Cara Melihat Tulisan yang Dicoret

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPill! Apakah kamu pernah menemukan teks yang sudah dicoret di sebuah dokumen? Jika iya, tentunya kamu pasti penasaran bagaimana caranya melihat tulisan yang dicoret tersebut, bukan? Nah, artikel ini akan memberikan kamu langkah-langkah yang mudah untuk melihat tulisan yang telah dicoret.

Langkah-langkah untuk Melihat Tulisan yang Dicoret

Step 1: Buka Dokumen yang Berisi Teks yang Dicoret

Langkah pertama untuk melihat tulisan yang dicoret adalah dengan membuka dokumen yang berisi teks tersebut. Dokumen ini bisa berupa dokumen Word, PDF, atau dokumen lainnya yang telah dimodifikasi atau diedit.

Step 2: Klik Tanda “Review”

Kemudian, pada bagian atas halaman, kamu akan melihat tab-menu yang berisi beberapa menu, seperti “Home”, “Insert”, “Page Layout”, dan lain-lain. Pada tab-menu ini, cari dan klik “Review”. Setelah di klik, maka akan muncul beberapa pilihan, seperti “Track Changes”, “Compare”, “Word Count”, “New Comment”, dan lain-lain.

Step 3: Aktifkan “Track Changes”

Pada langkah ketiga ini, kamu akan mengaktifkan fitur “Track Changes”. Caranya dengan mengklik menu “Track Changes”. Setelah itu, kamu akan melihat tanda “balok” di sebelah kiri teks yang telah dicoret. Tanda ini menandakan bahwa teks tersebut telah diubah atau diedit.

Step 4: Klik Tanda “Reviewing Pane”

Setelah fitur “Track Changes” diaktifkan, kamu dapat melihat teks yang dicoret pada bagian “Reviewing Pane”, yaitu sebuah panel yang menampilkan semua perubahan yang terjadi pada dokumen. Kamu cukup mengklik tanda “Reviewing Pane” yang terdapat pada tab “Review”, maka panel akan terbuka. Panel ini akan menampilkan perubahan yang terjadi pada dokumen secara mendetail, seperti siapa yang melakukan perubahan, jenis perubahan, waktu terjadi perubahan, dan lain-lain.

Step 5: Lihat Teks yang Dicoret

Nah, setelah kamu membuka Reviewing Pane pada langkah sebelumnya, maka kamu dapat melihat teks yang dicoret di dokumen secara langsung. Caranya dengan mengklik teks yang dicoret pada pane tersebut. Maka teks yang dicoret tersebut akan muncul pada dokumen secara permanen.

Penjelasan

Adapun alasan mengapa langkah-langkah tersebut diambil adalah karena fitur “Track Changes” pada dokumen memungkinkan kamu untuk melihat semua perubahan yang terjadi pada dokumen, termasuk perubahan yang dilakukan pada teks. Selain itu, mengaktifkan fitur “Track Changes” juga memudahkan kamu untuk mengetahui siapa yang melakukan perubahan, apa yang diubah, dan kapan perubahan tersebut dilakukan.

Panel “Reviewing Pane” pada Microsoft Word juga sangat berguna karena membantu kamu untuk melihat perubahan yang terjadi pada dokumen secara menyeluruh tanpa harus merubah tampilan dokumen tersebut. Dengan melihat perubahan pada panel ini, kamu dapat lebih mudah memperbaiki atau mengoreksi dokumen yang kamu buat, terutama jika dokumen tersebut di edit oleh banyak orang.

BACA JUGA  Cara Mengisi Formulir Akta Kelahiran dengan Mudah

Tips dan Trik

Tip 1: Jangan Lupa Mengatur “Track Changes” Sebelum Membuka Dokumen

Sebelum membuka dokumen, pastikan kamu mengaktifkan fitur “Track Changes” terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan kamu untuk melihat semua perubahan yang terjadi pada dokumen secara rinci.

Tip 2: Gunakan Shortcut “Ctrl + Shift + E” Untuk Mengaktifkan Fitur “Track Changes”

Untuk memudahkan mengaktifkan fitur “Track Changes”, kamu dapat menggunakan shortcut “Ctrl + Shift + E”. Dengan menggunakan shortcut ini, maka kamu dapat mengaktivkan fitur “Track Changes” lebih cepat dan efisien.

Tip 3: Jangan Hapus Perubahan Tanpa Nama Pengguna

Jangan sekali-kali menghapus perubahan tanpa nama penggunanya. Hal ini memungkinkan kamu untuk kehilangan data perubahan yang diperlukan. Sebaiknya, sebelum menghapus perubahan, pastikan bahwa kamu memiliki informasi tentang perubahan tersebut.

Tip 4: Aktifkan Fitur “Final Showing Markup” Sebelum Print Dokumen

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur “Final Showing Markup” sebelum mencetak dokumen. Hal ini memungkinkan kamu untuk melihat semua perubahan yang terjadi pada dokumen sebelum mencetaknya.

