinginan pribadi kamu.

Tips dan Trik

Tip 1: Matikan notifikasi untuk grup yang tidak penting

Jika kamu sering menjadi anggota di banyak grup WhatsApp, maka mungkin kamu tidak ingin menerima notifikasi untuk semua grup tersebut karena hal itu akan mengganggu. Kamu bisa mematikan notifikasi untuk grup yang dirasa tidak penting, sementara tetap memperbolehkan notifikasi untuk grup-grup yang dianggap lebih penting. Caranya, cukup pergi ke pengaturan grup dan nonaktifkan pemberitahuan.

Tip 2: Aktifkan mode tidak mengganggu saat tidur malam

Agar terhindar dari gangguan notifikasi WhatsApp pada jam tidur malam, kamu bisa mengaktifkan mode tidak mengganggu pada perangkatmu. Kamu bisa mengatur jam berapa mode ini aktif dengan memilih menu “Do Not Disturb” di bawah pengaturan ponselmumu.

BACA JUGA  Cara Download WhatsApp Aero: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Tip 3: Kelompokkan kontak kamu

Jika kamu memiliki banyak kontak di dalam WhatsApp, cobalah untuk mengelompokkan mereka berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kamu bisa membuat kelompok untuk teman sekolah lama, keluarga, atau rekan kerja. Pengelompokkan ini akan memudahkan kamu untuk mengakses kontak yang dituju dan menghindari kesalahan mengirim pesan ke kontak yang salah.

Tip 4: Aktifkan fitur auto-reply

Jika kamu tidak bisa merespon pesan dengan cepat, kamu bisa mengaktifkan fitur auto-reply yang akan memberikan respon otomatis untuk pesan yang masuk. Caranya, kamu hanya perlu mengakses menu “Auto-reply” di dalam pengaturan WhatsApp. Kamu bisa menuliskan pesan yang ingin kamu tampilkan sebagai respon otomatis, seperti “Maaf saya sedang sibuk, akan merespons pesan kamu nanti”.

Tip 5: Gunakan fitur Pinned Chat

Fitur pinned chat memungkinkan kamu untuk menyematkan pesan atau obrolan di bagian atas layar WhatsApp. Jika kamu sering mengobrol dengan seseorang atau bermaksud mengecek pesan tertentu beberapa kali, kamu bisa menyematkannya dengan fitur ini agar mudah diakses.

Cara Menampilkan Jumlah Pesan WA – Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Memiliki informasi tentang seberapa banyak pesan WhatsApp yang telah Anda kirim dan terima memang bisa sangat berguna, terutama jika Anda ingin mengatur ulang pesan atau mencari pesan tertentu dalam waktu singkat. Untungnya, fitur “Cari” bawaan WhatsApp telah ditingkatkan sehingga dapat melacak pesan tertentu lebih cepat dan mudah ditemukan.

Jadi, inilah beberapa kelebihan cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp:

  1. Anda dapat mengetahui berapa banyak pesan yang telah Anda terima dan kirim.
  2. Anda dapat menemukan pesan tertentu dalam waktu singkat.
  3. Anda dapat dengan mudah mengatur ulang pesan.

Kekurangan

Meskipun mengetahui jumlah pesan WhatsApp dapat memberikan beberapa keuntungan, namun ada beberapa kekurangan dari cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp.

Berikut adalah beberapa kekurangan cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp:

  1. Proses untuk mengetahui jumlah pesan memakan waktu dan usaha yang tidak perlu.
  2. Mengetahui jumlah pesan bisa membuat Anda merasa tertekan jika jumlahnya terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  3. Mengetahui jumlah pesan dapat menyebabkan keterobsesanan dan perilaku obsesif-kompulsif dalam beberapa kasus.

Intinya, cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda perlu mempertimbangkan keseimbangan antara keduanya dan menggunakan fitur ini hanya ketika memang diperlukan. Pastikan untuk tidak menjadi terlalu terobsesi dengan jumlah pesan dan tetap menjaga kesehatan mental Anda.

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Wifi Indihome yang Telat Bayar

FAQ

1. Bagaimana cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp?

Jika Anda ingin menampilkan jumlah pesan WhatsApp, cukup buka aplikasi WhatsApp dan lihat angka yang terletak di atas logo aplikasi tersebut di layar utama ponsel Anda. Angka ini menunjukkan jumlah pesan yang belum dibaca.

2. Apakah saya bisa menonaktifkan tampilan jumlah pesan WhatsApp?

Ya, Anda dapat menonaktifkan tampilan jumlah pesan WhatsApp. Buka Pengaturan WhatsApp dan pilih bagian Notifikasi. Kemudian, buka Tampilan Notifikasi dan matikan opsi Tampilkan Pratinjau. Dengan cara ini, jumlah pesan WhatsApp tidak akan ditampilkan di layar awal ponsel Anda.

