Cara Mempergunakan Fitur Layar Terbagi di Samsung

Pendahuluan

Halo sobat TeknoPill, bagi kita pengguna smartphone Samsung, tampilan layar memang menjadi salah satu hal yang paling penting. Terkadang kita ingin melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu layar tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang dibuka. Inilah mengapa pengguna Samsung dapat menikmati fitur split screen. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mudah untuk menggunakan fitur itu di Samsung smartphone kamu!

Langkah-langkah

Langkah 1: Persiapkan dua aplikasi

Pertama-tama, buka aplikasi yang ingin kamu gunakan. Kemudian, tekan dan tahan tombol “recent apps” di sebelah kiri tombol “home” di bawah layar kamu. Maka, akan muncul daftar aplikasi yang ada, sentuh aplikasi yang kamu inginkan dan tahan. Lalu, tarik ke bagian atas layar dan lepaskan. Tunggu beberapa detik, kemudian layar aplikasi akan terbagi menjadi dua bagian, atas dan bawah.

Langkah 2: Atur ukuran layar

Nah, di bagian bawah layar, kamu akan melihat beberapa pilihan aplikasi lain terdaftar. Kamu juga akan melihat garis vertikal yang membagi dua layar. Cara membaginya sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa menyesuaikan dengan menggeser garis ke atas atau bawah layar. Sehingga, kamu bisa menentukan sendiri ukuran setiap aplikasi yang kamu gunakan.

Langkah 3: Mengganti aplikasi

Jika kamu ingin mengganti salah satu aplikasi yang ditampilkan di layar split screen, cukup sentuh dan tahan layar aplikasi tersebut. Kemudian, geser ke atas atau bawah sesuai dengan keinginan kamu. Kemudian, pilih aplikasi baru yang kamu ingin buka, angkat dan taruh di samping aplikasi pertama yang sedang terbuka.

Penjelasan dan Tips

Sekarang kamu sudah tahu cara split screen Samsung! Selain membantu kamu dalam mengoptimalkan kerjaan yang sedang kamu lakukan, fitur layar terbagi ini juga membuat pengalaman browsing kamu menjadi lebih nyaman, memungkinkan kamu untuk mengawasi dua hal secara bersamaan, dan akan sangat membantu untuk memeriksa pesan baru tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan pengaturan pada smartphone kamu berasal dari sistem operasi yang sesuai. Selalu periksa setiap aplikasi yang kamu buka untuk memastikan bahwa mereka kompatibel dengan fitur split screen Samsung. Saat mengatur ukuran layar, usahakan untuk menempatkan dua aplikasi yang sedang kamu gunakan dalam ukuran yang nyaman untuk dilihat.

BACA JUGA  Cara Aktivasi Tuton UT dengan Mudah dan Cepat

Tip 1: Gunakan Split Screen untuk Browsing Music

Dengan adanya fitur split screen ini, kamu bisa mendengarkan musik favorit kamu saat browsing web di browser. Buat penjualan yang nyaman dan lebih efisien, tahan saja play/pause pada layar kecil yang ada di samping.

Tip 2: Gunakan Split Screen untuk Edit Foto

Dalam redaksi Fotografi, seringkali kita perlu mengedit foto dari beberapa sumber. Hal itu memerlukan proses yang cukup rumit dan mungkin akan memakan waktu lama. Dengan fitur layar terbagi ini, kita bisa membuka foto-foto tersebut dalam satu layar sekaligus melakukan edit foto pada aplikasi yang lain.

Tip 3: Gunakan Split Screen untuk Menambah Catatan

Jika kamu sedang dalam rapat, baca email, browsing di web, atau melakukan semua itu dalam satu waktu, coba deh membagi layar dan tambahkan catatan. Ini mempermudah kamu dalam mengedit dan menyesuaikan catatan kamu dengan acara yang sedang berlangsung.

Tip 4: Gunakan Split Screen untuk Pencarian Keccepatan Tinggi

Saat memperoleh informasi di internet, terkadang kamu ingin dua hal dilakukan dalam waktu yang bersamaan, misalnya membaca aplikasi berita dan menggunakan Google. Dengan fitur split screen ini, kamu bisa membuka kedua aplikasi tersebut menemani kamu dalam menjelajahi dunia online.

Tip 5: Gunakan Split Screen untuk Bermain Game

Ini adalah tip yang cukup sederhana. Kamu bisa memainkan permainan sambil melakukan aktivitas lain, menonton YouTube, berbicara di Facebook, atau bahkan menonton TV.

Cara Split Screen Samsung: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

Samsung memiliki fitur split screen yang memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar secara bersamaan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin melakukan multitasking dan mempercepat pekerjaan sehari-hari.