Tip 5: Hati-Hati dengan Fitur “Accept” dan “Reject” Changes

Fitur “Accept” dan “Reject” Changes adalah fitur yang sangat berguna untuk mengubah atau menolak perubahan pada dokumen. Namun, hati-hati ketika menggunakan fitur ini karena perubahan yang diterima atau ditolak tidak dapat dikembalikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat melihat teks yang dicoret pada dokumen dengan mudah dan cepat. Selain itu, tips dan trik yang diberikan juga dapat membantu kamu dalam menggunakan fitur “Track Changes” secara lebih efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Melihat Tulisan yang Dicoret dan Kelebihan & Kekurangannya

Cara Melihat Tulisan yang Dicoret

Apakah kamu pernah melihat tulisan yang dicoret pada sebuah teks atau pesan? Tahukah kamu cara melihat tulisan tersebut? Berikut ini beberapa cara untuk melihat tulisan yang dicoret:

Cara Keterangan
1. Klik Kanan pada Tulisan Pada Microsoft Word atau aplikasi sejenisnya, kamu bisa langsung mengetahui tulisan yang dicoret dengan mengklik kanan pada tulisan tersebut dan memilih “Review” atau “Ulasan”. Setelah itu, pilih “Tanda Baca” atau “Markup” pada bagian atas. Tulisan yang dicoret akan terlihat.
2. Tampilkan Markup Jika kamu sedang menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, kamu bisa menampilkan tulisan yang dicoret dengan menekan lama pada pesan tersebut dan memilih “View Message Info” atau “Lihat Info Pesan”. Pada bagian “Message Info” akan terdapat “Markup” atau “Tanda Baca”. Tulisan yang dicoret akan terlihat.
BACA JUGA  Cara Pinjam Uang di Tokopedia

Kelebihan dan Kekurangan Tulisan yang Dicoret

Tulisan yang dicoret seringkali digunakan untuk menandai kesalahan atau perubahan dalam teks. Namun, penggunaan tulisan yang dicoret juga memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan:

  • Memberitahu bahwa terdapat kesalahan atau perubahan pada teks.
  • Memudahkan pembaca untuk mengetahui revisi atau revisian yang dilakukan.
  • Meningkatkan kejelasan dan keakuratan naskah.

Kekurangan:

  • Membuat teks terlihat tidak serapi atau sedap dipandang.
  • Dapat menimbulkan kesalahpahaman pada pembaca.
  • Memakan tempat dan jumlah karakter yang lebih banyak pada teks.

Dalam penggunaannya, tulisan yang dicoret sebaiknya digunakan secara bijak dan tepat sasaran demi keterbacaan dan kejelasan sebuah teks.

FAQ

1. Apa itu tulisan yang dicoret?

Tulisan yang dicoret adalah teks atau kata-kata yang dihapus berdasarkan tujuan tertentu yang bisa dilakukan pada berbagai platform atau aplikasi.

2. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada Microsoft Word?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada Microsoft Word, Anda dapat melihatnya di bawah tab “Review” pada opsi “Tracking”.

3. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada Google Docs?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada Google Docs, pergi ke menu “File” dan pilih “Revision History”. Pilih revisi terbaru dan Anda akan melihat teks yang dicoret.

4. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada WhatsApp?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada WhatsApp, ketuk pesan yang dicoret dan Anda akan melihat teks yang dicoret.

5. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada Facebook?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada Facebook, arahkan kursor ke tulisan yang dicoret dan Anda akan melihat teks yang dicoret.

6. Apakah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat tulisan yang dicoret pada Android?

Ya, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat tulisan yang dicoret pada Android. Salah satunya adalah “AnyMemo Pro”, yang memiliki fitur untuk melihat tulisan yang dicoret pada kartu kata.

7. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada Twitter?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada Twitter, klik tweet yang dicoret dan Anda akan melihat teks yang dicoret.

BACA JUGA  3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

8. Apakah ada cara untuk melihat tulisan yang dicoret pada Instagram?

Anda tidak dapat melihat tulisan yang dicoret pada Instagram.

9. Apakah ada cara untuk melihat tulisan yang dicoret pada Telegram?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada Telegram, ketuk pesan yang dicoret dan Anda akan melihat teks yang dicoret.

10. Bagaimana cara melihat tulisan yang dicoret pada email?

Untuk melihat tulisan yang dicoret pada email, Anda dapat melihatnya pada potongan teks yang dicoret di dalam email.

Kesimpulan

Sederhana tapi Penting: Cara Melihat Tulisan yang Dicoret

Sobat Teknopil, terkadang kita mengalami kesulitan dalam melihat tulisan yang dicoret pada dokumen atau aplikasi. Namun, jangan khawatir, karena ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk melihat tulisan yang dicoret. Tanpa harus membuka dokumen atau aplikasi yang lain, kamu dapat melihat tulisan yang sudah dicoret dengan mudah dan cepat. Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu gunakan:

Pertama, jika kamu menggunakan Microsoft Word, kamu bisa langsung melihat tulisan yang dicoret dengan memilih opsi “Review” dan kemudian pilih “Tampilan” atau “Reviewing Pane”. Dengan memilih salah satu opsi tersebut, kamu akan langsung dibawa ke panel di mana kamu bisa melihat secara jelas tulisan yang dicoret. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl + Shift + E untuk membuka panel tersebut.

Kedua, jika kamu menggunakan aplikasi lain seperti Google Docs atau WPS Office, cara yang bisa kamu lakukan hampir sama dengan di Microsoft Word. Kamu juga bisa memilih opsi “Review” untuk melihat tulisan yang dicoret.

Terakhir, jika kamu sedang berada di website atau aplikasi chatting, kamu juga bisa melihat tulisan yang dicoret dengan cara menggeser jari atau kursor mouse pada tulisan tersebut. Dengan melakukan hal ini, tulisan yang dicoret akan tampak dengan warna abu-abu atau garis putus-putus.

Penutup

Berakhir dengan Sukses: Sekarang Kamu Bisa Melihat Tulisan yang Dicoret

Sobat Teknopil, itu dia cara sederhana yang dapat kamu gunakan untuk melihat tulisan yang dicoret pada dokumen atau aplikasi. Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan tips ini, kamu tidak akan lagi bingung atau kesulitan saat melihat tulisan yang dicoret di mana pun dan kapan pun. Jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru seputar teknologi hanya di Teknopil!

Saran Video Seputar : Cara Melihat Tulisan yang Dicoret

Leave a Comment