3. Bagaimana cara menampilkan jumlah pesan dari obrolan grup?

Untuk menampilkan jumlah pesan dari obrolan grup, cukup buka obrolan grup yang ingin Anda lihat jumlah pesannya. Kemudian, lihat pada bagian atas obrolan grup dan Anda akan melihat angka yang menunjukkan jumlah pesan yang belum dibaca untuk grup tersebut.

4. Bisakah saya menampilkan jumlah pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi?

Sayangnya, Anda tidak dapat menampilkan jumlah pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasi. Jumlah pesan hanya ditampilkan di atas logo aplikasi di layar awal ponsel Anda.

5. Apakah jumlah pesan WhatsApp selalu bisa ditampilkan dengan benar?

Tidak selalu. Beberapa faktor dapat mempengaruhi tampilan jumlah pesan WhatsApp, seperti gangguan jaringan atau masalah teknis pada aplikasi. Jika jumlah pesan terlihat tidak akurat, cobalah untuk memperbarui atau menghapus dan mengunduh kembali aplikasi WhatsApp.

6. Bisakah saya menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari kontak tertentu?

Tidak ada cara langsung untuk menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari kontak tertentu. Namun, Anda dapat membuka obrolan dengan kontak tersebut dan melihat jumlah pesan yang belum dibaca dari situ.

7. Apakah saya dapat menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari beberapa obrolan sekaligus?

Tidak ada cara langsung untuk menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari beberapa obrolan sekaligus. Namun, Anda dapat membuka setiap obrolan dan melihat jumlah pesan yang belum dibaca dari masing-masing obrolan.

8. Bisakah saya menampilkan jumlah pesan WhatsApp tanpa membuka obrolan?

Tidak ada cara langsung untuk menampilkan jumlah pesan WhatsApp tanpa membuka obrolan. Namun, Anda dapat melihat jumlah pesan dari icon WhatsApp di layar awal ponsel Anda.

9. Apakah jumlah pesan WhatsApp akan terus ada setelah dibaca?

Jumlah pesan WhatsApp akan hilang setelah pesan tersebut dibaca. Namun, pengguna tetap dapat melihat riwayat pesan tersebut dengan membuka obrolan.

BACA JUGA  Cara Menukarkan Poin 3

10. Bisakah saya menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari pengguna yang telah diblokir?

Tidak ada cara untuk menampilkan jumlah pesan WhatsApp dari pengguna yang telah diblokir. Riwayat pesan dari pengguna tersebut akan dihapus setelah pengguna diblokir.

Cara Menampilkan Jumlah Pesan WA

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat populer saat ini. Selain mudah digunakan, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur menarik seperti edit dan kirim pesan suara, membuat grup, serta video call. Namun, tak semua orang tahu cara menampilkan jumlah pesan WhatsApp yang belum dibaca. Hal ini bisa menjadi sangat penting terutama bagi mereka yang mempergunakan WhatsApp sebagai media komunikasi untuk pekerjaan. Berikut adalah cara untuk menampilkan jumlah pesan yang belum dibaca di WhatsApp:

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan masuk ke halaman utama. Pada halaman utama, Anda akan melihat jumlah pesan yang belum dibaca yang diberi tanda dengan tanda bulat berwarna hijau. Jumlah langkah WhatsApp yang belum dibaca ini sering kali tidak terlihat jelas di mata pengguna. Oleh karena itu, diperlukan cara yang lebih pasti dan efektif untuk melihat jumlah pesan yang belum dibaca di WhatsApp.

Langkah 2: Pilih Chat yang Ingin Dilihat Jumlah Pesannya

Pilih chat dengan orang yang ingin Anda lihat jumlah pesannya. Setelah itu, gulirkan ke bawah sehingga Anda melihat semua pesan yang terdapat dalam chat tersebut. Di bagian bawah, akan muncul baris berwarna abu-abu yang memuat tulisan “XX pesan tidak terbaca”. Jumlah pesan yang belum dibaca akan muncul di bagian XX tersebut.

Kesimpulan dan Penutup

Jumlah pesan WhatsApp yang belum dibaca adalah informasi penting yang membantu Anda untuk mempercepat akses informasi di WhatsApp. Dalam tutorial di atas, Anda telah dapat mempelajari dua cara yang berbeda untuk menampilkan jumlah pesan WhatsApp yang belum dibaca. Kedua cara ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk dipelajari. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin memperoleh informasi mengenai jumlah pesan WhatsApp yang belum dibaca. Jangan lupa aktifkan fitur ‘last seen’ di WhatsApp agar teman-teman Anda bisa mengetahui apakah Anda sedang aktif atau tidak di WhatsApp. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Menampilkan Jumlah Pesan WhatsApp dengan Mudah

Leave a Comment