Dengan fitur split screen ini, pengguna dapat membuka aplikasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah. Misalnya, ketika sedang membalas pesan teks atau email, pengguna dapat membuka aplikasi kalender untuk memeriksa jadwal mereka, tanpa harus keluar dari aplikasi pesan terlebih dahulu.

BACA JUGA  5 Cara Mudah agar Wifi tidak Bisa Di-scan Barcode

Selain itu, fitur split screen juga memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil membuka aplikasi lain seperti chat atau sosial media, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan informasi saat menonton video.

Kekurangan

Meskipun fitur split screen sangat bermanfaat, terdapat kekurangan yang perlu diwaspadai. Pertama, membagi layar dapat mengurangi ukuran tampilan aplikasi, dan saat membuka dua aplikasi secara bersamaan, layar untuk masing-masing aplikasi menjadi lebih kecil. Ini dapat menyulitkan pengguna untuk melakukan tugas yang membutuhkan ukuran layar yang besar atau detail.

Kedua, fitur split screen tidak didukung oleh semua aplikasi. Beberapa aplikasi tidak dapat dibuka dalam mode split screen, sehingga pengguna hanya dapat membuka satu aplikasi pada satu waktu.

Kesimpulannya, fitur split screen Samsung memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan. Meskipun dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengguna, fitur ini tidak cocok untuk semua tugas dan aplikasi.

FAQ

1. Apa itu split screen?

Split screen adalah fitur di mana pengguna dapat membagi layar perangkat menjadi dua bagian untuk menampilkan dua aplikasi atau tampilan yang berbeda secara bersamaan.

2. Bisakah fitur split screen digunakan di semua perangkat Samsung?

Tidak, fitur split screen hanya tersedia di perangkat Samsung dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru.

3. Bagaimana cara membuka fitur split screen?

Pertama, buka sebuah aplikasi dan tahan tombol ‘Baru’ atau ‘Tab’, lalu seret ke sisi layar yang diinginkan. Kemudian, pilih aplikasi lain untuk menampilkan di bagian yang tidak terisi dari layar split screen.

4. Apakah ada batasan dalam menggunakan fitur split screen?

Ya, beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung fitur split screen dan perangkat dengan spesifikasi rendah mungkin mengalami keterlambatan atau masalah penggunaan dengan fitur ini.

5. Bisakah saya menyesuaikan ukuran kedua bagian layar pada fitur split screen?

Ya, pengguna dapat menyesuaikan ukuran kedua bagian layar dengan menarik garis yang membagi layar tersebut.

BACA JUGA  Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh dengan HP yang Efektif dan Praktis

6. Apakah saya bisa menonaktifkan fitur split screen jika tidak ingin menggunakannya?

Ya, pengguna dapat menonaktifkan fitur split screen dengan membuka ‘Pengaturan’ dan mematikan opsi ‘Multi Windows’.

7. Apakah fitur split screen dapat digunakan saat menggunakan aplikasi video atau game?

Ya, fitur ini dapat digunakan saat menggunakan aplikasi video atau game tertentu, namun beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung fitur ini.

8. Apakah fitur split screen menguras daya baterai lebih cepat?

Tidak, fitur split screen tidak menguras daya baterai lebih cepat jika digunakan pada perangkat yang memenuhi spesifikasi minimum.

9. Bisakah saya menggunakan fitur split screen untuk menampilkan tiga aplikasi sekaligus?

Tidak, fitur split screen hanya dapat menampilkan dua aplikasi sekaligus.

10. Bisakah saya menggeser tampilan antara kedua bagian layar pada fitur split screen?

Ya, pengguna dapat menggeser tampilan antara kedua bagian layar dengan menahan tombol navigasi pada perangkat mereka.

Kesimpulan

Split Screen Samsung Hanya dengan Beberapa Langkah Mudah

Sobat Teknopil, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir dalam melakukan multitasking pada ponsel Samsung. Dengan fitur split screen, kamu bisa menampilkan dua aplikasi sekaligus di layar ponsel. Melakukan split screen pada ponsel Samsung sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah diatas, dan kamu bisa dengan mudah menghasilkan multitasking di ponsel Samsung kamu.

Penutup

Fitur split screen pada ponsel Samsung memungkinkan kamu untuk melakukan multitasking dengan mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kamu telah belajar bagaimana cara melakukan split screen pada ponsel Samsung. Ingat, agar berhasil dalam menggunakan fitur ini, kamu harus memperhatikan ukuran layar dan resolusi layar, sebelum memulai multitasking. Dengan menggunakan fitur split screen ini, kamu akan lebih efisien dalam melakukan kegiatan multitasking di ponsel Samsung kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini, sobat Teknopil, semoga kamu berhasil dalam melakukan split screen pada ponsel Samsung kamu!

Saran Video Seputar : Cara Mempergunakan Fitur Layar Terbagi di Samsung

Leave a Comment